KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 32 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Rafika Tiara STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Tri Riya Anggraini STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Hastuti STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

menulis, puisi

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan siswa dalam menulis puisi. Hal tersebut disebabkan kurang minat siswa dalam mengikuti pembelajaran dan kurangnya kreativitas guru ketika proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 32 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2022/2023. adalah metode deskriptif kualitatif. Penggunaan metode ini bertujuan untuk mendeskripsikan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Bandar Lampung. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, model tes (dalam bentuk penugasan menulis teks puisi). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan tentang kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMPN 32 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023 dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa pada menulis puisi termasuk dalam kategori baik dengan nilai akhir atau nilai rata-rata 79,43. Kemudian dari setiap indikator penilaian yaitu, ketepatan isi, pilihan kata, dan kekuatan imaji. pada indikator ketepatan pilihan kata memperoleh nilai akhir atau nilai rata-rata sebesar 79,99 termasuk dalam kriteria kemampuan yang baik, kemudian nilai rata-rata yang diperoleh pada indikator penilaian kesesuaian dengan syarat puisi sebesar 78,32 dengan predikat kemampuan yang baik. Serta nilai akhir atau nilai rata-rata yang diperoleh pada indikator penilaian kesesuaian isi dengan jenis puisi adalah sebesar 79,99 yang termasuk dalam kategori kemampuan yang baik. Dari uraian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa siswa mampu menulis puisi, karena dari tiga indikator penilaian tersebut menunjukan nilai akhir dengan tingkat kemampuan yang baik.

References

Ahyani dan Rachmiati, W. (2015). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Meningkatkan Media Gambar. Ibtida’I Jurnal Penelitian Dan Kependidikan Dasar 4(8). DOI: https://doi.org/10.17509/jpk.v4i8.10498.

Aminatul, Z. (2015). Membangun Kualitas Pembelajaran melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: Yrama Widya.

Aminuddin. (2011). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Elina, Zulkarnaen, dan Sumarno. (2009). Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fuad, M. dan Hidayati. (2019). Keefektifan Pembelajaran Menulis Puisi Menggunakan Media Audio visual untuk Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Simbol 7(3) 18846-43233. Journal Website: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php.

Kosasih. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pradopo. (2012). Beberapa Teori Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sadikin, M. (2011). Kumpulan Sastra Indonesia. Jakarta: Gudang Ilmu.

Sayuti, S.A. (2008). Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.

Slameto. (2005). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulastriningsih dan Mahmudah. (2007). Pengajaran Prosa Fiksi dan Drama. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Surastina. (2015). Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Elmatera.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Group.

Syafi’i. (2013). Retorika Dalam Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Ditjen Pendidikan Tinggi, Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan

Tarigan, H.G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Toyidin. (2013). Sastra Indonesia Puisi Prosa Drama. Subang: Pustaka Bintang.

Wahyuni, R. (2014). Kitab Lengkap Puisi, Prosa, dan Pantun Lama. Yogyakarta: Saufa.

Waluyo, H.J. (2003). Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia.

Wardoyo, M.S. (2013). Teknik Menulis Puisi “Panduan Menulis Puisi untuk Siswa, Mahasiswa, Guru, dan Dosen”. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wicaksono, A. (2017).Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Wiyatmi. (2008). Pengantar Kajian Satra. Yogyakarta: Pustaka.

Yunus, S. (2015). Kompetensi Menulis Kreatif. Bogor: Ghalia Indonesia.

Zara. (2014). Penerapan Metode Kolaborasi Melalui Media Cerita Pendek Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Kelas X Sekolah Menengah Atas Muhamadiyah 2 Palembang. Skripsi. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Tiara, R. ., Riya Anggraini, T. ., & Hastuti. (2023). KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 32 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 403–416. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/952