Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan <p>Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Bandar Lampung merupakan kumpulan artikel yang berisi hasil penelitian tugas akhir atau skripsi mahasiswa S1 pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, STKIP PGRI Bandar Lampung. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia diterbitkan oleh LPPM STKIP PGRI Bandar Lampung dengan melalui tahap editing dan review dari reviewer internal perguruan tinggi, lebih khusus lagi oleh dosen-dosen di lingkup program studi.</p> en-US Fri, 09 Dec 2022 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.8 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 ANALISIS KONTRASTIF KOSAKATA BAHASA INDONESIA DAN BAHASA MALAYSIA PADA FILM ANIMASI UPIN DAN IPIN 3 EPISODE TAHUN 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/299 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan&nbsp; 1) kosakata yang bentuknya mirip atau sama dan maknanya sama antara bahasa Indonesia dan bahasa Malaysia 2) kosakata yang bentuknya berbedan tetapi maknanya sama antara bahasa Indonesia dan bahasa Malaysia. Penelitian ini mengunakan pendekatan lingustik kontrastif. Sumber data adalah film animasi Upin dan Ipin. Motode dan Instrumen pengumpulan data menggunakan teknik simak catat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kosakata yang bentuknya berbeda tetapi maknanya sama antara bahasa Indonesia dan bahasa Malaysia pada film Upin dan Ipin memiliki 18 kosakata yang bentuknya berbeda tetapi maknanya sama yang terdapat pada episode 1, 2 dan 3 yang berjudul musim 15 kue raya, puasa normal baharu dan musim 16 hari bahagia. Kosakata yang bentuknya mirip atau sama dan maknanya sama antara bahasa indonesia dan bahasa Malaysia pada film Upin dan Ipin memilik 23 kosakata yang bentuknya sama atau mirip dan maknanya sama yang terdapat pada episode 1, 2 dan 3 yang berjudul musim 15 kue raya, puasa normal baharu dan musim 16 hari bahagia.</p> Ayu Asmarita, Fransisca S.O. Dedi, Rohana Rohana Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/299 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SEMESTER GANJIL SMAS TAMANSISWA TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/300 <p>Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi berdasarkan indikator yang telah ditentukan yaitu: 1) isi, 2) organisasi, 3) kosakata/pilihan kata, 4) penggunaan bahasa, 5) mekanik, serta untuk mengetahui dan mendeskripsikan kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks eksplanasi. Metode dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu siswa kelas XI semester ganjil SMAS Tamansiswa Teluk Betung Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pokok yang digunakan adalah teknik pemberian tugas, yaitu menugaskan siswa untuk membuat teks eksplanasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa kelas XI pada masing-masing indikator mendapatkan nilai rata-rata cukup baik. Sedangkan secara keseluruhan mendapatkan nilai rata-rata 73,53 yang termasuk dalam kategori baik.</p> Ayu Lestari, Surastina Surastina, Rohana Rohana Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/300 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 KEMAMPUAN MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN DENGAN MEDIA CANVA PADA SISWA SMK DHARMAPALA PANJANG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/303 <p>Permasalahan dalam skripsi ini berkenaan dengan kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan dengan media Canva pada siswa kelas XII SMK Dharmapala Panjang Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendreskripsikan kendala-kendala dalam menulis surat lamaran pekerjaan dengan media Canva yang ditulis oleh siswa kelas XII SMK Dharmapala Panjang Bandar Lampung 2021/2022. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Dharmapala Panjang Bandar Lampung 2021/2022 yang berjumlah 20 orang dalam kelas XII. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik penugasan menulis surat lamaran pekerjaan dengan media Canva. Analisis menggunakan kualitatif. Berdasarkan kemampuan siswa dalam menulis surat lamaran pekerjaan dengan media Canva dengan memperhatikan sistematika penulisan surat lamaran, memperhatikan kesalahan-kesalahan kalimat dalam menulis surat lamaran serta kendala-kendala dalam memilih desain pada aplikasi Canva masuk dalam kategori kemampuan cukup, maka kemampuan siswa menunjukan dalam kategori baik dari sekian banyak siswa di dalam kelas yang diberikan tugas menulis surat lamaran pekerjaan dengan media Canva. Hal ini disebabkan beberapa siswa yang mengerjakan tugas menulis surat lamaran pekerjaan dengan media Canva, unsur yang dikemukakan cukup lengkap dari lengkap dari sistematika penulisan surat lamaran pekerjaan, mulai dari salam pembuka, isi surat dan salam penutup. Pada bagian isi juga sudah dikemukakan. Akan tetapi ada beberapa kalimat, kata, serta penggunaan tanda baca yang tidak tepat yang terdapat pada hasil tugas surat lamaran pekerjaan yang dibuat siswa.</p> Cindy Valentine, Supriyono Supriyono, Frieska Maryova R Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/303 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN METODE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 MENGGALA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/304 <p>Penelitian ini mengkaji kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan metode Team Game Tournament (TGT) siswa kelas XI SMA Negeri 3 Menggala tahun ajaran 2021/2022. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan seberapa tinggi kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan metode Team Game Tournament siswa kelas XI SMA Negeri 3 Menggala tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen tes digunakan untuk mengetahui kemampuan menulis teks eksplanasi siwa XI SMA Negeri 3 Menggala tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh model pembelajaran <em>Team game tournament (TGT) </em>&nbsp;terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Menggala tahun Pelajaran 2021/2022. Rata-rata rata-rata kemampuan menulis teks eksplanasi kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran <em>Team game tournament (TGT) </em>&nbsp;adalah 63,53 sedangkan pada siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran <em>Team game tournament (TGT) </em>&nbsp;didapat rata-rata hasil skor yaitu 71,25.&nbsp; Dengan demikian ada perbedaan antara siswa yang diberikan model pembelajaran <em>Team game tournament (TGT) </em>&nbsp;dengan siswa yang tidak model pembelajaran <em>Team game tournament (TGT) </em>&nbsp;pada kemampuan menulis teks eksplanasi yang telah diberikan, dengan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran&nbsp; <em>Team game tournament (TGT) </em>&nbsp;akan berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Menggala tahun pelajaran 2021/2022.