Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan <p>Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Bandar Lampung merupakan kumpulan artikel yang berisi hasil penelitian tugas akhir atau skripsi mahasiswa S1 pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, STKIP PGRI Bandar Lampung. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia diterbitkan oleh LPPM STKIP PGRI Bandar Lampung dengan melalui tahap editing dan review dari reviewer internal perguruan tinggi, lebih khusus lagi oleh dosen-dosen di lingkup program studi.</p> en-US Tue, 13 Dec 2022 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.8 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 ANALISIS ASPEK SOSIAL DALAM NOVEL SUTI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO (SUATU PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA) http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/294 <p>Interaksi sosial merupakan bagian utama dalam kehidupan manusia. Pada kehidupan sehari-hari, setiap manusia melakukan proses interaksi secara berkelanjutan. Seperti halnya yang terdapat pada sebuah cerita dalam karya sastra, terdapat berbagai macam pola interaksi sosial yang terjalin antartokoh. Proses tersebut terjadi pada berbagai ranah, baik itu dalam ranah teman, keluarga maupun masyarakat. Dalam interaksi tersebut menghasilkan berbagai macam pola&nbsp; perilaku sosial. Penelitian sosiologi karya sastra ini membahasa interaksi sosial&nbsp; antartokoh dalam novel Suti karya Sapardi Djoko Damono. Untuk dapat memahami pola interaksi yang terjadi antar tokoh, peneliti menganalisis menggunakan kajian instrinsik dan sosisologi karya sastra. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif, untuk mendiskripsikan fakta yang ditemukan dalam novel, untuk kemudian dianalis agar dapat memahami macam-macam proses interaksi antartokoh.Dari hasil analisis dokumen menggunakan analisis deskriptif, kajian instrinsik, dan kajian sosiologi sastra, peneliti dapat menyimpulkan bahwa novel Suti karya Sapardi Djoko Damono, memaparkan pola interaki sosial yang terjalin antartokoh. Interaksi sosial tersebut tidak hanya dialami pada Suti sebagai tokoh utama, tetapi juga tokoh yang lain. Pola interaksi sosial yang ditemukan dalam novel Suti terdiri atas kerja sama, persaingan, dan pertikaian.</p> Asri Wijayanti, Tri Riya Anggraini, Dian Permanasari Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/294 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 ANALISIS KONTRASTIF KOSAKATA BAHASA INDONESIA DAN BAHASA MALAYSIA PADA FILM ANIMASI UPIN DAN IPIN 3 EPISODE TAHUN 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/299 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan&nbsp; 1) kosakata yang bentuknya mirip atau sama dan maknanya sama antara bahasa Indonesia dan bahasa Malaysia 2) kosakata yang bentuknya berbedan tetapi maknanya sama antara bahasa Indonesia dan bahasa Malaysia. Penelitian ini mengunakan pendekatan lingustik kontrastif. Sumber data adalah film animasi Upin dan Ipin. Motode dan Instrumen pengumpulan data menggunakan teknik simak catat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kosakata yang bentuknya berbeda tetapi maknanya sama antara bahasa Indonesia dan bahasa Malaysia pada film Upin dan Ipin memiliki 18 kosakata yang bentuknya berbeda tetapi maknanya sama yang terdapat pada episode 1, 2 dan 3 yang berjudul musim 15 kue raya, puasa normal baharu dan musim 16 hari bahagia. Kosakata yang bentuknya mirip atau sama dan maknanya sama antara bahasa indonesia dan bahasa Malaysia pada film Upin dan Ipin memilik 23 kosakata yang bentuknya sama atau mirip dan maknanya sama yang terdapat pada episode 1, 2 dan 3 yang berjudul musim 15 kue raya, puasa normal baharu dan musim 16 hari bahagia.</p> Ayu Asmarita, Fransisca S.O. Dedi, Rohana Rohana Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/299 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SEMESTER GANJIL SMAS TAMANSISWA TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/300 <p>Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi berdasarkan indikator yang telah ditentukan yaitu: 1) isi, 2) organisasi, 3) kosakata/pilihan kata, 4) penggunaan bahasa, 5) mekanik, serta untuk mengetahui dan mendeskripsikan kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks eksplanasi. Metode dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu siswa kelas XI semester ganjil SMAS Tamansiswa Teluk Betung Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pokok yang digunakan adalah teknik pemberian tugas, yaitu menugaskan siswa untuk membuat teks eksplanasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa kelas XI pada masing-masing indikator mendapatkan nilai rata-rata cukup baik. Sedangkan secara keseluruhan mendapatkan nilai rata-rata 73,53 yang termasuk dalam kategori baik.