http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/issue/feed Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2024-07-23T08:17:19+00:00 Open Journal Systems <p>Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Bandar Lampung merupakan kumpulan artikel yang berisi hasil penelitian tugas akhir atau skripsi mahasiswa S1 pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, STKIP PGRI Bandar Lampung. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia diterbitkan oleh LPPM STKIP PGRI Bandar Lampung dengan melalui tahap editing dan review dari reviewer internal perguruan tinggi, lebih khusus lagi oleh dosen-dosen di lingkup program studi.</p> http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/948 UNSUR INTRINSIK DALAM NOVEL “YUNI” KARYA ADE UBAIDIL 2024-06-27T05:06:38+00:00 Devi Zelina Devizelina1010@gmail.com Andri Wicaksono ctx.andrie@gmail.com Rohana rohanaana566@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mencari, mendeskripsikan, dan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dalam novel <em>Yuni </em>karya Ade Ubaidil. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel <em>Yuni</em> karya Ade Ubaidil karya Mutiarini yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, ketebalan buku 166 halaman. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif artinya data yang dianalisis, dan diuraikan menggunakan kata-kata maupun kalimat bukan berupa angka-angka atau menggunakan perhitungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan analisis isi.&nbsp; Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik membaca (membaca cepat atau sekilas dan membaca ulang disertai pemahaman). Keabsahan data yang dipakai menggunakan teknik pemeriksaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan&nbsp; bahwa Tema yang dalam novel ini adalah tentang perkawinan dini dan budaya patriarki. Alur yang digunakan dalam novel ini adalah alur maju. Penokohan yang paling dominan dalam novel ini adalah tokoh protagonis. Latar tempat yang digunakan dalam novel ini adalah kota Cilegon. Latar waktu yang paling dominan dalam novel ini adalah pagi, siang, dan malam hari. Latar suasana yang paling dominan dalam novel ini adalah mengharukan. Gaya bahasa yang paling menonjol dalam novel ini adalah gaya bahasa personifikasi dan asosiasi.</p> 2023-12-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/949 KESANTUNAN BERBAHASA DALAM FILM “LASKAR PELANGI” 2024-06-27T06:36:38+00:00 Dinda Monica dindamonica612@gmail.com Andri Wicaksono ctx.andrie@gmail.com Nani Anggraini nani_anggraini@stkippgribl.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pematuhan prinsip kesantunan berbahasa dalam film <em>Laskar Pelangi</em> dan pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa dalam film <em>Laskar Pelangi</em> yang terdapat dalam dialog tuturan antar tokoh dalam film tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Setting penelitian dilakukan pada film <em>Laskar Pelangi </em>yang berupa pemutaran film dan peneliti terlibat langsung dalam proses analisis. Metode pengumpulan data ini menggunakan metode simak dengan teknik dasar sadap teknik sadap itu dilakukan dengan mendengarkan tuturan dialog antar tokoh, kemudian tuturan dialog tokoh tersebut diubah menjadi sebuah teks dan selanjutnya dianalisis. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan Teknik perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi sumber data dan teori. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kesantunan berbahasa dalam film <em>Laskar Pelangi</em> pada tuturan antar tokoh ditemukan sebanyak 10 tuturan yang menggunakan pematuhan prinsip kesantunan kesantunan yakni 3 maksim kebijaksanaan, 1 maksim kecocokan, 4 maksim kesimpatian, 1 maksim kemurahan, dan 1 maksim penerimaan. Pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa dalam film <em>Laskar Pelang</em>i ditemukan sebanyak 11 tuturan yakni 2 maksim kebijaksanaan, 4 maksim kecocokan, 1 maksim kesimpatian, 1 maksim kemurahan, 2 maksim kerendahan hati, dan&nbsp; 1 maksim penerimaan.