</p> Desi Natalia, Surastina Surastina, Hastuti Hastuti, Hastuti Hastuti Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/304 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI MEDIA BERITA DENGAN METODE LATIHAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS X SMK TRISAKTI JAYA BANDAR LAMPUNG http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/305 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen melalui&nbsp;&nbsp; media berita dengan&nbsp; metode&nbsp; latihan&nbsp; terbimbing&nbsp; pada siswa kelas X SMK Trisakti Jaya Bandar Lampung. Subjek&nbsp; penelitian&nbsp; ini&nbsp; adalah&nbsp; siswa&nbsp; kelas&nbsp; X SMK Trisakti Jaya Bandar Lampung. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan&nbsp; dan&nbsp; implementasi&nbsp; di&nbsp; lokasi&nbsp; penelitian&nbsp; terbagi&nbsp; dalam&nbsp; dua&nbsp; siklus. Siklus I dilakukan dua kali pertemuan dan begitu juga siklus II dilakukan dua kali pertemuan. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan&nbsp; yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui media berita dengan metode latihan terbimbing.&nbsp; Data diperoleh dengan menggunakan&nbsp; pedoman pengamatan, catatan lapangan, angket, wawancara, dan tes. Teknik analisis dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil tindakan yang berupa skor secara kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini dilihat dari adanya peningkatan keberhasilan proses dan produk. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran&nbsp;&nbsp; menulis&nbsp;&nbsp; cerpen&nbsp;&nbsp; melalui&nbsp;&nbsp; media&nbsp;&nbsp; berita&nbsp;&nbsp; dengan&nbsp;&nbsp; metode&nbsp;&nbsp; latihan terbimbing&nbsp; pada siswa kelas X SMK Trisakti Jaya Bandar Lampung diawali dengan menentukkan ide untuk menulis cerpen. Selanjutnya siswa diminta untuk mengembangkan ide menjadi sebuah cerpen dengan mendapatkan bimbingan guru bahasa dan sastra Indonesia. Penerapan media berita denga metode latihan terbimbing&nbsp; dapat&nbsp; meningkatkan&nbsp; proses&nbsp; dan&nbsp; produk&nbsp; belajar&nbsp; siswa.&nbsp; Peningkatan proses siswa pada akhir tindakan&nbsp; siklus I, yaitu siswa menjadi&nbsp; cukup antusias, semangat,&nbsp; gembira,&nbsp; aktif&nbsp; dalam&nbsp; menulis&nbsp; cerpen.&nbsp; Pada &nbsp;akhir&nbsp; tindakan&nbsp; siklus&nbsp; II terlihat peningkatan proses, yaitu antusias dan semangat yang ditunjukkan siswa dalam menulis&nbsp; cerpen&nbsp; lebih besar,&nbsp; aktif, dan percaya&nbsp; diri. Peningkatan&nbsp; produk ditunjukkan&nbsp; dengan semakin meningkatnya ketutasan tes hasil belajar. Skor rata- rata&nbsp; yang&nbsp; dicapai&nbsp; siswa&nbsp; sebelum&nbsp; proses&nbsp; tindakan&nbsp; adalah&nbsp; 61,44.&nbsp; Pada&nbsp; akhir tindakan siklus I skor rata-rata yang diperoleh sebesar 70,31 sehingga mengalami peningkatan 8,87 poin. Pada akhir siklus II skor rata-rata yang diperoleh sebesar 83,81sehingga mengalami&nbsp;&nbsp; peningkatan&nbsp;&nbsp; sebesar&nbsp;&nbsp; 13,5&nbsp;&nbsp; poin&nbsp;&nbsp; dari&nbsp;&nbsp; siklus&nbsp;&nbsp; I. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui media berita&nbsp;&nbsp; dengan&nbsp;&nbsp; metode&nbsp;&nbsp; latihan&nbsp;&nbsp; terbimbing&nbsp;&nbsp; dapat&nbsp;&nbsp; meningkatkan&nbsp;&nbsp; keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMK Trisakti Jaya Bandar Lampung.</p> Desi Pratiwi, Tri Riya Anggraini, Hastuti Hastuti Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/305 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 GEDONG TATAAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/307 <p>Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks puisi.&nbsp; Hal tersebut disebabkan kurangnya minat siswa dalam pembelajaran menulis puisi serta kurangnya media yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran.<strong>&nbsp; </strong>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Gedong Tataan dengan memanfaatkan media Audio Visual. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2.&nbsp; Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Gedong Tataan sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data kemampuan menulis puisi menggunakan metode observasi, teknik wawancara serta tes untuk mengukur adanya peningkatan menulis puisi. Hasil penelitian menunjukkan: pertama secara proses, pembelajaran menulis puisi mengalami peningkatan. Sebelum implementasi tindakan, siswa kurang aktif dan kurang antusias pada saat proses pembelajaran berlangsung dan kurang mengerti tugas yang diberikan oleh guru. Setelah implementasi tindakan, siswa aktif dan antusias pada saat mengikuti pembelajaran. Siswa sudah mandiri baik pada saat menulis puisi, menyunting, maupun pada saat mempublikasikan puisi hasil karya mereka sendiri. Rata-rata tindakan siklus I sebesar 66,64. &nbsp;&nbsp;Dan akhir tindakan nilai siklus II adalah 84,40 diperoleh dari selisih rata-rata siklus I sebesar 66,64 dengan nilai rata-rata siklus II sebesar 84,40. Peningkatan dari pre-test sampai dengan akhir siklus II adalah 17,76 yaitu selisih dari nilai rata-rata pre-test 66,64 dengan nilai rata-rata siklus II sebesar 84,40. Peningkatan nilai rata-rata tertinggi diperoleh pada akhir siklus II. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan media Audio Visual keindahan alam dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Gedong Tataan.</p> Desta Bella Pratiwi, Sudarmaji Sudarmaji, Abdulloh Abdulloh Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/307 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA PENULISAN LATAR BELAKANG SKRIPSI MAHASISWA NON BAHASA DAN SASTRA INDONESIA STKIP PGRI BANDAR LAMPUNG http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/308 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa pada penulisan latar belakang skripsi mahasiswa non Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP-PGRI Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan karena banyak ditemukan kesalahan penulisan ejaan seperti penggunaan huruf kapital, penggunaan huruf miring, penggunaan tanda baca, dan penulisan kata depan <em>di</em>, <em>ke</em>, dan <em>dari</em>. Serta kesalahan bidang sintaksis seperti pemilihan kata yang tidak tepat dan kalimat yang tidak logis dalam latar belakang.</p> <p>Sumber data penelitian ini adalah skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling tahun akademik 2018, Pendidikan Ekonomi tahun akademik 2018, Pendidikan Matematika tahun akademik 2018, dan Pendidikan Sejarah tahun akademik 2018 yang berjumlah 20 skripsi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat banyak kesalahan berbahasa pada penulisan latar belakang skripsi mahasiswa non Bahasa dan Sastra Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, kesalahan berbahasa pada latar belakang skripsi mahasiswa yang dominan muncul adalah aspek kesalahan ejaan.