</p> Ayu Lestari, Surastina Surastina, Rohana Rohana Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/300 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 KEMAMPUAN MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN DENGAN MEDIA CANVA PADA SISWA SMK DHARMAPALA PANJANG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/303 <p>Permasalahan dalam skripsi ini berkenaan dengan kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan dengan media Canva pada siswa kelas XII SMK Dharmapala Panjang Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendreskripsikan kendala-kendala dalam menulis surat lamaran pekerjaan dengan media Canva yang ditulis oleh siswa kelas XII SMK Dharmapala Panjang Bandar Lampung 2021/2022. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Dharmapala Panjang Bandar Lampung 2021/2022 yang berjumlah 20 orang dalam kelas XII. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik penugasan menulis surat lamaran pekerjaan dengan media Canva. Analisis menggunakan kualitatif. Berdasarkan kemampuan siswa dalam menulis surat lamaran pekerjaan dengan media Canva dengan memperhatikan sistematika penulisan surat lamaran, memperhatikan kesalahan-kesalahan kalimat dalam menulis surat lamaran serta kendala-kendala dalam memilih desain pada aplikasi Canva masuk dalam kategori kemampuan cukup, maka kemampuan siswa menunjukan dalam kategori baik dari sekian banyak siswa di dalam kelas yang diberikan tugas menulis surat lamaran pekerjaan dengan media Canva. Hal ini disebabkan beberapa siswa yang mengerjakan tugas menulis surat lamaran pekerjaan dengan media Canva, unsur yang dikemukakan cukup lengkap dari lengkap dari sistematika penulisan surat lamaran pekerjaan, mulai dari salam pembuka, isi surat dan salam penutup. Pada bagian isi juga sudah dikemukakan. Akan tetapi ada beberapa kalimat, kata, serta penggunaan tanda baca yang tidak tepat yang terdapat pada hasil tugas surat lamaran pekerjaan yang dibuat siswa.</p> Cindy Valentine, Supriyono Supriyono, Frieska Maryova R Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/303 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN METODE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 MENGGALA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/304 <p>Penelitian ini mengkaji kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan metode Team Game Tournament (TGT) siswa kelas XI SMA Negeri 3 Menggala tahun ajaran 2021/2022. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan seberapa tinggi kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan metode Team Game Tournament siswa kelas XI SMA Negeri 3 Menggala tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen tes digunakan untuk mengetahui kemampuan menulis teks eksplanasi siwa XI SMA Negeri 3 Menggala tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh model pembelajaran <em>Team game tournament (TGT) </em>&nbsp;terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Menggala tahun Pelajaran 2021/2022. Rata-rata rata-rata kemampuan menulis teks eksplanasi kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran <em>Team game tournament (TGT) </em>&nbsp;adalah 63,53 sedangkan pada siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran <em>Team game tournament (TGT) </em>&nbsp;didapat rata-rata hasil skor yaitu 71,25.&nbsp; Dengan demikian ada perbedaan antara siswa yang diberikan model pembelajaran <em>Team game tournament (TGT) </em>&nbsp;dengan siswa yang tidak model pembelajaran <em>Team game tournament (TGT) </em>&nbsp;pada kemampuan menulis teks eksplanasi yang telah diberikan, dengan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran&nbsp; <em>Team game tournament (TGT) </em>&nbsp;akan berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Menggala tahun pelajaran 2021/2022.