PENGARUH METODE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN PROPOSAL KEGIATAN PADA SISWA KELAS XI SMA PERSADA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Aprin Purnama Hadi STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Tri Riya Anggraini STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Dian Permanasari STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

metode pembelajaran, metode jigsaw, proposal kegiatan

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh penerapan metode jigsaw terhadap kemampuan menulis laporan kegiatan pada siswa kelas XI SMA Persada Bandar Lampung.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan memberikan tugas kepada siswa. Populasi penelitian ini berjumlah 90 siswa dan sampel penelitian ditetapkan sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan 27 siswa sebagai kelas kontrol.  Teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling. Hasil penelitian menunjukkanpenerapan metode pembelajaran Jigsaw berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis proposal kegiatan siswa kelas XI SMA Persada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021.

References

Agam, R. (2008). Menulis Proposal. Yogyakarta: Familia.

Akhadiah, dkk. (1988). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Astuti, W. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Berita Di Kelas V Mis Al-Manar Tembung Tahun Pelajaran 2017/2018 (Skripsi). Medan: UIN.

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Finoza, L. (1999). Komposisi Bahasa Indonesia. Bandung: Mawar Gempita.

Hamdani. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Haryadi dan Zamzani. (1996). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Depdikbud.

Jauhari, H. (2013). Terampil Mengarang. Bandung: Nuansa Cendika.

Kurniasih, I dan Sani,B. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: PT Kata Pena.

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Saddhono, K. dan Slamet, S.Y. (2014). Pembelajaran Keterampillan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sanjaya, w. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Suparno, M.Y. (2009). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sutikno, S. (2014). Metode dan Model-model Pembelajaran. Mataram: Holistica Lombok.

Tarigan, H.G. (2008). Membaca Sebagai Sesuatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H.G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Triyanto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Wardoyo, S.M. (2013). Pembelajaran Konstruktivisme Teori dan Aplikasi Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter. Bandung: Alfabeta.

Wicaksono, A. (2014). Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Lampung: Garudhawaca.

Yunus, S.D. (2009). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2021-06-23

How to Cite

Purnama Hadi, A. ., Riya Anggraini, T., & Permanasari, D. . (2021). PENGARUH METODE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN PROPOSAL KEGIATAN PADA SISWA KELAS XI SMA PERSADA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–14. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/91