</p> 2023-12-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/950 PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN METODE THINK – TALK – WRITE (TTW) PADA KELAS X.9 SEMESTER GENAP SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022 -2023 2024-06-28T04:11:39+00:00 Maharani Editiya Putri maharaniedityaputri@gmail.com Sudarmaji sudarmajiastri21@gmail.com Rohana rohanaana566@gmail.com <p>Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi. Hal tersebut disebabkan kurang minat siswa dalam mengikuti pembelajaran dan kurangnya kreativitas guru ketika menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil keterampilan menulis teks eksposisi menggunakan metode pembelajaran yaitu think-talk-write pada kelas X.9 SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022-2023. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, model tes (dalam bentuk penugasan menulis teks eksposisi). Berdasarkan hasil proses pembelajaran diperoleh hasil sebagai berikut. Hasil peningkatan rata-rata nilai siswa pada siklus I yaitu 63,19 menjadi 92,27pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode think-talk-write dapat meningkatkan mutu proses dan hasil belajar menulis teks eksposisi siswa kelas X.9 SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022-2023.</p> 2023-12-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/951 ANALISIS DEIKSIS DALAM FILM SANG PENARI (ANALISIS PRAGMATIK) 2024-06-28T05:59:42+00:00 Moro Subekti morosubekti@gmail.com Surastina srastina@gmail.com Riska Alfiawati riskaalfiawati@gmail.com <p><em>The study of deixis is a way to find out the meaning of a word, it must be clear and it is also known who, when, and where the word is said, thus deixis is an identification of a meaning contained in language and can be known when it is in context event or situation of the speaker. This study aims to analyze deixis in the place film in the dancer village (pragmatic analysis). The method used is descriptive qualitative. The data collection method used is note and observe. Based on the results of the learning process obtained person deixis such as; first person deixis (I, we, and us); second person deixis (you, you, and my brothers); third person deixis (they and he). Deixis of place, namely Dukuh Paruk Village, market, stall, cassava garden, room, rice warehouse, battalion headquarters, grave, living room, etc. Time deixis: Later, now, past, decades, and this morning.</em></p> 2023-12-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/952 KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 32 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023 2024-06-28T06:04:58+00:00 Rafika Tiara rafikatiara321@gmail.com Tri Riya Anggraini tri260211@gmail.com Hastuti hastutimpd@gmail.com <p>Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan siswa dalam menulis puisi. Hal tersebut disebabkan kurang minat siswa dalam mengikuti pembelajaran dan kurangnya kreativitas guru ketika proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 32 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2022/2023. adalah metode deskriptif kualitatif. Penggunaan metode ini bertujuan untuk mendeskripsikan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Bandar Lampung. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, model tes (dalam bentuk penugasan menulis teks puisi). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan tentang kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMPN 32 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023 dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa pada menulis puisi termasuk dalam kategori baik dengan nilai akhir atau nilai rata-rata 79,43. Kemudian dari setiap indikator penilaian yaitu, ketepatan isi, pilihan kata, dan kekuatan imaji. pada indikator ketepatan pilihan kata memperoleh nilai akhir atau nilai rata-rata sebesar 79,99 termasuk dalam kriteria kemampuan yang baik, kemudian nilai rata-rata yang diperoleh pada indikator penilaian kesesuaian dengan syarat puisi sebesar 78,32 dengan predikat kemampuan yang baik. Serta nilai akhir atau nilai rata-rata yang diperoleh pada indikator penilaian kesesuaian isi dengan jenis puisi adalah sebesar 79,99 yang termasuk dalam kategori kemampuan yang baik. Dari uraian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa siswa mampu menulis puisi, karena dari tiga indikator penilaian tersebut menunjukan nilai akhir dengan tingkat kemampuan yang baik.