PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK YADIKA BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Dwi Alpiansyah STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Hastuti STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Rohana STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Kemampuan, Menulis, Teks Prosedur kompleks

Abstract

Menulis bukanlah kemampuan yang dapat dikuasai dengan sendirinya, melainkan harus melalui proses pembelajaran dan pembiasaan. Terlebih pada kurikulum merdeka pada cp elemen Menulis yaitu Pelajar mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, pengetahuan metakognisi untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Pelajar mampu menulis karya sastra dalam berbagai genre. Pelajar mampu menerbitkan hasil tulisan di media cetak maupun digital. Berdasarkan temuan di SMK Yadika Bandar Lampung, peserta didik merasa kesulitan dalam menuangkan ide dan gagasannya dalam bentuk tulisan, karena model dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru yang kurang menarik sehingga pembelajaran terasa membosankan dan tidak menyenangkan serta kesalahan Peserta didik dalam menulis teks prosedur kompleks yaitu, Peserta didik belum sepenuhnya mampu menulis teks prosedur kompleks dengan memperhatikan struktur dan kaidah penulisan pembuatan yang kurang tepat. Berdasarkan uraian yang dipaparkan di atas, penulis tertarik untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan media audio visual. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklusnya ada tes pretes dan postes juga terdapat empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar peseta didik. Penggunaan media audio visual lebih efektif, terbukti peserta didik lebih aktif dan lebih kreatif dalam mengembangkan tulisan serta mampu meningkatkan kualitas menulis siswa yang dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil nilai rata-rata siklus I (45,45) dan perolehan hasil nilai rata-rata siklus II (86,36). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks prosedur.

References

Aqib, Zainal, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. b. Buku Peserta didik Bahasa Indonesia https://pskp.kemdikbud.go.id/assets_front/images/produk/1-gtk/buku/Buku_Revisi_2_Evaluasi_Pembelajaran_Kurikulum_2013.pdf

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Modul Ajar Bahasa Indonesia Fase F Kelas XI file:///C:/Users/HP/Downloads/Final_MA_IND_RISA_SMA_F_1.pdf

Tim Pengembang e-Modul Direktorat Pembinaan SMA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan https://repositori.kemdikbud.go.id/19449/1/Kelas%20XI_Bahasa%20Indonesia_KD%203.1%20%281%29.pdf

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Alpiansyah, D. ., Hastuti, & Rohana. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK YADIKA BANDAR LAMPUNG. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 1–16. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/985