</p> Desi Natalia, Surastina Surastina, Hastuti Hastuti, Hastuti Hastuti Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/304 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI MEDIA BERITA DENGAN METODE LATIHAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS X SMK TRISAKTI JAYA BANDAR LAMPUNG http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/305 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen melalui&nbsp;&nbsp; media berita dengan&nbsp; metode&nbsp; latihan&nbsp; terbimbing&nbsp; pada siswa kelas X SMK Trisakti Jaya Bandar Lampung. Subjek&nbsp; penelitian&nbsp; ini&nbsp; adalah&nbsp; siswa&nbsp; kelas&nbsp; X SMK Trisakti Jaya Bandar Lampung. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan&nbsp; dan&nbsp; implementasi&nbsp; di&nbsp; lokasi&nbsp; penelitian&nbsp; terbagi&nbsp; dalam&nbsp; dua&nbsp; siklus. Siklus I dilakukan dua kali pertemuan dan begitu juga siklus II dilakukan dua kali pertemuan. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan&nbsp; yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui media berita dengan metode latihan terbimbing.&nbsp; Data diperoleh dengan menggunakan&nbsp; pedoman pengamatan, catatan lapangan, angket, wawancara, dan tes. Teknik analisis dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil tindakan yang berupa skor secara kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini dilihat dari adanya peningkatan keberhasilan proses dan produk. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran&nbsp;&nbsp; menulis&nbsp;&nbsp; cerpen&nbsp;&nbsp; melalui&nbsp;&nbsp; media&nbsp;&nbsp; berita&nbsp;&nbsp; dengan&nbsp;&nbsp; metode&nbsp;&nbsp; latihan terbimbing&nbsp; pada siswa kelas X SMK Trisakti Jaya Bandar Lampung diawali dengan menentukkan ide untuk menulis cerpen. Selanjutnya siswa diminta untuk mengembangkan ide menjadi sebuah cerpen dengan mendapatkan bimbingan guru bahasa dan sastra Indonesia. Penerapan media berita denga metode latihan terbimbing&nbsp; dapat&nbsp; meningkatkan&nbsp; proses&nbsp; dan&nbsp; produk&nbsp; belajar&nbsp; siswa.&nbsp; Peningkatan proses siswa pada akhir tindakan&nbsp; siklus I, yaitu siswa menjadi&nbsp; cukup antusias, semangat,&nbsp; gembira,&nbsp; aktif&nbsp; dalam&nbsp; menulis&nbsp; cerpen.&nbsp; Pada &nbsp;akhir&nbsp; tindakan&nbsp; siklus&nbsp; II terlihat peningkatan proses, yaitu antusias dan semangat yang ditunjukkan siswa dalam menulis&nbsp; cerpen&nbsp; lebih besar,&nbsp; aktif, dan percaya&nbsp; diri. Peningkatan&nbsp; produk ditunjukkan&nbsp; dengan semakin meningkatnya ketutasan tes hasil belajar. Skor rata- rata&nbsp; yang&nbsp; dicapai&nbsp; siswa&nbsp; sebelum&nbsp; proses&nbsp; tindakan&nbsp; adalah&nbsp; 61,44.&nbsp; Pada&nbsp; akhir tindakan siklus I skor rata-rata yang diperoleh sebesar 70,31 sehingga mengalami peningkatan 8,87 poin. Pada akhir siklus II skor rata-rata yang diperoleh sebesar 83,81sehingga mengalami&nbsp;&nbsp; peningkatan&nbsp;&nbsp; sebesar&nbsp;&nbsp; 13,5&nbsp;&nbsp; poin&nbsp;&nbsp; dari&nbsp;&nbsp; siklus&nbsp;&nbsp; I. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui media berita&nbsp;&nbsp; dengan&nbsp;&nbsp; metode&nbsp;&nbsp; latihan&nbsp;&nbsp; terbimbing&nbsp;&nbsp; dapat&nbsp;&nbsp; meningkatkan&nbsp;&nbsp; keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMK Trisakti Jaya Bandar Lampung.</p> Desi Pratiwi, Tri Riya Anggraini, Hastuti Hastuti Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/305 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 GEDONG TATAAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/307 <p>Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks puisi.&nbsp; Hal tersebut disebabkan kurangnya minat siswa dalam pembelajaran menulis puisi serta kurangnya media yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran.<strong>&nbsp; </strong>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Gedong Tataan dengan memanfaatkan media Audio Visual. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2.&nbsp; Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Gedong Tataan sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data kemampuan menulis puisi menggunakan metode observasi, teknik wawancara serta tes untuk mengukur adanya peningkatan menulis puisi. Hasil penelitian menunjukkan: pertama secara proses, pembelajaran menulis puisi mengalami peningkatan. Sebelum implementasi tindakan, siswa kurang aktif dan kurang antusias pada saat proses pembelajaran berlangsung dan kurang mengerti tugas yang diberikan oleh guru. Setelah implementasi tindakan, siswa aktif dan antusias pada saat mengikuti pembelajaran. Siswa sudah mandiri baik pada saat menulis puisi, menyunting, maupun pada saat mempublikasikan puisi hasil karya mereka sendiri. Rata-rata tindakan siklus I sebesar 66,64. &nbsp;&nbsp;Dan akhir tindakan nilai siklus II adalah 84,40 diperoleh dari selisih rata-rata siklus I sebesar 66,64 dengan nilai rata-rata siklus II sebesar 84,40. Peningkatan dari pre-test sampai dengan akhir siklus II adalah 17,76 yaitu selisih dari nilai rata-rata pre-test 66,64 dengan nilai rata-rata siklus II sebesar 84,40. Peningkatan nilai rata-rata tertinggi diperoleh pada akhir siklus II. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan media Audio Visual keindahan alam dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Gedong Tataan.</p> Desta Bella Pratiwi, Sudarmaji Sudarmaji, Abdulloh Abdulloh Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/307 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA PENULISAN LATAR BELAKANG SKRIPSI MAHASISWA NON BAHASA DAN SASTRA INDONESIA STKIP PGRI BANDAR LAMPUNG http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/308 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa pada penulisan latar belakang skripsi mahasiswa non Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP-PGRI Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan karena banyak ditemukan kesalahan penulisan ejaan seperti penggunaan huruf kapital, penggunaan huruf miring, penggunaan tanda baca, dan penulisan kata depan <em>di</em>, <em>ke</em>, dan <em>dari</em>. Serta kesalahan bidang sintaksis seperti pemilihan kata yang tidak tepat dan kalimat yang tidak logis dalam latar belakang.</p> <p>Sumber data penelitian ini adalah skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling tahun akademik 2018, Pendidikan Ekonomi tahun akademik 2018, Pendidikan Matematika tahun akademik 2018, dan Pendidikan Sejarah tahun akademik 2018 yang berjumlah 20 skripsi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat banyak kesalahan berbahasa pada penulisan latar belakang skripsi mahasiswa non Bahasa dan Sastra Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, kesalahan berbahasa pada latar belakang skripsi mahasiswa yang dominan muncul adalah aspek kesalahan ejaan.</p> Dewi Intan Permata Sari, Wayan Satria Jaya , Abdulloh Abdulloh Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/308 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 KEMAMPUAN MENULIS BERITA MENGGUNAKAN TEKNIK TERBIMBING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 32 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/309 <p>Masalah yang dikaji dalam penelitian ini antara lain, pembelajaran cenderung menggunakan strategi pembelajaran ceramah, Tanya jawab, mencatatan, dan menyalin teori dibuku pelajaran. &nbsp;Tujuan&nbsp; penelitian &nbsp;ini adalah untuk mengetahui siswa kelas VII SMP Negeri 32 Bandar Lampung dalam menulis berita. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penggunaan metode ini untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis berita menggunakan teknik&nbsp; terbimbing. &nbsp;Hasilnya &nbsp;menunjukan &nbsp;dari &nbsp;30&nbsp; siswa &nbsp;yang &nbsp;diberi &nbsp;tes &nbsp;menulis berita telah masuk &nbsp;dalam katagori cukup, karena berada pada rentang antara 56 –75.</p> Dhaifan Surya Hadyansa, Tri Riya Anggraini, Hastuti Hastuti Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/309 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 PEMAKAIAN KALIMAT EFEKTIF PADA TAJUK RENCANA HARIAN UMUM LAMPUNG POST EDISI JANUARI 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/310 <p>Kalimat efektif adalah kalimat yang memiliki kemampuan menimbulkan gagasan atau pikiran pada pendengar/pembaca.&nbsp; Dengan kata lain kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mewakili pikiran penulis atau pembicara secara tepat sehingga pendengar/ pembaca dapat memahami pikiran tersebut dengan mudah, jelas, lengkap seperti maksud penulis/pembicaranya. Tajuk Rencana dalam surat kabar Lampung Post seharusnya menggunakan kalimat efktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini mengkaji permasalahan mengenai keefektifan kalimat dalam tajuk rencana harian Lampung Post edisi Januari 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kalimat efektif pada tajuk rencana surat kabar harian Lampung Post Edisi Januari 2022 sebanyak 109 Kalimat efektif. Terdiri dari 45 ciri kesepadanan, 25 ciri kepararelan, 11 ciri ketegasan, 11 