KESANTUNAN BERBAHASA PADA PERCAKAPAN ORANG TUA DAN ANAK DALAM LINGKUNGAN KELUARGA

Authors

  • Indah Puspita Rini STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Andri Wicaksono STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Hastuti STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Kesantunan Berbahasa, keluarga, sosiopragmatik, maksim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pematuhan prinsip kesantunan berbahasa pada percakapan orang tua dan anak dalam lingkungan keluarga dan pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa pada percakapan orang tua dan anak dalam lingkungan keluarga dalam berkomunikasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Setting penelitian dilakukan di Desa Purwodadi Dalam Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan. Teknik pengumpulan data berupa alat rekaman dilakukan dengan cara merekam suatu percakapan, kemudian rekaman tersebut diubah menjadi sebuah teks dan selanjutnya dianalisis. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan Teknik perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi sumber data dan teori. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kesantunan berbahasa pada percakapan orang tua dan anak dalam lingkungan keluarga dalam melakukan interaksi ditemukan sebanyak 30 tuturan yang menggunakan pematuhan prinsip kesantunan kesantunan yakni 8 maksim kebijaksanaan, 7 maksim kedermawanan, 6 maksim penghargaan, 5 maksim kesederhanaan, 2 maksim kesepakatan, dan 2 maksim kesimpatian. Pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa pada percakapan orang tua dan anak dalam lingkungan keluarga ditemukan sebanyak 13 tuturan yakni 2 maksim kebijaksanaan, 3 maksim kedermawanna, 4 maksim penghargaan, 2 maksim kesederhanaan, 1 maksim kesepakatan, dan 1 maksim kesimpatian.

References

Cahyani, Desy Nur dan Fathur Rokhman. 2017. “Kesantunan Berbahasa Mahasiswa dalam Berinteraksi di Lingkungan Universitas Tidar: Kajian Sosiopragamatik,” Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, (Online). Vol 6, No 1 (diakses pada tanggal 04 Maret 2023)

Chaer, Abdul (2012). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hasbullah. (2012). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Leech, Geoffrey. 2011. Prinsip-prinsip Pragmatik. (Terjemahan oleh M.D.D Oka). Jakarta: Universitas Indonesia (UI Press).

Lestari, Sri. (2012). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik Dalam Keluarga. Jakarta: Kencana

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pamungkas, Budi. (2016). Implikatur dalam wacana pojok Mr. Pecut pada Surat Kabar Harian Jawa Pos. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Pranowo.2009. Berbahasa Secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Surastina. 2011. Pengantar Semantik & Pragmatik. Yogyakarta: New Elmatera.

Yule, George. 2015. Kajian Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Puspita Rini, I. ., Wicaksono, A., & Hastuti. (2023). KESANTUNAN BERBAHASA PADA PERCAKAPAN ORANG TUA DAN ANAK DALAM LINGKUNGAN KELUARGA. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 417–426. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/953