</p> Dewi Intan Permata Sari, Wayan Satria Jaya , Abdulloh Abdulloh Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/308 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 KEMAMPUAN MENULIS BERITA MENGGUNAKAN TEKNIK TERBIMBING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 32 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/309 <p>Masalah yang dikaji dalam penelitian ini antara lain, pembelajaran cenderung menggunakan strategi pembelajaran ceramah, Tanya jawab, mencatatan, dan menyalin teori dibuku pelajaran. &nbsp;Tujuan&nbsp; penelitian &nbsp;ini adalah untuk mengetahui siswa kelas VII SMP Negeri 32 Bandar Lampung dalam menulis berita. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penggunaan metode ini untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis berita menggunakan teknik&nbsp; terbimbing. &nbsp;Hasilnya &nbsp;menunjukan &nbsp;dari &nbsp;30&nbsp; siswa &nbsp;yang &nbsp;diberi &nbsp;tes &nbsp;menulis berita telah masuk &nbsp;dalam katagori cukup, karena berada pada rentang antara 56 –75.</p> Dhaifan Surya Hadyansa, Tri Riya Anggraini, Hastuti Hastuti Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/309 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 PEMAKAIAN KALIMAT EFEKTIF PADA TAJUK RENCANA HARIAN UMUM LAMPUNG POST EDISI JANUARI 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/310 <p>Kalimat efektif adalah kalimat yang memiliki kemampuan menimbulkan gagasan atau pikiran pada pendengar/pembaca.&nbsp; Dengan kata lain kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mewakili pikiran penulis atau pembicara secara tepat sehingga pendengar/ pembaca dapat memahami pikiran tersebut dengan mudah, jelas, lengkap seperti maksud penulis/pembicaranya. Tajuk Rencana dalam surat kabar Lampung Post seharusnya menggunakan kalimat efktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini mengkaji permasalahan mengenai keefektifan kalimat dalam tajuk rencana harian Lampung Post edisi Januari 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kalimat efektif pada tajuk rencana surat kabar harian Lampung Post Edisi Januari 2022 sebanyak 109 Kalimat efektif. Terdiri dari 45 ciri kesepadanan, 25 ciri kepararelan, 11 ciri ketegasan, 11 ciri kehematan, 6 ciri kepaduan, 6 ciri kecermatan dan 5 ciri kelogisan. Kalimat efektif yang dominan digunakan adalah ciri kesepadanan. Penggunaan kalimat efektif pada Surat Kabar Harian Lampung Post, dapat dijadikan bahan pembelajaran di sekolah. Peserta didik dapat mempelajari ciri kalimat efektif dengan cara mengidentifikasi pendapat yang ditulis temannya serta memperbaiki kalimat yang tidak efektif sesuai dengan prinsip yang diberikan gurunya.Implikasinya, maka peserta didik akan mudah menulis pendapat dengan mempertimbangkan (kejelasan subjek dan predikat, kejelasan kalimat, dan penggunaan kata yang sesuai), serta peserta didik mampu menulis berita atau artikel menggunakan kalimat efektif sehingga dapat diterima oleh pembaca.</p> Erika Putri, Tri Riya Anggraini, Dian Permanasari Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/310 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL LAYAR TERKEMBANG KARYA SUTAN TAKDIR ALISJAHBANA DENGAN KAJIAN FEMINISME http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/311 <p>Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini berkaitan dengan citraan perempuan dalam novel <em>Layar Terkembang</em> karya Sutan Takdir Alisjahbana dengan Kajian Feminisme. Permasalahan penelitian dibatasi kepada aspek-aspek citraan perempuan antara lain: (1) Citra diri perempuan yang terdiri atas a) citra fisik perempuan dan b) citra psikis perempuan, (2) Citra sosial perempuan yang terdiri atas a) citra perempuan dalam keluarga dan b) citra perempuan dalam masyarakat.</p> <p>Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis konten (isi). Sumber data atau objek penelitian adalah novel <em>Layar Terkembang</em> karya Sutan Takdir Alisjahbana. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik baca, catat, klasifikasi, analisis.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan citra perempuan pada novel <em>Layar Terkembang</em> karya Sutan Takdir Alisjahban yang terdiri dari aspek diri dan sosial berjumlah 68 data dengan rincian (1) Citra diri perempuan berjumlah 36 yang terdiri atas a) citra fisik perempuan berjumlah 21 dan b) citra psikis perempuan berjumlah 15, sedangkan (2) Citra sosial perempuan berjumlah 32 yang terdiri atas a) citra perempuan dalam keluarga berjumlah 15 dan b) citra perempuan dalam masyarakat berjumlah 17 data.</p> Evita Hersa Adellia M.P., Supriyono Supriyono, Andri Wicaksono Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/311 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI MELALUI MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GUNUNG SUGIH LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/312 <p>Masalah dalam penelitian adalah Siswa sulit mengungkapkan ide atau pemikirannya kedalam bentuk tulisan, Kurangnya kegemaran siswa dalam membaca sehingga menimbulkan lemahnya kemampuan menulis menulis teks, Siswa mengalami kesulitan menentukan objek penulisan dan Siswa menganggap menulis tidak menyenangkan, melelahkan, sulit, membutuhkan banyak pemikiran, dan membosankan. Tujuan dalam penelitian ini Untuk Mengetahui dan mendeskripsikan 1) Kemampuan menulis teks narasi melalui media visual 2) Kendala yang dihadapi siswa dalam menulis teks narasi melalui media visual, 3) Solusi dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam menulis teks narasi melalui media visual. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Waktu penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gunung Sugih Lampung Tengah. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gunung Sugih Lampung Tengah yang berjumlah 19 siswa.Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis data diperoleh Kemampuan menulis teks narasi di pengaruhi oleh faktor Pemahaman awal tentang teks narasi itu telah ada dalam pikiran siswa-siswa itu sendiri. Pada aspek kesesuaian isi dengan gambar yang ditulis oleh sebagian siswa sudah tepat, hanya beberapa yang tidak sesuai. &nbsp;Pada aspek ketepatan logika urutan cerita yang ditulis oleh siswa kurang. Pada aspek ketepatan pilihan kata, rata-rata siswa mendapatkan kriteria kurang dan&nbsp; pada aspek ketepatan kalimat juga masih kurang baik. &nbsp;Hasil analisis pada aspek ketepatan ejaan juga masih kurang baik. Ejaan yang di maksud adalah, ketepatan penggunaan tanda baca, huruf kapital, ejaan kata, penggunaan singkatan dan kerapihan tulisan.