PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN METODE THINK – TALK – WRITE (TTW) PADA KELAS X.9 SEMESTER GENAP SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022 -2023
Keywords:
Teks Eksposisi, Metode Think-Talk-WriteAbstract
Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi. Hal tersebut disebabkan kurang minat siswa dalam mengikuti pembelajaran dan kurangnya kreativitas guru ketika menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil keterampilan menulis teks eksposisi menggunakan metode pembelajaran yaitu think-talk-write pada kelas X.9 SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022-2023. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, model tes (dalam bentuk penugasan menulis teks eksposisi). Berdasarkan hasil proses pembelajaran diperoleh hasil sebagai berikut. Hasil peningkatan rata-rata nilai siswa pada siklus I yaitu 63,19 menjadi 92,27pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode think-talk-write dapat meningkatkan mutu proses dan hasil belajar menulis teks eksposisi siswa kelas X.9 SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022-2023.
References
Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H. (2013). Model dan metode pembelajaran. Semarang: Unissula.
Alawiyah, S. (2021). Model Pembelajaran Model Pembelajaran Think Talk Write dan Menulis Karangan Argumentasi pada Era Disrupsi. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1691-1700.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dalman, H. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
E. Kosasih, 2017. Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud
Hendriana, H., & Afrilianto, M. (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: Refika Aditama, 2017.
Kunandar, 2011. Langkah Mudah PTK Sebagai Pengembang Profesi Guru, Jakarta: Rajawali Pers
Miranda, M. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Dengan Menggunakan Model Mind Mapping Pada Siswa Kelas VIII Di SMP. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 3(4), 929-938.
Nasution, N. W. 2017. Strategi Pembelajaran. Medan: PERDANA PUBLISHING
Nopriani, H., & Pebrianti, I. T. (2020). Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X melalui Penggunaan Bahan Ajar Hasil Pengembangan. Jurnal Bindo Sastra, 3(2), 93
Puspitasari, E. H. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Kembali Dengan Bahasa Sendiri Melalui Media Film Dongeng Pada Peserta Didik Kelas Vii B Mts Mu’allimin Malebo Temanggung. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2).
Putri, S. R. I. Y., Ulpa, A. M., & Ismayani, M. (2019). Pembelajaran menulis teks eksposisi dengan menggunakan model think talk write (ttw). Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(5), 681-688.
Samsudin, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Menulis Eksposisi Berita dan Menulis Eksposisi Ilustrasi Siswa Kelas V Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 4
Sari, R. M. (2022). Deskripsi Pengetahuan Kaidah dan Aspek Kebahasaan Teks serta Keterampilan Menulis Struktur Tesis Teks Eksposisi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(3), 389-402
Sari, R. M. (2022). Deskripsi Pengetahuan Kaidah dan Aspek Kebahasaan Teks serta Keterampilan Menulis Struktur Tesis Teks Eksposisi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(3), 389-402.
Satini, M. P. (2016). Kemampuan menulis karangan eksposisi dengan menggunakan teknik mind map siswa kelas X SMA negeri 14 Padang. Jurnal Gramatika, 2(2), 167.
Sudjana. 2004. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sudrajat, A., Hanifah, I., & Indiyani, M. (2016). Analisis Struktur Dan Kaidah Teks Eksposisi Pada Harian Pikiran Rakyat Edisi Minggu Ke 2 Bulan Januari 2015 Dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Memahami Teks Eksposisi Di Sma Kurikulum 2013. FON: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1).
Suherli., Suryaman, M., Septiaji, A., & Istiqomah. (2017). Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Wirabumi, R. (2020, October). Metode Pembelajaran Ceramah. In Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET) (Vol. 1, No. 1, pp. 105-113).