PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PESERTA DIDIK KELAS VIII SEMESTER GENAP SMPN 17 TULANG BAWANG BARAT

Authors

  • Sasmitha Sudarsono Putri STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Tri Riya Anggraini STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Hastuti STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Keterampilan menulis, cerpen, media audio-visual

Abstract

Penelitian ini diangkat untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Peserta Didik Kelas VIII SMPN 17 Tulang Bawang Barat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh serta tingkat kemampuan dan letak kelemahan dalam menulis teks cerpen. Kegunaan data dari penelitian ini yaitu sebagai informasi bagi guru khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan tujuan itu dapat mengetahui pengaruh media audio visual terhadap kemampuan menulis cerpen agar dapat diperoleh informasi kesalahan siswa dan kendala dalam menulis cerpen yang baik dan benar. Dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis cerpen penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 17 Tulang Bawang Barat yang berjumlah 107 siswa dan pengambilan sampel berdasarkan hasil pengundian tersebut berjumlah sebanyak 52 siswa dari 107 siswa yang tersebar ke dalam dua kelas. Sedangkan teknik yang dipakai dalam pengumpulan data adalah teknik tes tertulis yang berbentuk uraian yaitu siswa ditugaskan untuk menulis cerpen dengan cara siswa terlebih dahulu memperhatikan video yang ditampilkan, kemudian siswa mengembangkan imajinasi sebagai tokoh dalam cerita tersebut.  Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa rata-rata kemampuan siswa kelas VIII SMPN 17 Tulang Bawang Barat dalam menulis cerpen yang menggunakan media audio visual lebih tinggi dan dikategorikan baik yaitu 80,73. Sementara itu yang menggunakan media gambar berseri lebih rendah dan dikategorikan kurang yaitu 58,73. Dengan demikian media audio visual didapat rata-rata berpengaruh positif atau dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen.

References

Abidin, Yunus. 2015. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Pt Refika Aditama

Acmad Sri Wintala, 2016. Menulis Kreatif. Yogyakarta: Araska.

Anggraini, Tri Riya Anggraini. (2017. Menulis Dan Mencatat Dengan Menggunakan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping). Jurnal Bindo Sastra Vol 1 (1, (2017):52–5.

Arsyad, Azhar. (2013). media pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, hlm.3.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S, (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka.

Elina Syarif, Zulkarnaini, Sumarno. 2009. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hamalik, O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Jakni. 2016. Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Jumadi. (2021). “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas XIMIPA 1 SMAN 1 Gemolong.” Jurnal Pendidikan. 30, (2). 341- 352.

Jauhari, H. (2013). Terampil Mengarang. Bandung: Nuansa Cendikia.

Kokasih. (2006). Ketatabahasaan dan kesusastraan. Bandung: Gajah Mada University Press.

Mardhotillah, S., & Surya, Y. F. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Piaget Dan Problematika Pada Anak Sekolah Dasar. An-nisa’: jurnal kajian perempuan dan keislaman, 13 (1), 116-152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

M. Atar Semi. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Nurgiyantoro, Burhan.(2018). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajdah Mada University Press. (online) https://www.gramedia.com/literasi/unsur-ekstrinsik-novel-dan-cerpen/

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian pembelajaran bahasa. Yogyakarta: Gajdah Mada University Press.

Priyatni, Endah Tri. 2010. Membaca sastra dengan ancangan literasi kritis. Jakarta: Bumi Aksara.

Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498.

Rahmi, Lucyna, dan Alfurqan. (2021). “Pengaruh Penggunaan Medi Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Education and Development. 9, (3), 580- 589.

Sanjaya, Wina (2015). Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Prenadamedia Group.

Sudjana, (2005). Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito.

Sugiarto, Eko. 2013. Cara Mudah Menulis Pantun Puisi Cerpen. Yogyakarta: Khitah Publishing.

Sumasari, Y. J. (2014). Analisis Unsur-Unsur Interinsik Dalam Hikayat Cerita Taifah. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(1). DOI: Https://Online-Journal.Unja.Ac.Id/Pena/Article/View/2336

Suparno. 2008. Ketrampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Surastina, 2021. Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Elmatera.

Wicaksono, Andri 2014. Menulis Kreatif Sastra Dan Beberapa Model Pembelajaran. Yogyakarta: Garudhawaca.

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Sudarsono Putri, S. ., Anggraini, T. R. ., & Hastuti. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PESERTA DIDIK KELAS VIII SEMESTER GENAP SMPN 17 TULANG BAWANG BARAT. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 71–84. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/990