http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/issue/feed Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023-09-08T03:13:42+00:00 Open Journal Systems <p>Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Bandar Lampung merupakan kumpulan artikel yang berisi hasil penelitian tugas akhir atau skripsi mahasiswa S1 pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, STKIP PGRI Bandar Lampung. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia diterbitkan oleh LPPM STKIP PGRI Bandar Lampung dengan melalui tahap editing dan review dari reviewer internal perguruan tinggi, lebih khusus lagi oleh dosen-dosen di lingkup program studi.</p> http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/647 KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BELAJAR DI ALAM PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 38 BANDAR LAMPUNG 2023-08-09T03:33:11+00:00 Delia Ajeng Kartini deliaajengk27@gmail.com Dian Permanasari permanasaridianazka@gmail.com Fransisca S.O. Dedi fransisca_so_dedi@stkippgribl.ac.id <p>Permasalahan dalam penelitian ini berkenaan dengan kemampuan menulis puisi pada puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan menulis puisi berdasarkan aspek penilaian dengan menggunakan metode belajar di alam pada siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Bandar Lampung. Metode penelitian menggunakan deskripsi kualitatif. Subjek penelitian ini siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 38 Bandar Lampung. Teknik penggumpulan data menggunakan teknik penugasan. Analisis menggunakan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi dengan menggunakan metode belajar di alam pada siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Bandar Lampung semua siswa mampu menulis puisi. Dari aspek penilaian dalam menentukan judul berdasarkan tema beberapa siswa masih kuarang, penggunaan gaya bahasa lebih banyak menggunakan gaya bahasa perbandingan, dan semua siswa menggunakan diksi yang tepat sesuai tema puisi. Secara keseluruhan siswa mampu menulis puisi dengan menngunakan metode belajar di alam.</p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/648 KEMAMPUAN ANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN “ASAP-ASAP ITU TELAH MENGHILANG" KARYA RIZQI TURAMA SISWA KELAS XI SMA TUNAS BANGSA 2023-08-09T03:43:01+00:00 Devi Yulianawati deviyw01@gmail.com Sudarmaji sudarmajiastri21@gmail.com Rohana rohanaana566@gmail.com <p>Sastra merupakan seni kreatif kehidupan yang menggambarkan dan membahas kehidupan dari berbagai macam sisi kehidupan manusia yang dimana sastra diperkaya untuk meningkatkan rasa kemanusiaan dan kepedulian sosial, apresiasi budaya dan penyaluran gagasan, imajinasi dan ekspetasi secara kreatif. Cerpen memiliki unsur intrinsik, yang terdiri dari tema, alur, latar tokoh dan penokohan, sudut pandang, dan amanat. Dalam hal ini, siswa melakukan analisis karakter tokoh yang merupakan bagian dari unsur intrinsik cerpen. Karakter disebut juga sebagai tokoh/penokohan. Tokoh adalah orang yang memegang peran cerita. Keberhasilan sebuah cerita bergantung pada pemeran tokoh pada cerita tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam mengenalisis unsur intrinsik terkait karakter tokoh dalam cerpen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sumber penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah hasil kerja siswa dalam bentuk analisis terhadap cerpen dalam menganalisis unsur intrinsik terkait karakter tokoh. Hasil dari data 20 siswa hanya 15 siswa yang memiliki kemampuan dalam menganalisis sesuai dengan data temuan dan kutipan sedangkan terdapat 5 siswa yang tidak mampu memberi data kutipan yang termasuk dengan karakter tokoh, sehingga kendala dalam penelitian ini keterbatasan pemahaman siswa dalam memahami bahasa kiasan yang disajikan penulis dan adanya kesulitan pemahaman alur cerita yang menyebabkan siswa kesulitan menganalisis karakter. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini siswa tergolong mampu dalam menganalisis karakter tokoh dalam cerpen.</p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/649 KEMAMPUAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI PADA SISWA KELAS XI IIS 4 SEMESTER GENAP SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023 2023-08-09T04:40:33+00:00 Endah Nirmala endahe678@gmail.com Wayan Satria Jaya wayan.satria@stkippgribl.ac.id Hastuti hastutimpd@gmail.com <p>Permasalahan dalam skripsi ini berkenan dengan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi pada siswa kelas XI IIS 4 SMA Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis cerpen berdasakan pengalaman pribadi dan mengetahui dan mendeskripsikan pengembangan usur instrinsik dalam menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi pada siswa kelas XI IIS 4 SMA Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS 4 SMA Negeri 4 &nbsp;Bandar Lampung 2022/2023 yang berjumlah 25 orang dalam kelas XI IIS 4. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik penugasan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi, analisis menggunakan kualitatif. Berdasarkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi masuk ke dalam kategori cukup mampu, maka kemampuan siswa menunjukkan dalam kategori baik dari sekian banyak siswa di dalam kelas yang diberikan tugas menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi. hal ini disebabkan beberapa siswa yang mampu menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi. Sudah mampu dalam kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dan mengembangkan unsur intrinsik dalam menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi, hanya beberapa siswa yang dinilai belum mampu dalam mengembangkan unsur intensik dalam menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi.