PENGGUNAAN KONJUNGSI DALAM TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 18 PESAWARAN

Authors

  • Baeti Cahyaningtias STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Fransisca S.O. Dedi STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Abdulloh STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Konjungsi, teks deskripsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan konjungsi dalam teks deskripsi siswa kelas VII di SMP Negeri 18 Pesawaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, karena data yang dianalisis dan hasil analisisnya berbentuk deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik penugasan yaitu siswa diminta untuk membuat teks deskripsi, kemudian tugas yang dibuat oleh siswa dianalisis untuk mengetahui penggunaan jenis konjungsi koordinatif, yang terdiri dari konjungsi koordinatif penggabungan, pemilihan, mempertentangkan atau mengontraskan, mengoreksi atau membetulkan, menegaskan, pembatasan, mengurutkan, menyamakan dan kesimpulan, sekaligus menganalisis ketepatan penggunaan konjungsi koordinatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam teks deskripsi siswa terdapat 143 data konjungsi koodinatif yang ditemukan. Penggunaan konjungsi koordinatif yang ditemukan dan dianalisis dalam teks deskripsi siswa diantaranya, konjungsi koordinatif penggabungan terdapat 123 data, dengan penggunaan yang tepat 81 data, dan yang tidak tepat 42 data. Konjungsi koordinatif mempertentangkan atau mengontraskan terdapat 4 data, dengan penggunaan konjungsi yang tepat 1 data, dan yang tidak tepat 3 data. Konjungsi koordinatif pembatasan terdapat 1 data dengan penggunaan yang tepat. Konjungsi koordinatif menyamakan terdapat 14 data, dengan penggunaan konjungsi yang tepat 10 data, dan yang tidak tepat 4 data. Konjungsi koordinatif kesimpulan terdapat 1 data dengan penggunaan konjungsi yang tepat. Penelitian ini dapat dijadikan pengetahuan mengenai penggunaan konjungsi dalam teks deskripsi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah.

References

Afifah, S. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Konjungsi Koordinatif dalam Teks Berita Karya Siswa Kelas VIII SMP IT Ash Shiddiqiyyah, Tanggerang Selatan, Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Jakarta. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Abdulloh. (2019). Prinsip Kesantunan Berbahasa di Lingkungan Masyarakat Desa Betung Kecamatan Pematangsawa Kabupaten Tanggamus. Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra, 1 (1). Halaman 99. https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/ksatra/article/view/389/340

Bahtiar, Ahmad, dan Fatimah. (2014). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Bogor: IN Media.

Chaer, Abdul. (2013). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dedi, Fransisca S.O., Tri Riya Anggraini, dan Awalludin. (2022). Pemerolehan Leksikon pada Anak Usia 2 Tahun. Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra, 4 (1). Halaman 39. https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/ksatra/article/view/561/551

Florida, S. (2020). Kemampuan Menggunakan Kata Penghubung dalam Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Bandar Lampung. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

HS, Widjono. (2019). Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Grasindo.

Kasenda, A., Rostiana T., dan Muhammad I. (2016). Konjungsi Bahasa Devayan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan PBSI, 1 (3). Halaman 88. https://jim.usk.ac.id/pbsi/article/view/6912

Kuntarto, Niknik M. (2013). Cermat dalam Berbahasa Teliti dalam Berpikir. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Nugraha, O.A., Abdul N., dan Yakub N. (2015). Penggunaan Konjungsi dalam Bahasa Tulis dan Lisan oleh Siswa Kelas Lima Sekolah Dasar Baki Pandeyan 01 Sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora, 16 (2). Halaman 46. https://journals.ums.ac.id/index. php/humaniora/article/download/ 1843/1294

Purbania, B., Muhammad R., dan Budhi S. (2020). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. BASASTRA Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8 (1). Halaman 64-65. https://jurnal.uns.ac.id/Basastra/article/view/41963

Sitepu, T., dan Rita. (2017). Bahasa Indonesia Sebagai Media Primerkomunikasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2 (1). Halaman 68. https://jurnal.uisu.ac.id/index. php/Bahastra/article/view/ 748

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, cv.

Suyatno, dkk. (2014). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi (Membangun Karakter Mahasiswa melalui Bahasa). Bogor: In Media.

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Cahyaningtias, B., S.O. Dedi, F. ., & Abdulloh. (2023). PENGGUNAAN KONJUNGSI DALAM TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 18 PESAWARAN. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 437–450. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/955