</p> Fatmawati Fatmawati, Tri Riya Anggraini, Nani Anggraini Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/312 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 KEMAMPUAN MENULIS PUISI MODERN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MUSIK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 GEDONG TATAAN http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/314 <p>Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah menulis puisi modern dengan media musik musik pop pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Gedong Tataan. Indikator yang disurvei meliputi konten, perkembangan bahasa, dan imajinasi. Tujuan dari penelitian ini adalah agar siswa mampu menulis puisi berdasarkan media musik, lagu pop, hambatan, dan solusi. Penelitian ini&nbsp; menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X semester ganjil SMA Negeri 2 Gedong Tataan. Teknik utama yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah tugas atau tes menulis puisi. Siswa&nbsp; menulis puisi berdasarkan lagu yang&nbsp; disediakan yaitu lagu “Bunda” karya Mely Goeslaw.</p> Fitri Jayanti, Surastina Surastina, Dian Permanasari Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/314 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS X SMK TRISAKTI JAYA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/320 <p>Masalah dalam penelitian kini adalah kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran menulis puisi yang disebbakan kurang meningkatkan daya imajinasi para siswa sehingga kualitas puisi yang dihasilkan oleh siswa cenderung terkesan biasa-biasa saja jarang menggunakan kata kias, pemilihan diksi yang kurang tepat serta kurang mampu mengekspor bakat yang sudah dimiliki oleh siswa. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Waktu penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Trisakti Jaya bandar Lampung. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas X IPS I yang berjumlah 28 siswa .Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik analisis deskriptif kualitatif&nbsp; dan kuantitatif. Hasil analisis data diperoleh bahwa Model pembelajaran cooperative learning dapat meningkatkan kemampuan menulis teks puisi siswa. &nbsp;Hal ini dibuktikan dengan kemampuan menulis teks puisi yang diperoleh siswa dari siklus 1 ke siklus II terdapat peningkatan dan sudah meunjukkan indikator keberhasilan yaitu sebesar 64,27%. Pada siklus 1 terdapat presentase ketuntasan belajar sebanyak 8 siswa (28,18%) dan pada siklus II meningkat menjadi 26 siswa (92, 85%) yang tuntas dari total 28 siswa. Ada pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning terhadap kemampuan menulis teks puisis siswa kelas X SMK Trisakti Jaya Bandar Lampung.</p> Lisna Wati, Sudarmaji Sudarmaji, Frieska Maryova R Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/320 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN TEKNIK SKIMMING DAN SCANNING PADA SISWA KELAS VII SMP TAMAN SISWA TELUK BETUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/321 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan teknik <em>skimming</em> dan <em>scanning</em> serta meningkatkan aktivitas pada siswa kelas VII SMP Taman Siswa Teluk Betung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Taman Siswa Teluk Betung yang terdiri dari 27 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Adapun sumber data yang digunakan adakah data-data yang didapatkan dari lembar pengamatan serta lembar tes hasil penilaian siswa dan dokumentasi yang diambil dari peneliti. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar tiap siklusnya, yakni pada siklus I berkategori cukup aktif menjadi aktif pada siklus II, sedangkan untuk kemampuan membaca pemahaman siswa terlihat dari nilai ketuntasan klasikal yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Masing-masing mempunyai nilai sebesar 66,66% dengan jumlah siswa yang tuntas yaitu 18 siswa dari 27 siswa yang mengikuti tes kemampuan membaca pemahaman pada siklus I, dan 85,18% dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 23 siswa dari 27 siswa yang mengikuti tes pada siklus II. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa teknik <em>skimming</em> dan <em>scanning</em> dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas VII SMP Taman Siswa Teluk Betung Tahun Pelajaran 2021/2022.</p> Mayang Famelia, Supriyono Supriyono, Nani Angraini Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/321 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 ANALISIS NOVEL AMELIA KARYA TERE LIYE DENGAN PENDEKATAN STRUKTURAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMK UTAMA BANDAR LAMPUNG KELAS XII http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/353 <p>Masalah dalam penelitian adalah Analisis unsur instriksik dengan pendekatan struktural dalam novel <em>Amelia</em> karya Tere Liye, Implikasi dalam novel <em>Amelia</em> karya Tere Liye, Sedikitnya referensi atau analisis dengan pendekatan struktural di sekolah dan Minimnya pengetahuan terkait pendekatan struktural. Tujuan dalam penelitian ini Mengetahui dan mendeskripsikan unsur-unsur instriksi pada novel <em>Amelia</em> karya Tere Liye dengan menggunakan pendekatan struktural dan Mengetahui dan mendeskripsi implikasi dalam novel <em>Amelia</em> karya Tere Liye terhadap pembelajaran sastra. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Tempat Penelitian Di Perpustakaan Daerah Bandar Lampung dan waktu penelitian Bulan April 2021 sampai dengan Mei 2022. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel yang berjudul <em>Amelia</em> karya Tere Liye, sedangkan data-data penelitian adalah berupa kutipan-kutipan dari novel <em>Amelia</em>. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik analisis deskriptif kualitatif Hasil analisis data diperoleh diperoleh Tema dalam novel <em>Amelia</em> karya Tere Liye yaitu keluarga dan perjuangan hidup. Alur/plot berdasarkan urutan waktu, pengarang menampilkan jalan cerita yaitu menggunakan alur maju. Latar yang ditemukan dalam novel Amelia karya Tere Liye adalah latar tempat, waktu dan suasana. Sudut pandang yang di gunakan pengarang yaitu menggunakan sudut pandang orang pertama “aku”. Tokoh-tokoh yang berperan dalam cerita ini diantarannya: 1) Tokoh utama yaitu Amelia, sedangkan tokoh tambahan yaitu Norris, Maya, Paman Unus, Kak Bujuk, Pak Bin, Nek Kiba, Hasan, Mamak, Bapak, Eliana, Pukat, dan Burlian. 2) Tokoh protagonis yaitu Amelia, Norris, Kak Bujuk, Pak Bin, dan Nek Kiba, sedangkan tokoh antagonis yaitu Hasan. 3) Tokoh sederhana yaitu Eliana, sedangkan tokoh bulat yaitu Norris. Novel ini dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah, khususnya SMK. Novel ini mengandung banyak nilai pendidikan karakter yang dapat mennginspirasi siapa saja yang membacanya. Jika hal tersebut dikaitkan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, pembelajaran novel masuk dalam kurikulum 2013 tepatnya di kelas XII.</p> Sintiya Sintiya, Andri Wicaksono, Rohana Rohana Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/353 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 ASPEK PSIKOLOGIS TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/354 <p>Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sikap tokoh Ikal dan konflik psikologi tokoh Ikal dalam novel <em>Sang Pemimpi </em>karya Andrea Hirata. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. &nbsp;Hasil analisis data &nbsp;menyimpulkan bahwa Tokoh Ikal adalah tipe ekstrovert Ciri-ciri sifat ekstrovert Ikal adalah a. Mengagumi Orang Lain b. Pekerja keras&nbsp; c. Gugup d. Tangguh e. Penuh&nbsp; dengan&nbsp; rasa&nbsp; ingin&nbsp; tahu&nbsp; f. Sikap pesimis&nbsp; g. Pribadi yang pantang menyerah dan h. Ego yang besar. Konflik-konflik yang dialami Ikal juga membentuk watak dan perilaku Ikal yakni introvert dan seorang yang perasa. Berdasarkan hasil penelitian Analisis Psikologi Tokoh Utama Novel <em>Sang pemimpi</em> karya Andrea Hirata, dalam teori Sigmund Freud, maka peneliti dapat menyimpulkan unsur intrinsik psikologi sastra tokoh utama novel <em>Sang Pemimpi </em>karya Andrea Hirata yang meliputi unsur aspek biologis atau unsur ego.</p> Rina Riski Meilana Purba, Fransisca S.O. Dedi, Andri Wicaksono Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/354 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IX MTs. PELITA GEDONG TATAAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/355 <p>Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IX MTs. Pelita Gedong Tataan tahun pelajaran 2021/2022. Aspek penilaian menulis cerpen dengan media gambar meliputi aspek pertama tema atau isi, aspek kedua latar, aspek ketiga tokoh dan sudut pandang, aspek keempat latar atau jalan cerita, dan aspek kelima amanat dan pemajasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IX MTs. Pelita Gedong Tataan Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kelas IX MTs. Pelita Gedong Tataan tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 21 siswa. Metode penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis cerpen dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IX MTs. Pelita Gedong Tataan berdasarkan keseluruhan indikator termasuk dalam kategori cukup. Kemampuan menulis cerpen yang dilakukan siswa dilihat dari aspek tema tergolong baik. Penilaian secara keseluruhan dari aspek latar tergolong baik. Penilaian secara keseluruhan dari aspek tokoh dan sudut pandang tergolong kurang, Penilaian secara keseluruhan dari aspek alur tergolong baik, dan penilaian secara keseluruhan dari aspek amanat dan pemajasan tergolong kurang.</p> Rischi Apriyanti, Wayan Satria Jaya , Riska Alfiawati Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/355 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 NILAI BUDAYA DALAM NOVEL BUMI MANUSIA KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/356 <p>Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini berkaitan dengan Nilai Budaya dalam novel <em>Bumi Manusia </em>karya Pramoedya Ananta Toer. Adapun kajian penelitian Nilai Budaya dalam novel <em>Bumi Manusia</em> karya Pramoedya Ananta Toer meliputi Hubungan Manusia dengan Tuhan, Hubungan Manusia dengan dirinya sendiri, dan Hubungan manusia dengan manusia lainnya.</p> <p>Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif&nbsp; deskriptif. Artinya penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian dalam menganalaisis nilai budaya dalam novel <em>Bumi Manusia </em>karya Pramoedya Ananta Toer.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel <em>Bumi Manusia </em>karya Pramoedya Ananta Toer banyak mengandung nilai budaya. Pengklasifikasian nilai budaya didasarkan pada nilai budaya yang meliputi Hubungan Manusia dengan Tuhan, Hubungan Manusia dengan dirinya sendiri, dan Hubungan manusia dengan manusia lainnya dengan rincian sebagai berikut, 1) Hubungan Manusia dengan Tuhan, (a) Beribadah berjumlah 3. 2) Hubungan Manusia dengan dirinya sendiri, (a) Menuntut Ilmu berjumlah 2, (b) Pekerja Keras berjumlah 6, (c) Tanggung Jawab berjumlah 3. 3) Hubungan manusia dengan manusia lainnya, (a) Baik Hati berjumlah 9, (b) Tolong Menolong berjumlah 6.</p> <p>&nbsp;</p> Putri Anika Wijaya, Surastina Surastina, Frieska Maryova R Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/356 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 KEMAMPUAN MEMBACA CERPEN SISWA KELAS VI DI SEKOLAH DASAR 4 CANDIMAS NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN 2021/2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/357 <p>Kemampuan membaca cerpen siswa kelas VI SD 4 Candimas Natar Lampung Selatan relatif masih rendah. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antaranya faktor siswa dan faktor guru. Masalah-masalah yang sering dialami siswa adalah, siswa merasa bosan. Guru hanya menggunakan sinopsis dalam pembelajaran cerpen, dan cara mengajar guru masih monoton yaitu dengan metode ceramah. Hal ini tampak pada saat pembelajaran berlangsung, siswa tampak jenuh pada waktu guru menjelaskan cerpen, siswa tidak antusias kepada pembelajaran bahkan pada saat tanya jawab tidak ada siswa yang mau berbicara atau mengungkapkan pendapat kalau tidak ditunjuk oleh Guru. Hal ini menyebabkan siswa merasa malas dan tidak bersemangat dalam pembelajaran membaca cerpen. Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian di SD 4 Candimas Natar Lampung Selatan dengan judul “Kemampuan Membaca Cerpen Siswa Kelas VI SD di Sekolah Dasar 4 Candimas Natar Lampung Selatan Tahun 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan membaca cerpen siswa kelas VI di Sekolah Dasar 4 Candimas Natar Lampung Selatan Tahun 2021/2022, bagaimana aktivitas guru dan siswa selama pelaksanaan pembelajaran membaca cerpen dan bagaimana hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran membaca cerpen. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VI di Sekolah Dasar 4 Candimas Natar Lampung Selatan tahun pelajaran 2021/2022, jumlah siswa yang diteliti 15 siswa. Teknik pokok yang digunakan yaitu tes unjuk kerja, siswa diberi 1 cerpen yang berjudul “AHMAD” beserta 20 pertanyaan mengenai isi cerpen tersebut. Berdasarkan hasil penilaian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa sebanyak 6 orang siswa yang memiliki kemampuan membaca masih rendah dalam memahami dan mengalami kesulitan dalam kemampuan membaca cerpen dengan persentase 40%. 5 orang siswa cukup memahami kemampuan membaca cerpen yang telah diberikan oleh Guru dan memiliki kemampuan membaca cerpen cukup dengan persentase 33,3%. 4 siswa baik memahami kemampuan membaca cerpen yang diberikan oleh guru dengan kemampuan membaca baik dengan persentase 26,6%. Dengan jumlah siswa 15 siswa dengan persentase 100%.</p> Mega Indah Br. Panjaitan, Sudarmaji Sudarmaji, Riska Alfiawati Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/357 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/358 <p>Latar belakang masalah dalam penelitian adalah hasil belajar Bahasa Indonesia khususnya materi teks eksposisi belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Tujuan dalam penelitian ini Untuk Mengetahui dan mendeskripsikan untuk mengetahui 1) Perbedaan rata-rata kemampuan menulis teks eksposisi menggunakan model pembelajaran Grup Investigasi terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bandar Lampung&nbsp; Tahun Pelajaran 2021/2022 dan 2) pengaruh model pembelajaran Grup Investigasi terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bandar Lampung&nbsp; Tahun Pelajaran 2021/2022.