</p> <p>&nbsp;</p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/650 NILAI EDUKATIF DAN SOSIAL DALAM NOVEL AYAH KARYA ANDREA HIRATA 2023-08-09T05:56:58+00:00 Deta Jayanti detajayanti36@gmail.com Fransisca S.O. Dedi fransisca_so_dedi@stkippgribl.ac.id Andri Wicaksono ctx.andrie@gmail.com <p>terdapat pada novel <em>Ayah. </em>Metode penelitian yang digunakan dalam mengkaji novel <em>Ayah</em> karya Andrea Hirata adalah metode kualitatif deskriftif. Objek penelitian ini adalah nilai-nilai edukatif dalam novel <em>Ayah </em>karya Andrea Hirata yang diterbitkan bentang bustaka pada tahun 2015. Teknik analisis data menggunakan <em>data reduction</em> (reduksi data), <em>data display</em>&nbsp; (penyajian data), <em>conclusion drawing/vervication</em> (penarikan kesimpulan). Hasil analisis data terhadap novel <em>Ayah</em> karya Andrea Hirata dapat disimpulkan bahwa nilai edukatif yang terdapat dalam novel tersebut antaralain:1).Nilai religus,&nbsp; 2).Nilai moral,&nbsp; 3).Nilai budaya,&nbsp; 4). Nilai sosial dan wujud nilai sosial antara lain: pengabdian, tolong menolong, kekeluargaan, kesetian, kepedulian, tanggung jawab, displin, empati, dan kerja sama. Hasil penelitian menujukan novel <em>Ayah</em> karya Andrea Hirata tersebut banyak mengandung nilai-nilaiedukatif dan wujud nilai sosial.Dari hasil penelitian nilai-nilai edukatif 1).Nilai religius terdapat sebanyak 6, 2). Nilai moral terdapat sebanyak 2, 3).Nilai budaya terdapat sebanyak 1, 4).Nilai sosial terdapat sebanyak 5 dan Wujud nilai sosial antara lain: 1). Pengabdian terdapat sebanyak 10, 2). Tolong menolong terdapat sebanyak 5, 3). Kekeluargaan terdapat sebanyak 9, 4). Kesetian terdapat sebanyak&nbsp; 10, 5). Kepedulian terdapat sebanyak 5, 6). Tanggung jawab terdapat sebanyak 2, 7). Empati terdapat sebanyak 4, 8).kerja sama terdapat sebanyak 3, 9).displin terdapat sebanyak 7.</p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/651 KETIDAKADILAN GENDER PADA TOKOH PEREMPUAN DALAM NOVEL PEREMPUAN YANG MENANGIS KEPADA BULAN HITAM KARYA DIAN PURNOMO (KAJIAN FEMINISME) 2023-08-09T06:05:34+00:00 Andini Sekar Ayu Andinisekar03@gmail.com Wayan Satria Jaya wayan.satria@stkippgribl.ac.id Riska Alfiawati Riskaalfiawati@gmail.com <p>Penelitian ketidakadilan gender dalam novel <em>Perempuan Yang Menangis Kepada Bulan Hitam </em>karya Dian Purnomo ini mengkaji tentang ketidakadilan gender terhadap perempuan dalam novel. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memperoleh gambaran mengenai bentuk ketidakadilan gender pada tokoh perempuan dalam novel <em>Perempuan Yang Menangis Kepada Bulan Hitam </em>karya Dian Purnomo<em>. </em>Dalam melakukan penelitian ini digunakan teori feminisme untuk mengkaji ketidakadilan gender pada tokoh perempuan dalam novel tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah bentuk ketidakadilan gender yang ada di dalam novel <em>perempuan yang menangis kepada bulan hitam </em>karya Dian Purnomo yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2020. Penelitian ini di harapkan dapat memberi pemahaman dan informasi mengenai karya sastra indonesia, terutama dalam bidang penelitian novel yang memanfaatkan teori feminisme dan konsep gender. Hasil penelitian in menunjukan gambaran ketidakadilan gender yang dialami oleh tokoh perempuan yang ada dalam novel <em>Perempuan Yang Menangis Kepada Bulan Hitam, </em>dalam penelitian ini ada lima bentuk ketidakadilan gender yaitu: (1) Marginalisasi terhadap perempuan (2) Subordinasi terhadap perempuan (3) Streotipe terhadap perempuan (4) Kekerasan terhadap perempuan (5) Beban kerja terhadap perempuan.</p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/652 PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS X SMK YADIKA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023 2023-08-10T03:15:22+00:00 Muhamat Taufik muhamattaufik2122@gmail.com Tri Riya Tri Riya Anggraini tri260211@gmail.com Frieska Maryova R yova041188@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks negosiasi dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas X SMK Yadika Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Yadika Bandar Lampung yang terdiri dari 18 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data yang didapatkan dari lembar pengamatan serta lembar tes siswa dan dokumentasi yang diambil dari peneliti. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada tiap siklusnya, yakni pada siklus I berkategori pasif menjadi aktif pada siklus ke II, sedangkan untuk kemampuan menulis teks negosiasi siswa terlihat dari hasil tes mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hasil rata-rata nilai siswa menulis teks negosiasi pada siklus I yaitu 75,55 dengan kategori cukup, dan hasil nilai rata-rata siswa menulis teks negosiasi pada siklus II yaitu 91,10, dengan kategori baik sekali. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X SMK Yadika Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023.</p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/654 LOKUSI DAN ILOKUSI DALAM NOVEL LAYANGAN PUTUS KARYA MOMMY ASF 2023-08-10T03:38:55+00:00 Dewi Lestari dewiilestarii670@gmail.com Wayan Satria Jaya wayan.satria@stkippgribl.ac.id Rohana rohanaana566@gmail.com <p>Penelitian lokusi dan ilokusi dalam novel <em>layangan putus </em>karya Mommy ASF ini mengkaji tentang tindak tutur lokusi dan ilokusi dalam novel. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk tindak tutur yaitu, mengetahui dan mendeskripsikan tindak tutur lokusi dan ilokusi dalam novel <em>layangan putus</em> karya Mommy ASF. Dalam penelitian ini digunakan teori tindak tutur untuk mengkaji lokusi dan ilokusi dalam novel tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah lokusi dan ilokusi dalam novel <em>layangan putus </em>karya Mommy ASF yang diterbitkan RDM Publishers pada tahun 2020. Teknik analisis data menggunakan langkah menelaah/menganalisis, mendeskripsikan, membahas, dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan novel <em>layangan putus</em> karya Mommy ASF tersebut banyak mengandung tindak tutur Lokusi dan Ilokusi. Di antaranya ada tiga jenis bentuk tindak tutur lokusi yang ditemukan yang terdiri dari lokusi deklaratif (pernyataan) dengan jumlah data yang diteliti berjumlah (8) data, lokusi interogatif (pertanyaan) dengan jumlah data yang diteliti berjumlah (15) data, dan lokusi imperatif (perintah) dengan jumlah data yang diteliti berjumlah (1) data. Dan tindak tutur Ilokusi di antaranya ada empat jenis bentuk tindak tutur ilokusi yang ditemukan yang terdiri dari ilokusi asertif dengan jumlah data yang diteliti berjumlah (5) data, ilokusi direktif dengan jumlah data yang diteliti berjumlah (7) data, ilokusi komisif dengan jumlah data yang diteliti berjumlah (3) data, dan ilokusi ekspresif dengan jumlah data yang diteliti berjumlah (12) data.