</p> 2023-12-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/953 KESANTUNAN BERBAHASA PADA PERCAKAPAN ORANG TUA DAN ANAK DALAM LINGKUNGAN KELUARGA 2024-07-08T03:27:14+00:00 Indah Puspita Rini Indahpuspitarini88@gmail.com Andri Wicaksono ctx.andrie@gmail.com Hastuti hastutimpd@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pematuhan prinsip kesantunan berbahasa pada percakapan orang tua dan anak dalam lingkungan keluarga dan pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa pada percakapan orang tua dan anak dalam lingkungan keluarga dalam berkomunikasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Setting penelitian dilakukan di Desa Purwodadi Dalam Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan. Teknik pengumpulan data berupa alat rekaman dilakukan dengan cara merekam suatu percakapan, kemudian rekaman tersebut diubah menjadi sebuah teks dan selanjutnya dianalisis. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan Teknik perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi sumber data dan teori. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kesantunan berbahasa pada percakapan orang tua dan anak dalam lingkungan keluarga dalam melakukan interaksi ditemukan sebanyak 30 tuturan yang menggunakan pematuhan prinsip kesantunan kesantunan yakni 8 maksim kebijaksanaan, 7 maksim kedermawanan, 6 maksim penghargaan, 5 maksim kesederhanaan, 2 maksim kesepakatan, dan 2 maksim kesimpatian. Pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa pada percakapan orang tua dan anak dalam lingkungan keluarga ditemukan sebanyak 13 tuturan yakni 2 maksim kebijaksanaan, 3 maksim kedermawanna, 4 maksim penghargaan, 2 maksim kesederhanaan, 1 maksim kesepakatan, dan 1 maksim kesimpatian.</p> 2023-12-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/954 NILAI MORAL DALAM MACAN: KUMPULAN CERPEN PILIHAN KOMPAS 2020 2024-07-08T03:30:42+00:00 Rizki Inayah rizkiinayah2108@gmail.com Surastina srastina@gmail.com Andri Wicaksono ctx.andrie@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai moral dan unsur intrinsik yang ada dalam <em>Macan: Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2020. </em>Penelitian ini menggunakan pendekatan&nbsp; kualtatif, suatu penelitian yang menghasilkan data dengan kalimat dan kata-kata. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik baca dan catat.&nbsp; Dengan membaca secara teliti, cermat, dan berulang-ulang keseluruhan isi cerpen yang dipilih. Kemudian penandaan dan mencatat bagian-bagian tertentu pada kumpulan cerpen pilihan kompas 2020 yang mengandung nilai moral lalu mendeskripsikan semua data-data yang diperoleh dari langkah-langkah tersebut, mencatat data-data deskripsi dari hasil membaca teliti dan cermat dan. menganalisis data-data yang diperoleh dari hasil pembacaan dalam <em>Macan: Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2020.</em> Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam <em>Macan: Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2020</em> terdapat unsur intrinsik berupa tema, alur, tokoh dan latar. Tema yang diangkat dari kumpulan cerpen tersebut juga sangat beragam mulai permasalahan sosial hingga agama. Alur yang terdapat dalam kumpulan cerpen cenderung menggunakan alur maju meski ada beberapa menggunakan alur mundur. Tokoh-tokoh yang ada juga beraneka macam wataknya. Secara keseluruhan cerpen tersebut memiliki latar tempat, waktu, dan latar sosial. Kemudian nilai moral yaitu nilai moral baik dan nilai moral buruk. Dari keseluruhan data diperoleh 27 data baik nilai moral baik maupun nilai moral buruk. Nilai moral baik dalam <em>Macan Cerpen Pilihan Kompas 2020 </em>&nbsp;memiliki 6 macam yaitu kesabaran, taat beribadah, penolong, rajn bekerja dan belajar, mampu mengendalikan diri, dan penyesalan. Adapun nilai moral buruk memiliki 3 macam yaitu&nbsp; intrik, konflik, dan bohong.