PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN STRUKTUR TEKS CERITA FABEL DENGAN TEKNIK DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) PADA SISWA KELAS VII SMP YPPL BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Ade Novriyanti STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Wayan Satria Jaya STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Riska Alfiawati STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Keterampilan Menyusun, Struktur Teks Cerita Fabel, Directed Reading Thinking Activity

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang berkenaan dengan Siswa Kelas VII di SMP YPPL Bandar Lampung masih kurang memahami isi teks cerita fabel  selama berlangsung pembelajaran dan hanya terpaku pada cara menulis  teks cerita fabel tanpa mengerti isi yang seharusnya terkandung dalam teks. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui dan mendeskripsikan keterampilan pada siswa. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyusun struktur teks cerita fabel dengan menggunakan teknik directed reading thinking activity pada siswa kelas VII SMP YPPL Bandar Lampung tahun pelajaran 2023/2024, Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian Tindakan kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Teknik pokok, dokumentasi dan obsevasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan terhadap keterampilan menyusun struktur teks cerita fabel dengan menggunakan teknik directed reading thinking activity pada siswa kelas VII SMP YPPL Bandar Lampung. Hal ini dapat dilihat dari, siklus I dan siklus II. Pada Siklus 1 nilai rata-rata diperoleh 59% dengan kategori cukup, mengalami peningkatan kembali pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 76% dengan kategori baik.

References

Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Achmad, Alex. (2010). Buku Ajar Bahasa Indonesia. Jakarta: FTIK Press.

Arikunto, Suharsimi. (2020). Penelitian Tindak Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo

Hidayah, Nurul. (2019). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Untuk Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pustaka Pranala.

Mihardja, Ratih. 2012. Buku Pintar Sastra Indonesia. Jakarta: Laskar Akasara.

Mulyati. (2017). Terampil Berbahasa Indonesia. Jakarta: Kencana

Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Sastra Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pandamadewi, dkk. (2017). Pengantar Micro Teaching. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Persada (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudarmadji, dkk. 2010. Teknik Bercerita. Yogyakarta: PT. Kurnia Kalam Semesta.

Surastina. (2015). Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Elmatera.

Tarigan, Henry Guntur. (2010). Membaca Sebagai Sesuatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wahyuni, Sri dan Ibrahim, Syukur. (2012). Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Novriyanti, A. ., Satria Jaya, W., & Alfiawati, R. (2024). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN STRUKTUR TEKS CERITA FABEL DENGAN TEKNIK DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) PADA SISWA KELAS VII SMP YPPL BANDAR LAMPUNG. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 17–26. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/986