</p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/656 NILAI-NILAI PENDIDIKAN SOSIAL DALAM NOVEL HARGA SEBUAH PERCAYA KARYA TERE LIYE 2023-08-10T03:45:48+00:00 Febrianti anti240201@gmail.com Fransisca S.O. Dedi fransisca_so_dedi@stkippgribl.ac.id Rohana rohanaana566@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan sosial yang terkandung dalam novel <em>Harga Sebuah Percaya </em>karya Tere Liye. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif artinya data yang diperoleh, dianalisis, dan diuraikan menggunakan kata-kata maupun kalimat bukan dalam bentuk angka-angka atau menggunakan perhitungan. Metode pengumpulan data menggunakan metode telaah isi. Instrumen pengumpulan data menggunakan dokumen. Analisis data menggunakan teknik analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Keabsahan data menggunakan teknik meningkatkan ketekunan. Berdasarkan hasil analisis data, maka penelitian ini menunjukkan bahwa novel <em>Harga Sebuah Percaya </em>memiliki delapan nilai-nilai pendidikan sosial yaitu nilai toleransi/saling menghargai, nilai kasih sayang, nilai kekeluargaan/kebersamaan, nilai tolong menolong antarteman, nilai bekerjasama, nilai sabar, nilai empati, dan nilai kepatuhan.</p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/657 KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG 2023-08-10T04:01:38+00:00 I Komang Tegar Swastirta komangtegar31@gmail.com Andri Wicaksono ctx.andrie@gmail.com Hastuti hastutimpd@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kemampuan Menulis Cerpen Pada Siswa kelas XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, data yang dihasilkan akan dinilai menggunakan kalimat. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik penugasan yaitu siswa diminta untuk membuat cerpen dengan mengutamakan unsur intrinsik dalam cerpen, kemudian tugas yang dibuat oleh siswa dianalisis untuk mengukur kemampuan siswa dari aspek tema, latar, alur atau jalannya cerita, sudut pandang dan penokohan serta amanat. Setelah itu data yang telah diperoleh dikoreksi kemudian dinilai berdasarkan kategori yang telah ditentukan ditinjau dari instumen penilian. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Kemampuan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung dalam kategori cukup karena masih banyak terdapat beberapa kesalahan penulisan pada aspek tema,latar, alur atau jalannya cerita, sudut pandang dan penokohan serta amanat. Siswa perlu motivasi dan materi mengenai kebahasaan dalam pembelajaran menulis sastra terutama dalam menulis cerpen sehingga cerpen yang ditulis oleh siswa dapat tersusun secara sistematis. Penelitian ini dapat dijadikan tolak ukur kemampuan siswa dalam menulis cerpen dalam pembelajaran bahasa Indonesia disekolah.</p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/658 MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING EXTENDING) SISWA KELAS XII IIS 3 SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023 2023-08-10T04:40:59+00:00 Armalia Sari armalia2905@gmail.com Sudarmaji sudarmajiastri21@gmail.com Nani Angraini anggraininani767@gmail.com <p>Menulis adalah suatu kegiatan yang aktif dan produktif serta memerlukan cara berfikir yang teratur dan diungkapkan dalam bahasa tulis. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks berita menggunakan model <em>Core </em>siswa kelas XII IIS 3 SMA Negeri 4 Bandar Lampung Setelah menggunakan model <em>Core</em> dalam pembelajaran menulis berita pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sebelumnya dilakukan tindakan prasiklus atau observasi awal digunakan untuk mengetahui kondisi peserta didik diawal. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Lalu metode pemgumpulan data yang digunakan yaitu observasi, model tes dalam bentuk penugasan menulis teks berita. Data dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan aktifitas belajar siswa, yakni pada siklus I berkategori baik menjadi sangat baik. Hasil penelitian siswa siklus I mecapai 72,61 dan mengalami peningkatan menjadi 86,66 pada siklus ke II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran CORE <em>(Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) </em>dapat meningkatkan proses dan hasil belajar menulis teks berita siswa kelas XII IIS 3 Semester genap SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023.</p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/659 KAJIAN GAYA BAHASA DALAM NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SEKOLAH 2023-08-10T05:43:56+00:00 Mega Choirunnisa megachoirunnisa12@gmail.com Andri Wicaksono ctx.andrie@gmail.com Abdulloh abdullohaja@rocketmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa yang ada dalam novel <em>Guru Aini</em> karya Andrea Hirata dan relevansinya sebagai bahan ajar sastra di sekolah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, suatu penelitian yang menghasilkan data dengan kalimat dan kata-kata. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, yaitu novel dijadikan bahan kajian kemudian mengumpulkan data menggunakan teknik menggali. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam novel <em>Guru Aini</em> karya Andrea Hirata terdapat 90 data gaya bahasa yang ditemukan dan dianalisis serta novel ini dapat dijadikan relevansi sebagai bahan ajar sastra di sekolah. Gaya bahasa yang ditemukan dan dianalisis dalam novel tersebut diantaranya, gaya bahasa perbandingan terdapat 19 data gaya bahasa hiperbola, 6 data gaya bahasa metaafora, 11 data gaya bahasa personifikasi, 5 data gaya bahasa perumpamaan/simile, dan 7 data gaya bahasa alegori. Pada gaya&nbsp; bahasa sindiran terdapat 6 data gaya bahasa sinisme, 11 data gaya bahasa ironi, dan 7 gaya bahasa sarkasme. Pada gaya bahasa pertentangan terdapat 3 data gaya bahasa paradoks dan 5 data gaya bahasa antitesis. Pada gaya bahasa penegasan terdapat 4 data gaya bahasa paralelisme dan 6 data gaya bahasa klimaks. Penelitian ini dapat dijadikan bahan ajar sastra di sekolah khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia tingkat SMA kelas XII pada semester I (Ganjil) karena ada keterkaitannya antara pembahasan karya sastra novel yang terdapat pada kurikulum, yaitu kompetensi dasar (KD) 3.9 yaitu “meganalisis isi dan kebahasaan novel” dengan indikator mengidentifikasi unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik novel.