</p> 2023-12-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/955 PENGGUNAAN KONJUNGSI DALAM TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 18 PESAWARAN 2024-07-08T03:44:58+00:00 Baeti Cahyaningtias baeticahyaningtias@gmail.com Fransisca S.O. Dedi fransisca_so_dedi@stkippgribl.ac.id Abdulloh abdullohaja@rocketmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan konjungsi dalam teks deskripsi siswa kelas VII di SMP Negeri 18 Pesawaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, karena data yang dianalisis dan hasil analisisnya berbentuk deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik penugasan yaitu siswa diminta untuk membuat teks deskripsi, kemudian tugas yang dibuat oleh siswa dianalisis untuk mengetahui penggunaan jenis konjungsi koordinatif, yang terdiri dari konjungsi koordinatif penggabungan, pemilihan, mempertentangkan atau mengontraskan, mengoreksi atau membetulkan, menegaskan, pembatasan, mengurutkan, menyamakan dan kesimpulan, sekaligus menganalisis ketepatan penggunaan konjungsi koordinatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam teks deskripsi siswa terdapat 143 data konjungsi koodinatif yang ditemukan. Penggunaan konjungsi koordinatif yang ditemukan dan dianalisis dalam teks deskripsi siswa diantaranya, konjungsi koordinatif penggabungan terdapat 123 data, dengan penggunaan yang tepat 81 data, dan yang tidak tepat 42 data. Konjungsi koordinatif mempertentangkan atau mengontraskan terdapat 4 data, dengan penggunaan konjungsi yang tepat 1 data, dan yang tidak tepat 3 data. Konjungsi koordinatif pembatasan terdapat 1 data dengan penggunaan yang tepat. Konjungsi koordinatif menyamakan terdapat 14 data, dengan penggunaan konjungsi yang tepat 10 data, dan yang tidak tepat 4 data. Konjungsi koordinatif kesimpulan terdapat 1 data dengan penggunaan konjungsi yang tepat. Penelitian ini dapat dijadikan pengetahuan mengenai penggunaan konjungsi dalam teks deskripsi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah.</p> 2023-12-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/956 KESANTUNAN BERBAHASA PADA CHANNEL YOUTUBE 7 COMEDY DALAM ACARA LAPOR PAK EDISI CAK LONTONG DITUDUH JADI JOKI SKRIPS 2024-07-08T03:50:00+00:00 Anita Yulianda Anitayulianda77@gmail.com Surastina srastina@gmail.com Riska Alfiawati riskaalfiawati@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau melihat tingkat kesantunan berbahasa didalam social media terutama youtube dalam acara gelar wicara komedi lapor pak edisi “Cak Lontong dituduh jadi joki skripsi“. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan 16 data temuan yang diambil dari tuturan-tuturan atau dialog didalam video acara lapor pak yang tayang di <em>channel youtube 7 comedy</em>. Data dalam penelitian ini berupa kata, kalimat dalam bentuk ungkapan, dan dialog antar pengisi acara yang menampilkan adanya pelanggaran dan pematuhan maksim kesantunan berbahasa yang menjadi fokus penelitian ini. Sumber data dalam penelitian ini adalah video acara lapor pak yang ditayangkan oleh <em>channel youtube 7 commedy</em>. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Teknik simak bebas libat cakap, dengan uji kebasahan data menggunakan meningkatkan ketekunan. Berdasarkan analisis penelitian ini menghasilkaan bahwa tingkat kesantunan dalam sosial media terlebih dalam acara komedi sangatlah rendah. Didapati tuturan yang melanggar dari maksim-maksim kesantunan berbahasa.</p> 2023-12-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/957 ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA PADA KORAN RADAR LAMPUNG EDISI 20 JULI 2022 – 19 AGUSTUS 2022 2024-07-08T04:09:26+00:00 Siti Nurhimah Maspupah sitinurhimahn@gmail.com Tri Riya Angraini tri260211@gmail.com Frieska Maryova R yova041188@gmail.com <p>Permasalahan dalam skripsi ini berkenaan dengan kesalahan penggunaan tanda baca pada Koran Radar Lampung Edisi 20 Juli 2022 – 19 Agustus 2022. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan penggunaan tanda baca &nbsp;pada Koran Radar Lampung Edisi 20 Juli 2022- 19 Agustus 2022, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Teknik dokumen. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan koran. Penelitian ini dilakukan dengan membaca koran Radar Lampung dengan teliti, Menandai tanda baca yang salah yang terdapat dalam koran, Mengelompokan kesalahan-kesalahan tanda baca yang sudah ditandai yang terdapat dalam koran, kemudian peneliti menyimpulkan data yang sesuai dengan ejaan, dan menganalisis data yang telah dikumpulkan untuk mengetahui kesalahan tanda baca yang terdapat dalam koran tersebut. Hasil analisis kesalahan penggunaan tanda baca pada koran Radar Lampung Edisi 20 Juli 2022 – 19 Juli 2022 ditemukan 188 kesalahan yang terdiri atas 104 kesalahan penggunaan tanda baca titik, 35 kesalahan penggunaan tanda baca tanda hubung, serta 49 kesalahan penggunaan tanda baca tanda garis miring pada koran Radar Lampung Edisi 20 Juli 2022 – 19 Agustus 2022.