PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN METODE DRAMATIC LEARNING LISTENING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WAY JEPARA LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Afri Astriani STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Tri Riya Anggraini STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Friska Maryova R STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Kemampuan menulis teks prosedur, metode dramatic learning listening

Abstract

Berdasarkan observasi awal, kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Way Jepara masih rendah. Rendahnya kemampuan menulis siswa disebabkan oleh faktor guru dan faktor siswa. Faktor guru muncul dari pemilihan metode yang digunakan oleh guru. Faktor siswa terlihat pada kurangnya motivasi pada diri siswa, kurangnya pembiasaan terhadap kegiatan menulis serta kesulitan siswa untuk menuangkan ide dalam menulis teks prosedur. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks prosedur menggunakan metode field trip. Penelitian ini dilakukan melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi serta evaluasi dan refleksi dengan menggunakan dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menulis teks prosedur menggunakan metode field trip siswa kelas VII SMP Negeri 1 Way Jepara mengalami peningkatan yaitu hasil observasi aktivitas guru siklus I 72,5% kategori cukup baik menjadi 80% kategori baik. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I 62,5% kategori kurang baik menjadi 90% kategori sangat baik. Jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 21 orang meningkat menjadi 29 oran pada siklus II. Ketuntasan belajar secara klasikal dari siklus I 65,62 % meningkat menjadi 87,87% pada siklus II, sehingga dapat dikatakan sudah memenuhi target ketuntasan yaitu 85%.

References

Ali, Muhammad. (2000). Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi Bandung Angkasa.

AM. Sardiman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, PT. Raja Grafindo Persada Jakarta

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pengantar. Jakarta: Bina Aksara.

Anurrahman. (2003). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran . Jakarta: Rajawli Press.

Bahri Djamarah, Syaiful. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rinek Cipta.

Djajadisastra. (2002). Belajar dan Mengajar: Jakarta Raja Grafindo

Endah Ariani Madusari dkk. (2009). Metodologi Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Finoza, Lamuddin. (2006). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Diksi Insan Mulia.

Hadi, Sutrisno. (2000). Metodologi Research.Yagyakarta:Universitas Gajah Mada

Hamalik, Omar. (2002). Metode Mengajar dan Kesulitan Belajar, Aksara Bandung.

Mallo Manase (2001). Metode Penelitian Sosial, Jakarta : UK Karumelia

Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar Jakarta Rineka Cipta

Sagala, S. (2004). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Shoimin Aris. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana. (2002). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sumani, Mukhlas (2011) Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suparman. (2010). Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Downloads

Published

2021-06-23

How to Cite

Astriani, A. ., Riya Anggraini, T. ., & Maryova R, F. . (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN METODE DRAMATIC LEARNING LISTENING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WAY JEPARA LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–12. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/88