KESALAHAN PENGGUNAAN KONJUNGSI DALAM SURAT KABAR ONLINE LAMPUNG POST EDISI JANUARI 2023

Authors

  • Muhammad Nur Romadhan STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Andri Wicaksono STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Hastuti STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Kata hubung, klasifikasi kata hubung subordinasi dan koordinasi

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini berkaitan dengan. Kesalahan Penggunaan Konjungsi Dalam Surat Kabar Online Lampung Post Edisi Januari 2023. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Artinya penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk memahami kesalahan penggunaan konjungsi atau kata hubung yang dialami oleh subjek penelitian dalam meneliti Kesalahan Penggunaan Konjungsi Dalam Surat Kabar Online Lampung Post Edisi Januari 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Surat Kabar Lampung Post Edisi Januari 2023 terdapat banyak kesalahan dalam penggunaan kata hubung atau konjungsi yang tidak tepat. Fokus penelitian yang dilakukan oleh peneliti berfokus pada kesalahan kata hubung atau konjungsi Suboordinasi dan konjungsi Koordinasi. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, terdapat beberapa kesalahan penggunaan kata hubung atau konjungsi Subordinasi dan Koordinasi, yang telah diklasifikasikan berdasarkan kelas kata hubungnya. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dirinci pengkalsifikasian data sebagai berikut: Kesalahan Penggunaan Konjungsi Suboordinasi Pada Surat Kabar Lampung Post Edisi Januari 2023 yaitu sebanyak 6 dengan rincian yaitu: a) Bahwa berjumlah : 2, b) Untuk: 2, c) Saat: 1, d) Sebab: 2. Sedangkan Kesalahan Penggunaan Konjungsi Koordinasi Pada Surat Kabar Lampung Post edisi Januari 2023 sebanyak 3 dengan rincian yaitu: a) Dan: 3.

References

Chaer, Abdul. (2010). Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Chaer, Abdul. (2011). Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Haning, (2016). Pemakaian Konjungsi pada Kolom Tajuk Surat Kabar Harian Jogja Edisi November 2015: Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta 2016.

Kumala, (2019). Pedoman umum Ejaan bahasa Indonesia: C-Klik Media.

Muhamad, (2011). Metode Penelitian Bahasa. Yogyakarta.AR-RUZZ MEDIA.

Nugraha O.A, dkk. (2015). Penggunaan Konjungsi dalam Bahasa Tulis dan Lisan oleh Siswa Kelas Lima Sekolah Dasar Baki Pandean 01 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Humanora. Vol. 16 (2) : 46

Pamungkas M., dkk. (2022). Penggunaan Konjungsi dan Preposisi pada Kolom Artikel Opini www.idntimes.com. Jurnal Sasindo Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 10 (1) : 21-29

Puspita R. (2019). Mediamorfosis Surat Kabar Ke Surat Kabar Online. jurnal komikasi, masyarakat dan keamanan. 1 (1) : 14,15

Ramlan M. (2008). Kalimat, Konjungasi, Dan Proposisi Bahasa Indonesia Dalam Penulisan Karangan Ilmiah. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma.

Strubhaar, Joseph. LaRose, Robert. Davenport, Lucinda. 2013 (Seventh Edition).Media Now: Understanding Media, Culture, and Technology. Boston: Wadsworth.

Sumadiria, Harisraktis, AS.(2011). Jurnalistik Indonesia Menulis Berita Dan Feature Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Warnisa, (2020). Analisis Kesalahan Ejaan pada Berita Utama Serambi Indonesia Edisi Januari 2020: Universitas Malikussaleh.

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Nur Romadhan, M. ., Wicaksono, A., & Hastuti. (2023). KESALAHAN PENGGUNAAN KONJUNGSI DALAM SURAT KABAR ONLINE LAMPUNG POST EDISI JANUARI 2023. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 475–482. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/959