</p> 2023-12-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/958 PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MEDIA FOTO PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 32 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023 2024-07-08T07:44:24+00:00 Ahadan Iqbal ahadaniqbal01@gmail.com Tri Riya Anggraini tri260211@gmail.com Hastuti hastutimpd@gmail.com <p>Permasalahan pada penelitian ini yaitu, Siswa belum mampu mencapai tujuan pembelajaran menulis berita. peserta didik yang menyatakan bahwa masih mengalami kesulitan untuk menyusun teks yang sesuai dengan isi, tema yang dipilih, menuangkan ide ke dalam bentuk tulisan, menyusun paragraf yang runtut dan padu, memilih dan menggunakan kata yang tepat, menyusun kalimat efektif dan menggunakan ejaan yang tepat. Penelitian ini berupaya meningkatkan kemampuan menulis teks berita menggunakan media foto pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 32 Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 32 Bandar Lampung. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu, lembar pengamatan, lembar tes siswa dan dokumentasi. Setelah melakukan penelitian, terdapat peningkatan terhadap kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan media foto siswa kelas VIII SMP Negeri 32Bandar Lampung. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I nilai rata- rata yang diperoleh yaitu 72,61%. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 86,66%. Dengan demikian dapat dilihat adanya perubahan nilai yang diperoleh siswa menjadi lebih baik dalam pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan media foto dapat membantu keberhasilan proses pembelajaran menjadi lebih baik. Demikian juga dengan hasil lembar observasi aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II ada perubahan yaitu dari kategori cukup menjadi baik.</p> 2023-12-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/959 KESALAHAN PENGGUNAAN KONJUNGSI DALAM SURAT KABAR ONLINE LAMPUNG POST EDISI JANUARI 2023 2024-07-23T04:06:42+00:00 Muhammad Nur Romadhan mnurramdhan133@gmail.com Andri Wicaksono ctx.andrie@gmail.com Hastuti hastutimpd@gmail.com <p>Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini berkaitan dengan. Kesalahan Penggunaan Konjungsi Dalam Surat Kabar <em>Online </em>Lampung Post Edisi Januari 2023. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Artinya penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk memahami kesalahan penggunaan konjungsi atau kata hubung yang dialami oleh subjek penelitian dalam meneliti Kesalahan Penggunaan Konjungsi Dalam Surat Kabar <em>Online </em>Lampung Post Edisi Januari 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Surat Kabar Lampung Post Edisi Januari 2023 terdapat banyak kesalahan dalam penggunaan kata hubung atau konjungsi yang tidak tepat. Fokus penelitian yang dilakukan oleh peneliti berfokus pada kesalahan kata hubung atau konjungsi Suboordinasi dan konjungsi Koordinasi. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, terdapat beberapa kesalahan penggunaan kata hubung atau konjungsi Subordinasi dan Koordinasi, yang telah diklasifikasikan berdasarkan kelas kata hubungnya. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dirinci pengkalsifikasian data sebagai berikut: Kesalahan Penggunaan Konjungsi Suboordinasi Pada Surat Kabar Lampung Post Edisi Januari 2023 yaitu sebanyak 6 dengan rincian yaitu: a) Bahwa berjumlah : 2, b) Untuk: 2, c) Saat: 1, d) Sebab: 2. Sedangkan Kesalahan Penggunaan Konjungsi Koordinasi Pada Surat Kabar Lampung Post edisi Januari 2023 sebanyak 3 dengan rincian yaitu: a) Dan: 3.</p> 2023-12-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/960 ANALISIS KESALAHAN UNSUR KEBAHASAAN DALAM PORTAL BERITA TRIBUNNEWS.COM 2024-07-23T04:14:19+00:00 Ismail 04muhammadismail@gmail.com Fransisca S.O. Dedi fransisca_so_dedi@stkippgribl.ac.id Frieska Maryova R yova041188@gmail.com <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan bahasa jurnalistik pada berita utama dalam surat kabar Tribunnews (online). Dalam penulisan sebuah surat kabar pasti terdapat beberapa penggunaan bahasa jurnalistik dalam sebuah berita. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi tentang penggunaan bahasa jurnalistik pada pada surat kabar Tribunnews yang dimuat secara online. Penelitian dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik baca tulis penulis gunakan untuk membaca berita yang dikumpulkan sebagai langkah awal mengidentifikasi saat penelitian berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada berita di portal berita Tribunnews.com yang terbit pada bulan Mei-Juni 2023, ternyata masih banyak terdapat kesalahan-kesalahan berbahasa dari bahasa jurnalistik antara lain adalah : (1) sederhana sebanyak 15 kesalahan, (2) singkat sebanyak 15 kesalahan, (3) padat sebanyak 15 kesalahan, (4) lugas sebanyak 3 kesalahan, (5) jelas sebanyak 15 kesalahan, (6) gramatikal sebanyak 15 kesalahan, dan (7) pilihan kata (diksi) yang tepat sebanyak 8 kesalahan.</p> 2023-12-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/961 PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023 2024-07-23T04:43:50+00:00 Mega Febrianti megafebrianti288@gmail.com Andri Wicaksono ctx.andrie@gmail.com Nani Angraini anggraininani767@gmail.com <p>Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar menganalisis struktur teks persuasi dengan menggunakan model pembelajaran <em>Problem based introduction</em> pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 17 Pesawaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 17 Pesawaran. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII E yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat kompetensi setiap siklusnya, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kalaboratif antara peneliti dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup penyajian data, dan penarikan kesimpulan indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila aktivitas dan hasil&nbsp; belajar siswa mencapai 80%. Setelah penelitian dilaksanakan dengan menerapkan model pembelajaran <em>problem based introduction</em>, hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia materi menganalisis struktur teks persuasi. 1) Pada siklus I dimana persentase aktivitas guru sebesar 63,64% kemudian meningkat pada siklus II sebesar 86,36%, 2) pada siklus I dimana persentase aktivitas belajar siswa sebesar 65,25% kemudian meningkat pada siklus II sebesar 87,5% dan 3) perolehan ketuntasan belajar siswa pada siklus I yang mencapai mencapai 69,05% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 84%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran <em>Problem based introduction</em> dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menganalisis struktur teks persuasi pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 17 Pesawaran tahun pelajaran 2022/2023.</p> 2023-12-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/962 Analisis Kesantunan Berbahasa Pada Anak Usia Dini di Paud Asyifah 2024-07-23T04:47:59+00:00 Anisa Maharani anisamaharani565@gmail.com Tri Riya Angraini tri260211@gmail.com Dian Permanasari permanasaridianazka@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesantunan berbahasa pada Anak Usia Dini di Paud asyifa Penelitian meggunakan metode deskriptif. Pada penelitian ini sumber data yang digunakan untuk melakukan penelitian mengenai pemerolehan bahasa anak usia 3-4 tahun. Pada penelitian ini analisis data yang digunakan yaitu model analisis interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penlitian yaitu tuturan pematuhan prinsip kesantunan berbahasa yang dilakukan oleh anak-anak usia dini di Paud Asyifah dibagi menjadi beberapa maksim yakni maksim kebijaksanaan, maksim kedermawaan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim permufakatan, dan maksim kesimpatian. Dari beberapa maksim yang telah dijabarkan, terdapat maksim yang sering muncul dalam percakapan anak yaitu maksim kedermawaan dan maksim kesimpatian. Pada maksim kedermawaan indikator yang paling banyak digunakan adalah mau mengantri atau bergiliran ketika melakukan permainan. Sedangkan pada maksim kesimpatian indikator yang paling banyak muncul atau digunakan oleh anak adalah indikator memberikan dukungan kepada temannya.