ciri kehematan, 6 ciri kepaduan, 6 ciri kecermatan dan 5 ciri kelogisan. Kalimat efektif yang dominan digunakan adalah ciri kesepadanan. Penggunaan kalimat efektif pada Surat Kabar Harian Lampung Post, dapat dijadikan bahan pembelajaran di sekolah. Peserta didik dapat mempelajari ciri kalimat efektif dengan cara mengidentifikasi pendapat yang ditulis temannya serta memperbaiki kalimat yang tidak efektif sesuai dengan prinsip yang diberikan gurunya.Implikasinya, maka peserta didik akan mudah menulis pendapat dengan mempertimbangkan (kejelasan subjek dan predikat, kejelasan kalimat, dan penggunaan kata yang sesuai), serta peserta didik mampu menulis berita atau artikel menggunakan kalimat efektif sehingga dapat diterima oleh pembaca.</p> Erika Putri, Tri Riya Anggraini, Dian Permanasari Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/310 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL LAYAR TERKEMBANG KARYA SUTAN TAKDIR ALISJAHBANA DENGAN KAJIAN FEMINISME http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/311 <p>Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini berkaitan dengan citraan perempuan dalam novel <em>Layar Terkembang</em> karya Sutan Takdir Alisjahbana dengan Kajian Feminisme. Permasalahan penelitian dibatasi kepada aspek-aspek citraan perempuan antara lain: (1) Citra diri perempuan yang terdiri atas a) citra fisik perempuan dan b) citra psikis perempuan, (2) Citra sosial perempuan yang terdiri atas a) citra perempuan dalam keluarga dan b) citra perempuan dalam masyarakat.</p> <p>Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis konten (isi). Sumber data atau objek penelitian adalah novel <em>Layar Terkembang</em> karya Sutan Takdir Alisjahbana. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik baca, catat, klasifikasi, analisis.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan citra perempuan pada novel <em>Layar Terkembang</em> karya Sutan Takdir Alisjahban yang terdiri dari aspek diri dan sosial berjumlah 68 data dengan rincian (1) Citra diri perempuan berjumlah 36 yang terdiri atas a) citra fisik perempuan berjumlah 21 dan b) citra psikis perempuan berjumlah 15, sedangkan (2) Citra sosial perempuan berjumlah 32 yang terdiri atas a) citra perempuan dalam keluarga berjumlah 15 dan b) citra perempuan dalam masyarakat berjumlah 17 data.</p> Evita Hersa Adellia M.P., Supriyono Supriyono, Andri Wicaksono Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/311 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI MELALUI MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GUNUNG SUGIH LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/312 <p>Masalah dalam penelitian adalah Siswa sulit mengungkapkan ide atau pemikirannya kedalam bentuk tulisan, Kurangnya kegemaran siswa dalam membaca sehingga menimbulkan lemahnya kemampuan menulis menulis teks, Siswa mengalami kesulitan menentukan objek penulisan dan Siswa menganggap menulis tidak menyenangkan, melelahkan, sulit, membutuhkan banyak pemikiran, dan membosankan. Tujuan dalam penelitian ini Untuk Mengetahui dan mendeskripsikan 1) Kemampuan menulis teks narasi melalui media visual 2) Kendala yang dihadapi siswa dalam menulis teks narasi melalui media visual, 3) Solusi dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam menulis teks narasi melalui media visual. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Waktu penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gunung Sugih Lampung Tengah. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gunung Sugih Lampung Tengah yang berjumlah 19 siswa.Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis data diperoleh Kemampuan menulis teks narasi di pengaruhi oleh faktor Pemahaman awal tentang teks narasi itu telah ada dalam pikiran siswa-siswa itu sendiri. Pada aspek kesesuaian isi dengan gambar yang ditulis oleh sebagian siswa sudah tepat, hanya beberapa yang tidak sesuai. &nbsp;Pada aspek ketepatan logika urutan cerita yang ditulis oleh siswa kurang. Pada aspek ketepatan pilihan kata, rata-rata siswa mendapatkan kriteria kurang dan&nbsp; pada aspek ketepatan kalimat juga masih kurang baik. &nbsp;Hasil analisis pada aspek ketepatan ejaan juga masih kurang baik. Ejaan yang di maksud adalah, ketepatan penggunaan tanda baca, huruf kapital, ejaan kata, penggunaan singkatan dan kerapihan tulisan.