KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA ANAK DI TK KUNTUM KELURAHAN BERINGIN RAYA KECAMATAN KEMILING BANDAR LAMPUNG TAHUN 2023

Authors

  • Nurdiyanti STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Surastina STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Hastuti STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Bahasa Indonesia, Kemampuan Pembendaharaan Kata

Abstract

Kemampuan bahasa Indonesia adalah kemampuan berbahasa yang harus dimiliki oleh seluruh warga negara Negara Kesatuan Republik Indonesia, hal ini karena bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu dan bahasa Nasional serta sebagai bahasa pengantar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa yang digunakan oleh siswa pada saat berkomunikasi di TK Kuntum Kelurahan Beringin Raya Kecamatan Kemiling Bandar Lampung, mendeskripsikan kemampuan bahasa Indonesia secara lisan pada anak di TK Kuntum Kelurahan Beringin Raya Kecamatan Kemiling Bandar Lampung, dan mendeskripsikan kemampuan bahasa anak dalam berkomunikasi secara lisan dalam perbendaharaan kata di TK Kuntum Kelurahan Beringin Raya Kecamatan Kemiling Bandar Lampung. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan instrumen pengumpulan data peneliti sendiri menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh ditemukannya bahasa yang digunakan oleh siswa TK Kuntum adalah bahasa Indonesia, kemampuan komunikasi secara lisan menggunakan bahasa Indonesia oleh siswa sangat baik jika komunikasi terjadi antara siswa dengan siswa, dan kemampuan komunikasi secara lisan dalam pembendaharaan kata anak sangat baik jika komunikasi terjadi antara siswa dengan siswa, jika komunikasi terjadi antara siswa dengan peneliti siswa akan kesulitan dalam menggunakan pembendaharaan kata.

References

Anggalia, A & Karmila, M. (2014).

Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak dengan Menggunakan Media Boneka Tangan Muca (Moving Mouth Puppet) Pada Kelompok A TK Kemala Bhayangkari 01 Semarang. Jurnal Penelitian PAUDIA. 133-169.

Anggraini, V,. Yulsyofrien. Yeni. (2019). Simulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau pada Anak Usia Ini. Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73-84. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i23377.

Astari, T., Safira, S. (2019). Penerapan Permainan Modifikasi Tapak Gunung Untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun di Ra Mutiara Ciputat. Yaa Bunayya: Jurrnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 43-56.

Bachri, B. S. (2010). Menyakinkan Validitas Data Melalui Tringulasi pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, X(1), 46-62.

Chaer, A. (2012). Linguistik Umum. Jakata: Rineka Cipta.

Chaer, A. & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatmawati, S. R. (2015). Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Menurut Tinjauan Psikolinguistik. Lentera, 17(1). 63-75.

Ida, S. (2015). Diary Anakku Memahami Tumbuh Kembang Anak Usia 0-6 Tahun. Yogyakarta: Rona Publishing.

Ikhsania, A. A. (2019). Tahap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini dan Cara Stimulasinya. https://www/generasimaju.co.id/artikel/1-tahun/stimulasi/kembangkan-kemampuan-berbahasa-balita?utm_source=google&utm_cpc&utm_campaign+sgm-sem_generic-dsa-gum-aon_cosideration_traffic_Aug-2023&utm_term=dsa&utm. (Diakses pada 2023).

Khomsiyatun, U. S. (2022, 8 22).

Membaca Proses Pemerolehan Bahasa Anak. Dipetik 9 3, 2023, dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi: https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detail/3692/membaca-proses-pemerolehan-bahasa-anak#:~:text=Anak%20secara%20tidak,menuju%20ke%20stuktur%20yang%20kompleks.

Nasution, P. (2009). Kemampuan Berbahasa Anak Usia 3-4 Tahun (Prasekolah) di Play Group Tunas Mekar Medan: Tinjauan Psikolinguistik. Skripsi. Universitas Sumatera Utara: Medan.

Noermanzah, N. (2017). Struktur Kalimat Tunggal Bahasa Sindang di Kota Lubuklinggau dan Pengaruhnya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1). https://doi.org.10.21009/aksis.010101.

Nugraha, N. R. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Bahasa Inggris Anak Kelompok B di PAUD Inarah Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Pateda, M. (2011). Linguistik Sebuah Pengantar. Bandung: Angkas.

Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Rosita. (2017). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun di Desa Mattirowalie Kacamatan Tanete Riaja (Kajian Psikolinguistik). Skripsi. Universitas Muhammdiyah Makassar: Makasar.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif: & R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharti, S., dkk. (2021). Kajian Psikolinguistik. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Suhartono. Sodiq, S. (2010). Psikolinguistik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, H. G. (1993). Pengajaran Kosakata. Bandung: Penerbit Angkasa.

Zubaidah, E. (2003). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: FIP UNY.

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Nurdiyanti, Surastina, & Hastuti. (2023). KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA ANAK DI TK KUNTUM KELURAHAN BERINGIN RAYA KECAMATAN KEMILING BANDAR LAMPUNG TAHUN 2023. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 657–670. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/981