PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Mega Febrianti STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Andri Wicaksono STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Nani Angraini STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Model Pembelajaran Problem Based Introduction, Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar menganalisis struktur teks persuasi dengan menggunakan model pembelajaran Problem based introduction pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 17 Pesawaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 17 Pesawaran. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII E yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat kompetensi setiap siklusnya, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kalaboratif antara peneliti dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup penyajian data, dan penarikan kesimpulan indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila aktivitas dan hasil  belajar siswa mencapai 80%. Setelah penelitian dilaksanakan dengan menerapkan model pembelajaran problem based introduction, hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia materi menganalisis struktur teks persuasi. 1) Pada siklus I dimana persentase aktivitas guru sebesar 63,64% kemudian meningkat pada siklus II sebesar 86,36%, 2) pada siklus I dimana persentase aktivitas belajar siswa sebesar 65,25% kemudian meningkat pada siklus II sebesar 87,5% dan 3) perolehan ketuntasan belajar siswa pada siklus I yang mencapai mencapai 69,05% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 84%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem based introduction dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menganalisis struktur teks persuasi pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 17 Pesawaran tahun pelajaran 2022/2023.

References

Aqib, Zainal. (2010). Penelitian Tindak Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. (2020). Penelitian Tindak Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Chaer, A. (2012). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT.Rineke Cipta.

Djumingin, Sulastriningsih. (2017). Penilaian Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Negeri Makassar.

Hamalik, Oemar. (2002). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Kosasih, E dan Kurniawan, Endang. (2018). Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Sudjana, Nana. (2009). Dasar-dasar proses-proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sundari, Hanna. (2015). Model-model Pembelajaran dan Pemerolehan Bahasa Kedua/Asing. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Jurnal Pujangga. Volume 1 Nomor 2.

Tarigan. (2018). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif Konsep, Landasan dan Impelementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Febrianti, M., Wicaksono, A., & Angraini, N. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 497–506. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/961