&nbsp; Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan analisis kuantitatif. Waktu penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Bandar Lampung. &nbsp;Sampel penelitian yaitu sebagian dari populasi siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022, peneliti menentukan sampel sebanyak 2 kelas. Adapun kelas terpilih yaitu kelas VIII D yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C Sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik unjuk kerja siswa diberi tugas untuk membuat teks eksposisi. Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata rata-rata kemampuan menulis teks eksposisi kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Grup Investigasi adalah 64,26 sedangkan pada siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Grup Investigasi didapat rata-rata hasil skor yaitu 7,81. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Grup Investigasi terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022.</p> Naniksunarsih Naniksunarsih, Tri Riya Anggraini, Riska Alfiawati Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/358 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII SMP PERINTIS 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/359 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran <em>discovery learning</em> terhadap kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII SMP Perintis 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Perintis 2 Bandar Lampung yang berjumlah 214 orang siswa. Adapun sampel penelitian yang digunakaan yaitu sebanyak 65 orang siswa yang berasal dari dua kelas yang berbeda. Kelas pertama yaitu kelas VII. 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang dan kelas kedua yaitu kelas VIII. 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang siswa. Adapun teknik sampling yang digunakan dalaam proses pengumpulan data adalah <em>random sampling</em>. Teknik pokok yang digunakan dalam peroses penggumpulan data adalah teknik penugasan menulis teks eksposisi berdasarkan tema yang sudah ditentukan. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik, hal ini disebabkan data yang diperoleh adalah data kuantitatif atau data yang berupa angka-angka dari hasil pemberian tugas. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa hasil rata-rata kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi pada kelas eksperimen (VIII. 3) yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning memperoleh skor rata-rata 84,6 lebih tinggi daripada kelas kontrol (VIII. 2) yang memperoleh skor rata-rata yaitu 72,5.</p> Siti Oktaviani, Fransisca S.O. Dedi, Riska Alfiawati Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/359 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MENGGUNAKAN MEDIA FILM SISWA KELAS VII SMP NEGERI 32 BANDAR LAMPUNG http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/360 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan media film pada siswa kelas VII SMP Negeri 32 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan bentuk kolaborasi. Desain penelitian dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan,&nbsp; dan&nbsp; refleksi.&nbsp; Subjek&nbsp; penelitian&nbsp; dalam&nbsp; penelitian&nbsp; ini&nbsp; adalah&nbsp; siswa kelas VII SMP Negeri 32 Bandar Lampung yang berjumlah 34 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis karangan narasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode: tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik statistik deskriptif yaitu dengan mencari nilai rata-rata karangan narasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media film dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 32 Bandar Lampung. Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi ditunjukkan dengan nilai rata-rata keterampilan menulis karangan narasi siswa yang pada kondisi awal sebesar 55,44 meningkat menjadi 75,18 (berada pada kategori “baik”).</p> Sukma Mega Ayu, Sudarmaji Sudarmaji, Rohana Rohana Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/360 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 ANALISIS KARAKTERISTIK DAN AMANAT PADA TOKOH DI DALAM SERIAL ANIMASI “BoBoiBoy” http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/361 <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p>Sastra merupakan suatu karya seni yang mencakup karya tulis dan memiliki nilai estetika yang berasal dari ungkapan dan hasil kreatifitas seseorang, dapat berdiri sendiri, tidak terikat dengan pengarang, bersifat imajinatif, dan menggunakan bahasa sebagai mediumnya. Didalam sebuah sastra terdapat unsur intrinsik yang terdiri dari beberapa macam, seperti tema, amanat, tokoh dan penokohan, alur dan pengaluran, serta latar dan pelataran. Tokoh merupakan pelaku atau aktor didalam sebuah cerita. Penokohan merupakan karakter atau sifat yang ada pada setiap tokoh dalam cerita. Karakter merupakan pola pikir, tingkah laku, sifat, ataupun sikap seseorang yang menjadi ciri khas setiap individu dan dapat dijadikan sebagai lambang jati diri. Amanat merupakan&nbsp;pesan moral atau nasihat yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lain dengan secara langsung ataupun dengan menggunakan suatu karya. Film (film animasi) merupakan sarana komunikasi media massa berupa kumpulan gambar-gambar dengan ilusi gerak yang terlihat seperti hidup dan mengandung nilai estetika yang berbentuk <em>audio-visual</em>. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mendeskripsikan berbagai macam karakteristik pada tokoh di dalam vidio serial animasi BoBoiBoy dan dapat mendeskripsikan amanat terhadap tokoh di dalam serial animasi BoBoiBoy. Alasan melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai berbagai macam karakteristik tokoh di dalam vidio serial animasi BoBoiBoy dan dapat memberikan amanat terhadap tokoh di dalam serial animasi BoBoiBoy. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis konten dan metode penelitian deskriptif kualitatif. Temuan pada penelitian ini yaitu terdapat berbagai macam karakteristik tokoh di dalam vidio serial animasi BoBoiBoy dan terdapat amanat pada tokoh di dalam serial animani BoBoiBoy.</p> Shintha Francizcha, Sudarmaji Sudarmaji, Nani Anggraini Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/361 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI DENGAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 26 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/363 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran menulis karangan narasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui model quantum teaching dan meningkatkan hasil pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi melalui model quantum teaching pada siswa kelas VII SMP Negeri 26 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Peneliti menggunakan model penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 26 Bandar Lampung. yang berjumlah 21 siswa. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Data hasil penelitian diperoleh dari observasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Proses pembelajaran pada siklus I guru menerapkan model quantum teaching. Pada siklus I keterampilan menulis karangan narasi siswa mengalami peningkatan dari hasil pra siklus nilai rata-rata siswa sebesar 65,04 meningkat menjadi 68,10. Pembelajaran pada siklus II guru menerapkan model circuit learning. Siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 79,53. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar hanya 57% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa model quantum teaching dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi.</p> Susi Novita Sari, Tri Riya Anggraini, Abdulloh Abdulloh Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/363 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 +0000 KAJIAN UNSUR INTRINSIK DALAM NOVEL SURGA YANG TAK DIRINDUKAN KARYA ASMA NADIA (SUATU TINJAUAN STRUKTURAL SEMIOTIK) http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/364 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur-unsur intrinsik dalam novel <em>Surga Yang Tak Dirindukan</em>, (2) hubungan antara alur, penokohan, dan latar yang diikat oleh tema dalam novel Surga yang Tak Dirindukan, dan (3) wujud hubungan antara tanda dan acuannya yang berupa ikon, indeks, dan simbol dalam novel <em>Surga Yang Tak Dirindukan</em>. Subjek penelitian ini adalah novel Surga yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia cetakan ke 23 yang diterbitkan oleh Asma Nadia Publishing House di kota Depok pada tahun 2017. Sedangkan objek penelitian antara lain: (1) unsur-unsur intrinsik, (2) hubungan antarunsur yang diikat oleh tema, dan (3) wujud hubungan antara tanda dan acuannya yang berupa ikon, indeks, dan simbol. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi dengan pedekatan deskriptif-kualitatif. Keabsahan data diperoleh dengan ketekunan/pengamatan atau pembaca dengan cara membaca dan memahami secara teliti, dan selanjutnya triangulasi dilakukan selama bimbingan dengan dosen pembimbing.&nbsp; Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Surga yang Tak Dirindukan memiliki alur campuran&nbsp; dengan lima tahapan cerita yaitu tahap awal, tahapan tengah, dan tahapan akhir cerita. Cerita novel Surga yang Tak Dirindukan berakhir menyedihkan bagi tokoh utama bernama Arini. Tokoh utama Arini novel Surga yang Tak Dirindukan berjuang untuk mempertahankan rumah tangganya. Cerita ini berlatarkan tempat di rumah, masjid, kos-kossan, sekolah, kampus, kantor, rumah sakit.&nbsp; &nbsp;Unsur-unsur intrinsik tersebut saling berhubungan yang diikat oleh tema. Wujud hubungan antara tanda dan acuannya ditemukan dalam novel Surga yang Tak Dirindukan meliputi ikon (ikon topologis, ikon diagramatik, dan ikon metafora), indeks, dan simbol.</p> Tuti Meliuna, Surastina Surastina, Andri Wicaksono Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/364 Fri, 09 Dec 2022 00:00:00 +0000 PERJUANGAN TOKOH PEREMPUAN DALAM NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/365 <p>Karya sastra merupakan sarana untuk mengungkapkan serta menuangkan gagasan-gagasan hasil perenungan seseorang mengenai makna ataupun paparan dari suatu kejadian pada masyarakat. Salah satu jenis karangan prosa yang panjang, yang mengandung rangkaian peristiwa tentang kejadian atau kehidupan seseorang dengan melibatkan berbagai permasalahan yang kompleks pada suatu masyarakat yaitu novel. Banyak cerita novel tentang permasalahan gender atau ketidakadilan gender yang membuat kita seorang kaum perempuan merasa sangat geram. Penelitian ini berjudul Perjuangan Tokoh Perempuan dalam Novel <em>Bidadari Bermata Bening </em>Karya Habiburrahman El Shirazy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perjuangan perempuan dalam novel <em>Bidadari Bermata Bening </em>Karya Habiburrahman El Shirazy dalam meraih cita-cita dan mendapatkan cinta sejatinya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah metode dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah manusia atau peneliti itu sendiri dengan cara membaca, mengamati, mencatat, kemudian mendeskripsikan data temuan.</p> Widia Astuti, Andri Wicaksono, Dian Permanasari Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/365 Fri, 09 Dec 2022 00:00:00 +0000 HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI PADA KELAS VIII PESERTA DIDIK SMP NEGERI 01 SINDANG DANAU http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/366 <p>Penelitan ini membahas tentang hubungan penguasaan kosakata dan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis deskripsi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 sindang danau kabupaten okus selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penguasaan kosakata peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 sindang danau, untuk mengetahui gambaran membaca pemahaman peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 sindang danau , dan untuk m engetahui gambaran kemampuan menulis deskripsi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 sindang danau. Penelitian ini juga untuk melihat hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis deskripsi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 sindang danau , untuk mengetahui hubungan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis deskripsi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 sindang danau, dan untuk mengetahui bersama-sama hubungan antara penguasaan kosakata dan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis deskripsi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 sindang danau kabupaten oku selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif bersifat korelasional dengan populasi dalam sampel ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP 01 sindang danau yang berjumlah 60 orang dan dalam setiap kelasnya terdiri dari 20 orang peserta didik. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi, dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis dekriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan antara penguasaan kosakata dan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis deskripsi peserta didik SMP Negeri 01 sindang danau, yang diperoleh rata-rata 68 dan secara umum dikatakan bahwa penguasaan kosakata berada dalam katagori sedang. Dan untuk membaca pemahaman diperoleh nilai rata-rata 63,3 secara umum dikatakan dalam katagori sedang.selanjutnya hasil analisis deskritif rata-rata 76,6 atau 70% maka dapat disimpulkan berada pada katagori memuaskan. Adapun hasil analsis statistik dengan rumus product moment diperoleh nilai signifikan 5,69 &gt; 2,0017. Jadi Ho ditolak. Ini berarti Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa “terdapat hubungan penguasaan kosakata dan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis deskripsi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 sindang danau.