PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BERITA MELALUI METODE 5W+1H PADA SISWA KELAS XI IPS 9 SMA NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG
Keywords:
Keterampilan Menulis Teks Berita, Metode 5W 1HAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang berkenaan dengan Siswa Kelas XI di SMA Negeri 7 Bandar Lampung masih kurang memahami cara menulis teks berita dan siswa juga belum mengerti cara penulisan teks berita menggunakan metode 5W+1H . Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui dan mendeskripsikan keterampilan pada siswa. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks berita dengan meelalui metode 5W+1H pada siswa kelas XI SMA Negeri 7 Bandar Lampung tahun pelajaran 2023/2024, Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian Tindakan kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Teknik pokok, dokumentasi dan obsevasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan terhadap kemampuan menulis teks berita melalui metode 5W+1H kelas XI SMA Negeri 7 Bandar Lampung . Hal ini dapat dilihat dari prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada prasiklus nilai rata-rata diperoleh 68,95 dengan kategori Kurang, mengalami peningkatan pada siklus 1 nilai rata-rata diperoleh 73,61 dengan kategori cukup, mengalami peningkatan kembali pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 88,50 dengan kategori baik sekali.
References
Alwi, Hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Arifin. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Eriyanto. 2001. Pengantar Analisis Teks Media.Yogyakarta: PT LKIS Pelangi Aksara.
Putra, Masri Sareb. 2009. Teknik Menulis Berita dan Feature. Jakarta Barat: PT. Indeks.
Saddhono, Kundharu dan Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.Tarigan.
Sanjaya, Fransiska, dewi. Agustina, Dewi. Wiranty, Wiendi, (2020) Meningkatkan Keterampilan menulis teks berita dengan metode piscture and picture siswa kelas VIII SMP Negeri Sengah Temila. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1.(1). Hal 3.
Shoimin, Aris.(2020). 68 Model Pembelajaran Inovasi dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media
Suhandang, Kustadi. 2010. Pengantar Jurnalistik Seputar Organisasi, Produk, dan Kode Etik. Bandung: Nuansa.