</p> Fatmawati Fatmawati, Tri Riya Anggraini, Nani Anggraini Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/312 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 KEMAMPUAN MENULIS PUISI MODERN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MUSIK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 GEDONG TATAAN http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/314 <p>Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah menulis puisi modern dengan media musik musik pop pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Gedong Tataan. Indikator yang disurvei meliputi konten, perkembangan bahasa, dan imajinasi. Tujuan dari penelitian ini adalah agar siswa mampu menulis puisi berdasarkan media musik, lagu pop, hambatan, dan solusi. Penelitian ini&nbsp; menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X semester ganjil SMA Negeri 2 Gedong Tataan. Teknik utama yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah tugas atau tes menulis puisi. Siswa&nbsp; menulis puisi berdasarkan lagu yang&nbsp; disediakan yaitu lagu “Bunda” karya Mely Goeslaw.</p> Fitri Jayanti, Surastina Surastina, Dian Permanasari Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/314 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS X SMK TRISAKTI JAYA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/320 <p>Masalah dalam penelitian kini adalah kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran menulis puisi yang disebbakan kurang meningkatkan daya imajinasi para siswa sehingga kualitas puisi yang dihasilkan oleh siswa cenderung terkesan biasa-biasa saja jarang menggunakan kata kias, pemilihan diksi yang kurang tepat serta kurang mampu mengekspor bakat yang sudah dimiliki oleh siswa. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Waktu penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Trisakti Jaya bandar Lampung. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas X IPS I yang berjumlah 28 siswa .Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik analisis deskriptif kualitatif&nbsp; dan kuantitatif. Hasil analisis data diperoleh bahwa Model pembelajaran cooperative learning dapat meningkatkan kemampuan menulis teks puisi siswa. &nbsp;Hal ini dibuktikan dengan kemampuan menulis teks puisi yang diperoleh siswa dari siklus 1 ke siklus II terdapat peningkatan dan sudah meunjukkan indikator keberhasilan yaitu sebesar 64,27%. Pada siklus 1 terdapat presentase ketuntasan belajar sebanyak 8 siswa (28,18%) dan pada siklus II meningkat menjadi 26 siswa (92, 85%) yang tuntas dari total 28 siswa. Ada pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning terhadap kemampuan menulis teks puisis siswa kelas X SMK Trisakti Jaya Bandar Lampung.</p> Lisna Wati, Sudarmaji Sudarmaji, Frieska Maryova R Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/320 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN TEKNIK SKIMMING DAN SCANNING PADA SISWA KELAS VII SMP TAMAN SISWA TELUK BETUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/321 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan teknik <em>skimming</em> dan <em>scanning</em> serta meningkatkan aktivitas pada siswa kelas VII SMP Taman Siswa Teluk Betung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Taman Siswa Teluk Betung yang terdiri dari 27 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Adapun sumber data yang digunakan adakah data-data yang didapatkan dari lembar pengamatan serta lembar tes hasil penilaian siswa dan dokumentasi yang diambil dari peneliti. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar tiap siklusnya, yakni pada siklus I berkategori cukup aktif menjadi aktif pada siklus II, sedangkan untuk kemampuan membaca pemahaman siswa terlihat dari nilai ketuntasan klasikal yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Masing-masing mempunyai nilai sebesar 66,66% dengan jumlah siswa yang tuntas yaitu 18 siswa dari 27 siswa yang mengikuti tes kemampuan membaca pemahaman pada siklus I, dan 85,18% dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 23 siswa dari 27 siswa yang mengikuti tes pada siklus II. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa teknik <em>skimming</em> dan <em>scanning</em> dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas VII SMP Taman Siswa Teluk Betung Tahun Pelajaran 2021/2022.</p> Mayang Famelia, Supriyono Supriyono, Nani Angraini Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/321 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000