</p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/661 ANALISIS NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL CAHAYA DI BAWAH CAHAYA KARYA HELVY TIANA ROSA, BENNY ARNAS, DAN ASMA NADIA 2023-08-28T03:17:01+00:00 Yenny Mourenza Putri putriyenny56@gmail.com Surastina srastina@gmail.com Hastuti hastutimpd@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mencari, mendeskripsikan, dan mengidentifikasi nilai-nilai religius pada novel Cahaya di Bawah Cahaya karya Helvy Tiana Rosa, Benny Arnas, dan Asma Nadia.&nbsp; Melalui pemahaman&nbsp; terhadap nilai-nilai&nbsp; religius&nbsp; yang terdapat dalam&nbsp; sebuah novel, khususnya novel Cahaya di Bawah Cahaya, diharapkan&nbsp; pembaca (bangsa Indonesia) yang saat ini sedang mengalami krisis moral, krisis kepercayaan&nbsp; dan kepribadian, serta krisis&nbsp; jati diri dapat kembali ke jalan yang benar yang diridhai oleh Allah SWT. Untuk mencapai hal tersebut peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan isi, yaitu dengan melakukan analisis terhadap data yang berupa kalimat, paragraf, atau dialog yang mengandung nilai religius.&nbsp; Mengingat data yang dianalisis berupa kalimat, paragraf, atau dialog dan bersifat kualitatif, maka dalam melakukan analisa data dan untuk menarik kesimpulan akhir, peneliti tidak menggunakan rumus-rumus statistik dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan&nbsp; bahwa nilai religius&nbsp; yang terdapat dalam&nbsp; novel Cahaya di Bawah Cahaya karya Helvy Tiana Rosa, Benny Arnas, dan Asma Nadia mengundang banyak religius. Di dalam novel ini hanya dicantumkan sebagian kutipsn, yakni terdapat 10&nbsp; kutipan&nbsp; yang mengandung nilai religius Penyerahan diri, tunduk dan taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, 5 Kehidupan yang penuh kemuliaan<strong>, 7</strong> Perasaan batin yang ada hubungannya dengan rasa berdosa, 8 Perasaan batin yang ada hubungannya dengan rasa takut.&nbsp; Nilai religius yang terdapat&nbsp; dalam novel Cahaya di bawah Cahaya tersebut dapat dimanfaatkan&nbsp; oleh guru dan siswa&nbsp; dalam pembelajaran sastra,&nbsp; yaitu dengan memahami&nbsp; dan mempelajari&nbsp; nilai religius yang ada dalam novel&nbsp; tersebut para siswa (pembaca) akan menjadi lebih dewasa, lebih arif, dan&nbsp; lebih bijaksana, serta dapat&nbsp; mengerti sekaligus memahami makna cinta&nbsp; kepada Allah dan Rasul-Nya&nbsp; dalam rangka&nbsp; mendekatkan diri&nbsp; kepada Yang Maha Pencipta.</p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/662 ANALISIS CITRA WANITA DALAM NOVEL YUNI KARYA ADE UBAIDIL 2023-08-28T04:28:20+00:00 Ami Namira Nur aminamiranur08@gmail.com Surastina srastina@gmail.com Hastuti hastutimpd@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan adanya citra wanita yang meliputi: citraan wanita untuk memperoleh hak untuk belajar, citraan wanita memperoleh kasih sayang, citraan wanita memperoleh hak berpendapat, dan citraan wanita mendapat dukungan dari suami terdapat dalam novel <em>Yuni </em>karya Ade Ubaidil. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-analitis, artinya data terurai dalam bentuk kata-kata, bukan dalam bentuk angka. Oleh karena itu dalam penelitian ini penulis berupaya mengemukakan pandangan, membuat kesimpulan, dan memberikan rumusan-rumusan yang diarahkan kepada pemerkayaan hasil kajian lewat kata-kata melalui berbagai kutipan berupa kata, kalimat, paragraf maupun dialog yang mengandung citraan di dalam novel <em>Yuni </em>karya Ade Ubaidil. Hasil penelitian menujukkan bahwa novel yang diteliti mengandung pesan moral dari sang pengarang, yakni tentang kisah berdasarkan di dalam karakteristik pada novel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citraan wanita yang terdapat dalam novel <em>Yuni </em>karya Ade Ubaidil. dapat dilihat dari citraan wanita untuk memperoleh hak untuk belajar, citraan wanita memperoleh kasih sayang, citraan wanita memperoleh hak berpendapat, dan citraan wanita mendapat dukungan dari suami.</p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/663 PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 32 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023 2023-08-28T06:26:55+00:00 Yuda Pratama yudaprtma1@gmail.com Tri Riya Angraini tri260211@gmail.com Hastuti hastutimpd@gmail.com <p>Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi. Hal tersebut disebabkan kurang minat siswa dalam mengikuti pembelajaran dan kurangnya kreativitas guru ketika menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil keterampilan menulis teks eksposisi menggunakan model pmbelajaran yaitu discovery learning pada kelas VII SMP Negeri 32 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023.Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, model tes (dalam bentuk penugasan menulis teks eksposisi.Berdasarkan hasil proses pembelajaran diperoleh hasil sebagai berikut. Hasil peningkatan aktivitas guru siklus I mencapai 77% meningkat menjadi 86% pada siklus II. Pada siklus I aktivitas belajar siswa yaitu 58% meningkat menjadi 89% pada siklus II. Hasil nilai siswa juga mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 61% menjadi 78% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan mutu proses dan hasil belajar menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 32 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023.</p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/665 ANALISIS KONFLIK INTERNAL DAN EKSTERNAL DALAM NOVEL LAUT BERCERITA KARYA LEILA S. CHUDORIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan konflik internal dan eksternal dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori. Penelitian ini termasu 2023-08-29T02:49:33+00:00 Alya Rahmayani alyaalya697@gmail.com Fransisca S.O. Dedi fransisca_so_dedi@stkippgribl.ac.id Dian Permanasari permanasaridianazka@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan konflik internal dan eksternal dalam novel <em>Laut Bercerita </em>karya Leila S. Chudori. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini bersumber dari novel <em>Laut Bercerita </em>karya Leila S. Chudori yang diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia, dengan ketebalan buku 397 halaman, dan tahun terbit 2017. Metode yang digunkan pada penelitian ialah metode deskriptif kualitatif yang berarti data yang dianalisis diuraikan dengan kata-kata atau kalimat, tidak mengunakan angka ataupun menghitung. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa penelitian dan dibantu oleh tabel mengenai konflik internal dan eksternal yang dialami tokoh utama dalam novel <em>Laut Bercerita</em>. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data yang dipakai menggunakan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan hasil analisis data yang diteliti dalam novel <em>Laut Bercerita </em>karya Leila S. chudori mengenai konflik internal dan eksternal. Peneliti menemukan konflik internal atau batin, sedangkan konflik eksternal terdiri dari konflik fisik dan konflik sosial. Konflik tersebut yang dialami oleh tokoh utama dalam novel <em>Laut Bercerita.</em></p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/666 ANALISIS NILAI-NILAI EDUKASI BUDAYA DALAM NOVEL ANAK RANTAU KARYA AHMAD FUADI 2023-08-29T03:59:58+00:00 Hilda Wahyuni hildawahyuni700@gmail.com Wayan Satria Jaya wayan.satria@stkippgribl.ac.id Frieska Maryova R yova041188@gmail.com <p>Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai edukasi budaya yang terdapat dalam novel <em>Anak Rantau</em> Karya Ahmad Fuadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai edukasi budaya yang terdapat dalam novel <em>Anak Rantau</em> Karya Ahmad Fuadi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan cara mendeskripsikan objek lalu menganalisis dan menafsirkan data. Sumber data penelitian adalah novel <em>Anak Rantau</em> Karya Ahmad Fuadi, sedangkan data penelitiannya berupa kutipan yang diambil dari novel <em>Anak Rantau</em> Karya Ahmad Fuadi. Teknik analisis data dilakukan dengan berbagai cara yaitu membaca sekilas, membaca keseluruhan, mengamati, mendeskripsikan dan menentukan bagian-bagian yang menceritakan nilai-nilai edukasi budaya dalam novel <em>Anak Rantau</em> Karya Ahmad Fuadi. Hasil temuan penelitian nilai-nilai edukasi budaya dalam novel <em>Anak Rantau</em> Karya Ahmad Fuadi terdapat empat ragam yang meliputi: adat istiadat, tradisi, melestarikan budaya minang, dan meningkatkan kesejahteraan hidup merantau. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan masyarakat umum dan peminat sastra pada khususnya agar mengamalkan dan mengaplikasikan nilai edukasi budaya dalam novel <em>Anak Rantau</em> karya Ahmad Fuadi. Nilai edukasi budaya yang dimaksud pesan dan amanah yang disampaikan oleh Ahmad Fuadi yaitu pada nilai budaya yang sudah berkembang dan menjadi kebiasaan yang sukar diubah. Kemudian diharapkan kepada peneliti selanjutnya agar mengkaji lebih mendalam novel <em>Anak Rantau</em> karya Ahmad Fuadi dengan pendekatan lain karena masih banyak hal-hal penting diungkapkan kepada masyarakat yang terdapat dalam novel tersebut.</p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/667 PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR MELALUI MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS XI MIA 4 SEMESTER GENAP SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023 2023-08-29T04:29:13+00:00 Hermalia hermalia352@gmail.com Sudarmaji sudarmajiastri21@gmail.com Riska Alfiawati riskaalfiawati@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur melalui media video serta meningkatkan aktivitas pada siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 4 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), peneliti dan guru mata pelajaran (kolaborator) saling bekerja sama dan berkolaborasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 4 Bandar Lampung yang terdiri dari 22 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi/evaluasi, dan Refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi (lembar pengamatan) dan tes (dalam bentuk penugasan menulis teks prosedur). Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil proses pembelajaran diperoleh hasil sebagai berikut. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar tiap siklusnya, yakni pada siklus I berkategori cukup aktif menjadi aktif pada siklus II, sedangkan untuk kemampuan menulis teks prosedur siswa terlihat dari nilai yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada saat siklus I kemampuan menulis siswa memperoleh rata-rata 62,88 dengan jumlah siswa yang tuntas 11 siswa dari 22 siswa dan termasuk dalam kategori kurang. Selanjutnya, pada siklus II kemampuan menulis siswa meningkatkan memperoleh rata-rata 89,4 dengan jumlah siswa 22 siswa dari 22 siswa dan termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa media video dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur pada siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023.</p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/668 KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL THE PRIVILEGED ONES KARYA MUTIARINI (PENDEKATAN PSIKOLOGI SASTRA) 2023-08-29T06:19:36+00:00 Ayu Karlina ayukarlina158@gmail.com Wayan Satria Jaya wayan.satria@stkippgribl.ac.id Dian Permanasari permanasaridianazka@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kepribadian tokoh utama dalam novel <em>The Privileged Ones</em> karya Mutiarini ditinjau dari pendekatan psikologi sastra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel <em>The Privileged Ones</em> karya Mutiarini yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, ketebalan buku 247 halaman. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif artinya data yang dianalisis, dan diuraikan menggunakan kata-kata maupun kalimat bukan berupa angka-angka atau menggunakan perhitungan. Metode pengumpulan data menggunakan metode analisis isi. Instrumen pengumpulan data menggunakan metode dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau kesimpulan. Keabsahan data yang dipakai menggunakan teknik meningkatkan ketekunan. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa dalam novel <em>The Privileged Ones</em>, tokoh utama Rara memiliki 14 bentuk aspek kepribadian antara lain pribadi yang praktis, mudah mengerti, ingatan baik, emosionalitas, tidak tenang, tekun bekerja keras, ambisius, berpandangan luas, teliti, bijaksana, tak lekas putus asa, persoalan terasa berat, pemberani dan pribadi suka menolong. Adapun faktor yang mempengaruhi aspek kepribadian tokoh utama dalam novel <em>The Privileged Ones</em> karya Mutiarini, ditinjau dari pendekatan Psikologi Sastra terdiri dari 2 faktor, yaitu faktor keluarga dan faktor lingkungan.