PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN TEKNIK QUANTUM WRITING PADA KELAS VII SMP YPPL BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Keywords:
Keterampilan Menulis, Teks Prosedur, Teknik Quantum writingAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kurang memahami cara menulis teks prosedur, dalam pembelajaran belum diterapkan teknik quantum writing dan siswa mengalami kesulitan dalam menyusun ide atau gagasannya menjadi sebuah tulisan teks prosedur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur dan mendeskripsikan hasil aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis teks prosedur pada siswa kelas VII SMP YPPL Bandar Lampung dengan menggunakan teknik quantum writing. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu pembelajaran di kelas. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan terhadap keterampilan menyusun struktur teks Prosedur menggunakan teknik Quantum writing pada siswa kelas VII SMP YPPL Bandar Lampung. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata diperoleh 60% dengan kategori cukup, mengalami peningkatan kembali pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 77% dengan kategori baik.
References
Abdul Chaer (2004). Linguistik Umum, Jakarta: Rineka Cipta.
Akhaidah, Sabarti, dkk, 2004. Pembinaan kemampuan menulis bahasa indonesia Jakarta: Erlangga.
Alwasilah, A.chaedar dan senny suzana alwasilah. 2005. Pokoknya menulis (cara baru menulis dengan metode kolaborasi). Bandung: PT Kiblat Buku Utama.
Arikunto, Suharsimi. (2020). Penelitian Tindak Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Dalman (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Grafindo
Darmadi, Kaswan 1996 Meningkatkan kemampuan menulis. Yogyakarta:Andi.
Depdikbud. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia.jakarta:Pusat Bahasa.
E.Kosasih (2017). Bahasa Indonesia. Jakarta.PT.Gramedia
Gie,The Liang.2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta:Andi.
Kunandar (2010). Langkah Mudah Penelitian Tindak Kelas. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Nurgiyantoro (2001). Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra. Yogyakarta: BPFE
Rosidi, Terampil Menulis Kalimat (Yogyakarta: Kanisius 2009), h.10-11
Segala Syaiful (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sugihastuti. 2011. Teori dan Apresiasi Sastra . Cetakan IV.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sumadayo, Samsu (2013). Penelitian Tindak Kelas. Yogyakarta: Graha ilmu.
Tarigan, Henry Guntur (2013). Menulis 0sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.