</p> 2023-12-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/963 GAYA BAHASA DALAM NOVEL “DIA ADALAH KAKAKKU” KARYA TERE LIYE 2024-07-23T07:08:05+00:00 Nur Cahya Fajar Yanti nurcahyafajaryanti01@gmail.com Fransisca S.O. Dedi fransisca_so_dedi@stkippgribl.ac.id Abdulloh abdullohaja@rocketmail.com <p>Permasalahan pada penelitian ini adalah apasaja gaya bahasa yang digunakan dalam novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan gaya bahasa dalam novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan cara mendeskripsikan objek lalu menganalisis dan menafsirkan data. Sumber data penelitian adalah novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye, sedangkan data penelitiannya berupa kutipan yang diambil dari novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye. Teknik analisis data dilakukan dengan berbagai cara yaitu membaca sekilas, membaca keseluruhan, mengamati, mendeskripsikan dan menentukan bagian-bagian yang mengandung gaya bahasa dalam novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye. Hasil temuan penelitian gaya bahasa dalam novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye terdapat 112 data dalam 7 jenis gaya bahasa. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa dalam novel Dia Adalah Kakakku Karya Tere Liye digunakan beberapa gaya bahasa. Gaya bahasa tersebut yaitu: (a) gaya bahasa perbandingan meliputi gaya bahasa asosiasi yang berjumlah: 23, gaya bahasa personifikasi yang berjumlah: 12, gaya bahasa simile yang berjumlah: 22, (b) gaya bahasa pertentangan meliputi gaya bahasa hiperbolah yang berjumlah: 32, (c) gaya bahasa sindiran meliputi gaya bahasa sinisme yang berjumlah: 7, gaya bahasa sarkasme yang berjumlah: 13, dan gaya bahasa ironi yang berjumlah: 3. Adapun seluruh jumlah gaya bahasa yang terdapat dalam novel Dia Adalah Kakakku Karya Tere Liye adalah 112. Gaya bahasa yang dipakai dalam novel Dia Adalah Kakakku Karya Tere Liye sangat sesuai dalam perangkaiannya. Penggunaan kalimat serta klausa yang indah membuat novel ini indah untuk dibaca dan dipelajari secara khusus tentang nilai kesastraannya.</p> 2023-12-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/964 GAYA BAHASA DALAM NOVEL LAUT BERCERITA KARYA LEILA SALIKHA CHUDORI 2024-07-23T08:17:19+00:00 Ni’mahtul Fauziyyah nimahfauziyyah797@gmail.com Andri Wicaksono ctx.andrie@gmail.com Dian Permanasarip permanasaridianazka@gmail.com <p>Permasalahan pada penelitian ini adalah apasaja gaya bahasa yang digunakan dalam novel <em>Laut Bercerita</em> karya Leila Salikha Chudori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan gaya bahasa dalam novel novel <em>Laut Bercerita</em> karya Leila Salikha Chudori. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan cara mendeskripsikan objek lalu menganalisis dan menafsirkan data. Sumber data penelitian adalah novel <em>Laut Bercerita</em> karya Leila Salikha Chudori, sedangkan data penelitiannya berupa kutipan yang diambil dari novel <em>Laut Bercerita</em> karya Leila Salikha Chudori. Teknik analisis data dilakukan dengan berbagai cara yaitu membaca sekilas, membaca keseluruhan, mengamati, mendeskripsikan dan menentukan bagian-bagian yang mengandung gaya bahasa dalam novel <em>Laut Bercerita</em> karya Leila Salikha Chudori. Hasil temuan penelitian gaya bahasa dalam novel <em>Laut Bercerita</em> karya Leila Salikha Chudori terdapat 61 data dalam 5 jenis gaya bahasa. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa dalam novel <em>Laut Bercerita</em> karya Leila Salikha Chudori digunakan beberapa gaya bahasa. Gaya bahasa tersebut yaitu: (a) gaya bahasa perbandingan meliputi gaya bahasa asosiasi yang berjumlah: 5, gaya bahasa personifikasi yang berjumlah: 12, gaya bahasa simile yang berjumlah: 7, (b) gaya bahasa pertentangan meliputi gaya bahasa hiperbolah yang berjumlah: 12, (c) gaya bahasa sindiran meliputi gaya bahasa sarkasme yang berjumlah: 4. Adapun seluruh jumlah gaya bahasa yang terdapat dalam novel <em>Laut Bercerita</em> karya Leila Salikha Chudori&nbsp; adalah 61. Gaya bahasa yang dipakai dalam novel <em>Laut Bercerita</em> karya Leila Salikha Chudori sangat sesuai dalam perangkaiannya. Penggunaan kalimat serta klausa yang indah membuat novel ini indah untuk dibaca dan dipelajari secara khusus tentang nilai kesastraannya.</p> 2023-12-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024