</p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/669 ANALISIS STRUKTUR TEKS FABEL DARI BUKU CERITA “AYO JADI ANAK BAIK” KARYA CUCU NURHASANAH 2023-08-29T06:29:03+00:00 Devia Indah Pratiwi deviaindah2103@gmail.com Tri Riya Angraini tri260211@gmail.com Riska Alfiawati riskaalfiawati@gmail.com <p>Penelitian bertujuan mengetahui mengetahui dan mendeskripsikan struktur cerita fabel “Izin Dulu Ya” dengan cerita ‘Indahnya Persahabatan” yang terdapat dalam buku cerita “Ayo Jadi Anak Baik” karya Cucu Nurhasanah. Struktur teks fabel terdiri atas orientasi (langkah identifikasi tokoh dan latar), komplikasi (timbulnya permasalahan), resolusi (penyelesaian), dan koda (pengubahan tokoh atau amanat). Analisis stuktur teks fabel berguna untuk memperdalam pemahaman tentang karya sastra dan menemukan makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam karya tersebut, membantu pembaca untuk memahami elemen-elemen struktur yang ada dalam teks fabel, sehingga pembaca dapat memahami karya sastra dengan lebih baik dan juga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini adalah kajian struktur teks cerita fabel yang terdapat dalam cerita “Izin Dulu Ya” dengan cerita ‘Indahnya Persahabatan” yang terdapat dalam buku cerita “Ayo Jadi Anak Baik” karya Cucu Nurhasanah dan melihat perbandingannya. Cerita “Izin Dulu Ya” dan “Indahnya persahabatan karya Cucu Nurhasanah memiliki struktur yang lengkap dan sama, yaitu orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda. Namun, isi dari setiap bagian cerita berbeda antara kedua teks. Meskipun kedua teks memiliki struktur cerita yang sama, isi dari setiap bagian cerita membuat cerita tersebut unik dan berbeda dari satu sama lain.</p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/670 STRUKTUR FISIK DALAM ANTOLOGI PUISI HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO 2023-08-29T06:35:08+00:00 Elva Azima azimaelva@gmail.com Andri Wicaksono ctx.andrie@gmail.com Fransisca S.O. Dedi fransisca_so_dedi@stkippgribl.ac.id <p>Latar belakang puisi Sapardi Djoko Damono karena puisi-puisi karya Sapardi Djoko Damono dikenal sebagai puisi yang "sangat sopan", "sangat gramatikal", dan "sangat lembut". Dengan susunan struktur-struktur akan membentuk rangkaian kata indah yang bermakna. Rangkaian karya indah ini selain memiliki efek atau mengandung sesuatu yang ingin diungkapkan pada pembaca, puisi juga curahan hati dari pengarang melalui media struktur batin dan struktur fisiknya, suatu puisi mengandung pesan dan mana hasil kreatif dari pengarang. Oleh karena itu, dalam puisi Hujan Bulan Juni sepilihan sajak karya Sapardi Djoko Damono, analisis struktur fisik yang digunakan untuk meneliti puisi ini. Dari uraian diatas peneliti memberi judul penelitian ini Struktur Fisik dalam Antologi Puisi Hujan Bulan Juni Sepilihan Sajak Sapardi Djoko Damono. Penelitian ini berupa puisi Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono menganalisis pada aspek struktural puisi yaitu struktur fisik. Struktur fisik meliputi diksi, imaji, gaya bahasa,rima dan irama. Dalam penelitian ini diterapakn pendakatan metodologis. Pendekatan metodologis yang digunakan dalam penelitian ini, yakni pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini berupa deskriptif tentang struktur fisik pada sebuah puisi dalam buku Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono. Struktur fisik dalam puisi Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono yang meliputi (a) diksi, (b) imaji meliputi imaji visual/penglihatan, imaji auditif/ pendengaran, imaji taktil, (c) majas meliputi majas metatora, majas personifikasi, majas simbolik, (d) rima meliputi rima awal, rima tengah, dan rima akhir, (e) bahasa figuratif.</p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/671 UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR BERITA DENGAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 32 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023 2023-08-29T07:27:24+00:00 Febri Kurniawan febrikurniawan@gmail.com Tri Riya Angraini tri260211@gmail.com Frieska Maryova R yova041188@gmail.com <p>Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks berita. Hal tersebut disebabkan kurang minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan kurangnya&nbsp; kreativitas guru ketika menggunakan metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri&nbsp; 32 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023 dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks berita yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran inquiri.&nbsp; Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau PTK. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Berdasarkan hasil proses pembelajaran diperoleh hasil sebagai berikut. Hasil peningkatan aktivitas guru siklus I mencapai 65% meningkat menjadi 75% pada siklus II. Pada siklus I aktivitas peserta didik yaitu 67% meningkat menjadi 77% pada siklus II. Hasil nilai peserta didik juga mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 62% menjdi 76% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran inquri dapat meningkatkan proses dan hasil belajar mengidentifikasi unsur-unsur teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023.</p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/673 ANALISIS PENGGUNAAN HURUF KAPITAL DAN TANDA BACA PADA PENULISAN SURAT DINAS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BANJAR MARGO TULANG BAWANG TAHUN AJARAN 2022/2023 2023-08-30T04:06:46+00:00 Windiana Citra Sari windianacitrasari94@gmail.com Sudarmaji sudarmajiastri21@gmail.com Riska Alfiawati riskaalfiawati@gmail.com <p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui dan mendeskripsikan tingkat kemampuan dan letak kelemahan dalam menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada penulisan surat dinas siswa kelas VII SMP Negeri 3 Banjar Margo Tulang Bawang Tahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu metode yang melibatkan peneliti secara langsung untuk mengamati objek yang sedang diteliti. Kemudian data yang terkumpul dari penelitian dideskripsikan dalam bentuk kata-kata. Hasil penelitian pada penulisan huruf kapital, kesalahan terbesar yang paling sering dilakukan oleh siswa pada kesalahan meulis huruf kapital di setiap bagian-bagian surat dinas. Kesalahan tersebut terlihat pada kata yang digunakan dalam menulis surat dinas. Terdapat beberapa indikasi penulisan huruf kapital di setiap kata masih sering terjadi kesalahan. Pertama, adanya kebiasaan dari siswa itu sendiri. Kedua, siswa tidak terlatih menulis huruf kecil atau kapital yang sesuai dengan penempatannya yang baik dan benar. Pada tanda baca kesalahan terbanyak yaitu kesalahan penghilangan tanda koma pada bagian tanggal surat. Indikasi yang menjadi penyebab kesalahan ini terjadi. Pertama, ketidaktelitian siswa menempatkan tanda koma di antara nama kota dan tanggal surat sehingga siswa kurang memperhatikan ejaan pada surat yang sesungguhnya.