PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII MTS GUPPI NATAR TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Resienda Fajri STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Tri Riya Anggraini STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Frieska Maryova R STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

inkuiri, kemampuan, menulis deskripsi

Abstract

Permasalahan dalam skripsi ini adalah kemampuan siswa dalam membuat teks deskripsi yang perlu ditingkatkan dan belum diterapkannya metode pembelajaran Inkuiri dalam menulis teks deskripsi. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII MTs Guppi Natar Tahun Pelajaran 2023/2024 dan rata-rata kemampuan menulis teks deskripsi siswa lebih tinggi dengan menggunakan metode pembelajaran Inkuiri siswa kelas VII MTs Guppi Natar Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi berjumlah 150 siswa yang tersebar menjadi 4 kelas. Sampel yang peneliti gunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas D sebagai kelas eksperimen dan kelas A sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 34 siswa dan kelas kontrol berjumlah 35 siswa. Teknik sampling menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan tes menulis deskripsi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus .  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan hasil perhitungan pengujian hipotesis yaitu hasil perhitungan diperoleh . Dengan kriteria uji terima Ho jika , selain itu ditolak. Dimana  dengan . Untuk taraf signifikan didapat . Dengan demikian sehingga Ho ditolak, dan berarti Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII MTs Guppi Natar Tahun Pelajaran 2023/2024.

References

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Tarigan, G.H. (2013). Menulis Sebagai Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa Bandung.

Mardiyah. (2016). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Melalui Kemampuan Mengembangkan Struktur Paragraf. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 3, (2), 4.

Keraf, G. (2020). Eksposisi dan Deskripsi. 2, Ende - Flores: Nusa Indah.

Muliani, S.O.W. Hanafi, H & Herijaty, E. (2019). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII Smp Negeri 2 Raha. Jurnal BASTRA (Jurnal Bahasa dan Sastra). 4, (3), 527.

Finoza, Lamuddin. (2008). Komposisi Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Diksi.

Akhiruddin. dkk. (2019). Buku Belajar dan Pembelajaran. Gowa: CV Cahaya Bintang Cemerlang.

Shoimin, A. (2020). 68 Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Sudjana. (2005). Metode Statistik. Bandung: Trasito.

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Fajri, R., Anggraini, T. R. ., & Maryova R, F. . (2023). PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII MTS GUPPI NATAR TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 671–678. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/982