</p> Ucu Noprain, Andri Wicaksono, Dian Permanasari Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/366 Fri, 09 Dec 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/367 <p>Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>Think Talk Write</em> (TTW) dengan penggunaan media video iklan layanan masyarakat terhadap keterampilan menulis karangan persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Model pembelajaran <em>Think Talk Write (TTW)</em> adalah model pembelajaran yang menekankan pada unsur berfikir, berdiskusi dan menulis, selain itu dibantu dengan pengunaan media audio visual dalam bentuk iklan layanan masyarakat untuk menentukan tema dalam menulis karangan persuasi pada siswa. Penelitian menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Bandar Lampung, sedangkan sampel diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 siswa, dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 siswa. Sampel tersebut diambil menggunakan teknik <em>Cluster Random Sampling</em><em>, </em>yaitu Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan cara dirandom. Penentuan sampel telah dilaksanakan dengan terpilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Keterampilan menulis karangan persuasi siswa diukur dengan tes sebanyak 1 soal. Peneliti melakukan uji hipotesis menggunakan uji-<em>t</em>. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai &nbsp;= . Dari tabel distribusi <em>t</em> pada taraf signifikan 5% diketahui &nbsp;= 1,67 artinya &nbsp;yaitu sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran <em>Think Talk Write</em> (TTW) dengan penggunaan media video iklan layanan masyarakat terhadap keterampilan menulis karangan persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023.</p> Fajar Bagas Kesuma, Surastina Surastina, Rohana Rohana Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/367 Fri, 09 Dec 2022 00:00:00 +0000 ANALISIS DIKSI DAN GAYA BAHASA DALAM NOVEL ARAH LANGKAH KARYA FIERSA BESARI http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/368 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan diksi dan gaya bahasa yang ada dalam novel Arah Langkah karya Fiersa Besari. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif, suatu penelitian yang menghasilkan data dengan kalimat dan kata-kata. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik membaca, menandai dan mencatat. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam novel Arah Langkah karya Fiersa Besari terdapat Diksi dan Gaya Bahasa. Diksi yang berhasil ditemukan dan dianalisis dalam novel tersebut di antaranya kata asing 22 data, kata serapan 12 data, kata umum 3 data, kata konkret 5 data, dan kata khusus 5 data. Pada gaya bahasa perbandingan di antaranya terdapat 31 data gaya bahasa personifikasi, dan 23 data gaya bahasa metafora. Pada gaya bahasa pertentangan di antaranya terdapat 11 data gaya bahasa hiperbola, 7 data gaya bahasa ironi. Pada gaya bahasa pertautan di antaranya terdapat 3 data gaya bahasa metonimia, 5 data gaya bahasa paralelisme. Pada gaya bahasa perulangan di antaranya terdapat 11 data gaya bahasa epizeukis, dan 16 data gaya bahasa anafora.</p> Peta Lidia, Andri Wicaksono, Abdulloh Abdulloh Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/368 Fri, 09 Dec 2022 00:00:00 +0000 TRANSFORMASI NOVEL HUJAN DI BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO KE FILM HUJAN DI BULAN JUNI SUTRADARA RENI NURCAHYO H.S (KAJIAN MODEL PAMUSUK ENESTE) http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/369 <p>Berdasarkan permasalahan, permasalahan-permasalahan dalam perubahan Transformasi Novel Hujan Di bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono ke Film Hujan Di bulan Juni Sutradara Reni Nurcahyo H.S. maka, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perbandingan alur dan penokohan pada novel <em>Hujan bulan Juni </em>ke film<em> hujan dibulan juni </em>dengan model pamusuk eneste. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sumber dalam penelitian ini adalah novel Hujan di Bulan Juni dan film Hujan di Bulan Juni. Hasil analisis diperoleh data bahwa proses transformasi novel menjadi film Hujan di Bulan Juni yaitu penciutan dan penambahan. Adapun penciutan meliputi pada perayaan pernikahan Toar saudara dari Pingkan, namun pada film tokoh Toar saja tidak mendapatkan dialog dan hanya dibicarakan sekilas oleh Sarwono saat memberitahu Pingkan lewat WA, dan Pada Film Hujan Bulan Juni, tokoh Sopir dan Mahasiswa yang awalnya ada di dalam Novel dihilangkan pada Film Hujan di Bulan Juni. Kedua tokoh ini digantikan oleh karakter Benny, baik Sopir yang menghantarkan Sarwono dan Pingkan maupun yang mahasiswa yang menemani. Penambahan&nbsp; adanya penambahan tokoh, Dewi pada film adalah tokoh yang ditugaskan oleh Kaprodi Sarwono untuk mengurus keberangkatannya ke Manado dan tokoh sandra.</p> Vella Agustin, Surastina Surastina, Andri Wicaksono Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/369 Fri, 09 Dec 2022 00:00:00 +0000 ANALISIS STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN PADA TEKS EKSPLANASI KARANGAN SISWA KELAS VIII SMP TAMAN SISWA TELUK BETUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/370 <p>Permasalahan dalam penelitian ini mengangkat tentang analisis struktur dan ciri kebahasaan pada teks eksplanasi karangan siswa kelas VIII SMP Taman Siswa Teluk Betung Tahun Pelajaran 2021/2022.Struktur yang dianalis yaitu pernyataan umum, deretan penjelas/isi, dan interpretasi/kesimpulan dan ciri kebahasaan yang dianalisis yaitu konjungsi kausalitas dan konjungsi kronologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil analisis struktur dan ciri kebahasaan yang ditulis oleh siswa kelas VIIIA SMP Taman Siswa Teluk Betung Tahun pelajaran 2021/2022.&nbsp; Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif.Penelitian dilakukan di SMP Taman Siswa Teluk Betung pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VIIIA SMP Taman Siswa Teluk Betung dengan jumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data&nbsp; dalam penelitian ini adalah teknik pokok yang berupa penugasan berbentuk tes tertulis yaitu siswa ditugaskan untuk menuliskan sebuah teks eksplanasi dengan memperhatikan struktur dan ciri kebahasaannya dan teknik penunjang berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka diperoleh hasil penelitian yang dianalisis berdasarkan aspek keberhasilan siswa dalam menulis teks eksplanasi sesuai dengan struktur dan ciri kebahasaannya. Pada aspek tersebut banyak siswa yang belum cukup mampu dalam menulis teks eksplanasi sesuai dengan struktur dan ciri kebahasaannya.</p> Bella Permata Sari, Supriyono Supriyono, Riska Alfiawati Copyright (c) 2022 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/370 Fri, 09 Dec 2022 00:00:00 +0000