</p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/675 KEMAMPUAN MENENTUKAN KALIMAT FAKTA DAN OPINI DALAM SURAT KABAR HARIAN RADAR LAMPUNG PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 42 BANDAR LAMPUNG 2023-08-30T06:23:16+00:00 Ayuk Kurniawati ayukkurniawati885@gmail.com Sudarmaji sudarmajiastri21@gmail.com Rohana rohanaana566@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan menentukan kalimat fakta dan opini pada siswa kelas IX SMP Negeri 42 Bandar Lampung. Kemampuan menentukan fakta dan opini siswa dianalisis mencakup kebenaran bersifat objektif, kenyataan yang sebenarnya terjadi, data yang akurat sebagai pendukung, kebenaran bersifat subjektif, menunjukan peristiwa yang belum terjadi, dan tidak adanya data pendukung. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX yang ada di SMP Negeri 42 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik penugasan. Sumber data penelitian ini adalah teks hasil kajian fakta dan opini. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat bahwa kemampuan menentukan fakta dan opini pada surat kabar harian Radar Lampung siswa masih ditemukan kesalahan berdasarkan beberapa kategori yang menjadi aspek penilian dalam penelitian ini. Dari beberapa aspek yang dinilai siswa memiliki kelemahan dan keunggulannya masing-masing. Terdapat siswa yang masih kurang mampu dalam menentukan kalimat fakta tetapi sudah mampu dalam menentukan kalimat opini dengan tepat, terdapat siswa yang kurang mampu dalam menentukan kalimat opini tetapi sudah mampu menentukan kalimat fakta dengan tepat. Tetapi dalam kriteria fakta dan opini hampir seluruh siswa dikatakan baik karena mampu menentukan fakta dan opini pada tajuk rencana.</p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/685 PENOKOHAN DALAM NOVEL GARIS WAKTU KARYA FIERSA BESARI (TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA) 2023-08-31T07:10:01+00:00 Jenisa Tri Oktavia jenisatrioktavia@gmail.com Surastina srastina@gmail.com Andri Wicaksono ctx.andrie@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tokoh dan penokohan serta aspek psikologi <em>id, ego,</em> dan <em>superego</em> yang terdapat pada novel <em>Garis Waktu</em> karya Fiersa Besari. Metode penelitian yang digunakan dalam mengkaji novel <em>Garis Waktu</em> karya Fiersa Besari adalah metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah tokoh dan penokohan serta aspek psikologi dalam novel <em>Garis Waktu</em> karya Fiersa Besari. Teknik analisis data menggunakan menelaah atau menganalisis seluruh data dan mendeskripsikan data. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah novel <em>Garis Waktu</em> karya Fiersa Besari dan sumber data sekunder pada penelitian ini adalah berupa buku-buku dan artikel yang diperoleh dari sumber internet. &nbsp;Hasil penelitian terhadap novel <em>Garis Waktu</em> karya Fiersa Besari yaitu (1) Tokoh dan penokohan di antaranya : tokoh utama, tokoh tambahan, tokoh antagonis, tokoh protagonis. (2) Aspek psikologi diantaranya: id. Ego, dan superego. hasil penelitian menunjukan novel Garis Waktu karya Fiersa Besari tersebut banyak mengandung tokoh dan penokohan serta aspek psikologi sehingga mendapatkan 67 data secara keseluruhan.</p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/687 TINDAK TUTUR IMPERATIF DALAM TAYANGAN DI KANAL YOUTUBE MS GLOW (TINJAUAN PRAGMATIK) 2023-09-01T03:11:32+00:00 Lisa Riskiyani riskiyanilisa43@gmail.com Sudarmaji sudarmajiastri21@gmail.com Nani Angraini nani_anggraini@stkippgribl.ac.id <p><em>Research on imperative speech acts in shows on Ms Glow's youtube channel examines imperative utterances used by speakers in several shows on Ms Glow's youtube channel. This study aims to describe imperative speech acts contained in Ms Glow's Youtube channel in a pragmatic review. The reason for conducting this research is to find out more about the types of imperative utterances in a pragmatic context. The research method used in studying Ms Glow's youtube channel is to use a descriptive qualitative method. The object used in this research is videos or shows on Ms Glow's youtube channel. The data analysis technique used was data reduction, data display, and verifikation. Data collection technique used was the SBLC method (simak bebas libat cakap). The results of data analysis on shows on Ms Glow's youtube channel can be concluded that the imperative speech acts contained in the youtube channel include: 1) Ordinary imperative utterances, 2) Firm imperative utterances, 3) Prohibited imperative utterances, 4) Suggested imperative utterances, 5) Request imperative speech, 6) Solicitation imperative speech. This research is expected to increase knowledge related to pragmatic studies, namely regarding imperative speech acts.</em></p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/689 UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN METODE SMALL GROUP DISCUSSION PADA SISWA KELAS VIII SMP AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023 2023-09-06T07:44:54+00:00 Nabila Septiana nseptiana271@gmail.com Sudarmaji sudarmajiastri21@gmail.com Frieska Maryova R yova041188@gmail.com <p>Menulis adalah suatu kegiatan yang aktif dan produktif serta memerlukan cara berfikir yang teratur dan diungkapkan dalam bahasa tulis. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks persuasi menggunakan metode <em>Small Group Discussion </em>siswa kelas VIII SMP AL AZHAR 3 Bandar Lampung. Setelah menggunakan metode <em>Small Group Discussion</em> dalam pembelajaran menulis teks persuasi, pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sebelumnya dilakukan tindakan prasiklus atau observasi awal digunakan untuk mengetahui kondisi peserta didik diawal. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Lalu metode pemgumpulan data yang digunakan yaitu observasi, model tes dalam bentuk penugasan menulis teks berita. Data dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan aktifitas belajar siswa, yakni pada siklus I berkategori cukup baik menjadi sangat baik. Hasil penelitian siswa siklus I mecapai 69,58&nbsp; dan mengalami peningkatan menjadi 82,70 pada siklus ke II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode <em>Small Group Discussion</em> dapat meningkatkan proses dan hasil belajar menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP AL AZHAR 3 Bandar Lampung 3 Tahun Pelajaran 2022/2023.</p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/690 PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI RAKYAT DENGAN METODE SMALL GROUP DISSCUSSION PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023 2023-09-06T07:51:54+00:00 Rayhana rayhana180901@gmail.com Surastina srastina@gmail.com Nani Angraini nani_anggraini@stkippgribl.ac.id <p>Permasalahan dalam skripsi ini berkenaan dengan Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Rakyat Dengan Metode <em>Small Group Disscussion</em> Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2022/2023. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis puisi rakyat dengan metode <em>small group disscussion</em> rakyat pada peserta didik Kelas VII SMP Negeri 10 Bandar Lampung. Metode penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yaitu dengan menulis puisi. &nbsp;Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Peserta didik pada pembelajaran keterampilan menulis puisi Peserta didik setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan guru merancang pembelajaran menggunakan <em>small group disscussion</em> diperoleh skor rata-rata pada siklus I 75,0 siklus II 90,8 kategori sangat baik. Rata-rata peningkatan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran menggunakan small group disscussion diperoleh skor rata-rata yaitu pada siklus I sebesar 70, siklus II sebesar 95 meningkat dari siklus I. Peningkatan kemampuan menulis puisi Peserta didik &nbsp;menggunakan<em> small group disscussion</em> diperoleh persentase skor pada siklus I adalah 75,0%, siklus 90,8% meningkat dari siklus I.</p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/691 REPRESENTASI POLIGAMI DALAM NOVEL LAYANGAN PUTUS, PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN DAN SURGA YANG TAK DIRINDUKAN (TINJAUAN FEMINISME) 2023-09-06T08:04:20+00:00 Sigit Gumelar sigit.gumelar08@gmail.com Surastina srastina@gmail.com Andri Wicaksono ctx.andrie@gmail.com <p>Penelitian ketidakadilan gender dalam novel <em>Layangan Putus, Perempuan Berkalung Sorban </em>dan <em>Surga Yang Tak Dirindukan</em> ini mengkaji tentang ketidakadilan gender poligami terhadap perempuan dalam novel. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan dan memperoleh gambaran mengenai ketidakadilan gender poligami perempuan novel <em>Layangan Putus, Perempuan Berkalung Sorban </em>dan <em>Surga Yang Tak Dirindukan</em> dengan pendekatan feminisme. Poligami yang dialami perempuan dimana poligami ini adalah seseorang laki-laki yang menikahi seorang perempuan lebih dari satu, menomorduakan kaum perempuan, kekerasan fisik maupun psikisnya, pemukulan, penyiksaan, membentak, menghina yang mengakibatkan perempuan merasa tertekan dan terluka baik secara fisik maupun mental, serta terjadinya pelanggaran atas pengakuan hak asasiBentuk ketidakadilan gender yaitu 1) Marginalisasi, 2) Subordinasi, 3) Stereotip. Penelitian ini diharapkan bisa menambah pendaharaan kajian sastra terhadap masalah ketidakadilan gender. Penelitian ini berdasarkan ketidakadilan gender dengan pendekatan feminisme. Objek yang digunakan dalam penelitian ini novel <em>Layangan Putus, Perempuan Berkalung Sorban </em>dan <em>Surga Yang Tak Dirindukan. </em>Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif deskriptif dengan keterlibatan langsung peneliti dalam seluruh proses, dimulai dari penetapan masalah, kajian Pustaka, pengumpulan serta pengolahan data, proses analisis, intreprestasi dan kesimpulan penelitian. Gambaran dari hasil penelitian ketidakadilan gender yang dialami perempuan yang dilakukan oleh laki-laki ada dalam novel <em>Layangan Putus, Perempuan Berkalung Sorban </em>dan <em>Surga Yang Tak Dirindukan, </em>dalam penelitian ini untuk mengetahui gambaran yang melatar belakangi terjadinya sebuah poligami dari novel serta mengetahui bentuk tiga ketidakadilan gender yaitu marginalisasi, subordinasi dan stereotip terhadap perempuan.</p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/693 ANALISIS KALIMAT IMPERATIF DALAM NOVEL “GADIS PANTAI” KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER 2023-09-08T03:13:42+00:00 Widia Astuti astutiw0114@gmail.com Wayan Satria Jaya wayan.satria@stkippgribl.ac.id Abdulloh abdullohaja@rocketmail.com <p>Permasalahan pada penelitian ini yaitu bagaimana penggunaan kata yang menyertai kalimat imperatif dalam novel <em>Gadis Pantai</em> karya Pramoedya Ananta Toer serta jenis yang digunakan dan fungsinya. Kajian kalimat imperatif ini dilakukan dengan tujuan memberikan pemahaman sekaligus mendeskripsikan terkait dengan makna kata pada jenis kalimat imperatif yang digunakan serta fungsinya dalam novel <em>Gadis Pantai</em> karya Pramoedya Ananta Toer. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode analisis deskriptif. Sumber data penelitian menggunakan novel <em>Gadis Pantai</em> karya Pramoedya Ananta Toer, Kemudian teknik analisis data pada penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penyajian data penelitian berupa kutipan kalimat imperatif yang terdapat dalam novel <em>Gadis Pantai.</em> Hasil penelitian dari novel <em>Gadis Pantai </em>dibandingkan dengan novel lain yaitu dari novel <em>To Live Hidup </em>karya Yu Hua penerjemah Agustinus Wibowo sebagai pembaharuan dari penelitian ini. Perbandingan dari kedua novel tersebut yaitu, novel <em>Gadis Pantai</em> memiliki kalimat imperatif lebih banyak yaitu berjumlah 61 kalimat dibandingkan dengan novel Hidup yang memiliki kalimat imperatif berjumlah 50 kalimat. Novel <em>Gadis Pantai</em> menggunakan beberapa kata yang berasal dari istilah jawa sedangkan novel <em>To live Hidup</em> menggunakan beberapa kata yang bersifat kasar.</p> 2023-06-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023