Analisis Kesantunan Berbahasa Pada Anak Usia Dini di Paud Asyifah

Authors

  • Anisa Maharani STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Tri Riya Angraini STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Dian Permanasari STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

kesantunan, bahasa, maksim

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesantunan berbahasa pada Anak Usia Dini di Paud asyifa Penelitian meggunakan metode deskriptif. Pada penelitian ini sumber data yang digunakan untuk melakukan penelitian mengenai pemerolehan bahasa anak usia 3-4 tahun. Pada penelitian ini analisis data yang digunakan yaitu model analisis interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penlitian yaitu tuturan pematuhan prinsip kesantunan berbahasa yang dilakukan oleh anak-anak usia dini di Paud Asyifah dibagi menjadi beberapa maksim yakni maksim kebijaksanaan, maksim kedermawaan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim permufakatan, dan maksim kesimpatian. Dari beberapa maksim yang telah dijabarkan, terdapat maksim yang sering muncul dalam percakapan anak yaitu maksim kedermawaan dan maksim kesimpatian. Pada maksim kedermawaan indikator yang paling banyak digunakan adalah mau mengantri atau bergiliran ketika melakukan permainan. Sedangkan pada maksim kesimpatian indikator yang paling banyak muncul atau digunakan oleh anak adalah indikator memberikan dukungan kepada temannya.

References

Ba’dulu, Abdul Muis, & Herman. 2010. Morfosintaksis. Jakarta: PT Rineka Cipta

Chaer, Abdul. 2008. Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik Kajian Teoristik. Jakarta: Rineka Cipta

Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Echa: Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Hidayanti, Nur. 2015. Pemerolehan Fonologi Bahasa Indonesia. (Online). http://nurhidayati0109.blogspot.co.id/2015/05/pemerolehan-fonologi- bahasa-indonesia.html. Di akses pada 1 Januari 2023

Iskandarwassid & Dadang Sunendar. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Khairah, Miftahul & Sakura Ridwan. 2014. Sintaksi (Memahami Satuan Kalimat Persfektif Fungsi). Jakarta: PT Bumi Aksara

Mahsun. 2007. Metode Penelitian Bahasa: tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.

Muslich, Masnur. 2015. Fonologi Bahsa Indonesia (Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia). Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, Putri. 2009. Kemampuan Berbasa Anak Usia 3 sampai 4 Tahun (pra Sekolah) di Play Group Mekar Medan. Skripsi tidak diterbitkan. Medan: USU. Diakses pada tanggal 8/12/16 Pukul 18.30.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung. Angkasa.

Trinowismanto, Yosep. 2016. Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 0 s.d 3 Tahun dalam Bahasa Sehari-hari (Tinjauan Psikolinguistik). Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta. Diakses pada tanggal 8/12/16 pukul 19.00.

Widyah, Rezki. 2004. Pemerolehan Bahasa Anak. (Online). http://journal.ess.soton.zc.uk/pemerolehan-bahasa-anak.html. Di akses 12/01/17.

Yanti, Arni. 2013. Kasus Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 3 Tahun. (Online). http://arniyanti.blogspot.co.id/2013/03/studi-kasus-pemerolehan- bahasa-pada.html. Di akses pada jumat 13 Juni 2017

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Maharani, A. ., Angraini, T. R. ., & Permanasari, D. (2023). Analisis Kesantunan Berbahasa Pada Anak Usia Dini di Paud Asyifah. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 507–520. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/962