UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN METODE SMALL GROUP DISCUSSION PADA SISWA KELAS VIII SMP AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Nabila Septiana STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Sudarmaji STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Frieska Maryova R STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Small Group Discussion, Menulis Teks Persuasi

Abstract

Menulis adalah suatu kegiatan yang aktif dan produktif serta memerlukan cara berfikir yang teratur dan diungkapkan dalam bahasa tulis. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks persuasi menggunakan metode Small Group Discussion siswa kelas VIII SMP AL AZHAR 3 Bandar Lampung. Setelah menggunakan metode Small Group Discussion dalam pembelajaran menulis teks persuasi, pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sebelumnya dilakukan tindakan prasiklus atau observasi awal digunakan untuk mengetahui kondisi peserta didik diawal. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Lalu metode pemgumpulan data yang digunakan yaitu observasi, model tes dalam bentuk penugasan menulis teks berita. Data dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan aktifitas belajar siswa, yakni pada siklus I berkategori cukup baik menjadi sangat baik. Hasil penelitian siswa siklus I mecapai 69,58  dan mengalami peningkatan menjadi 82,70 pada siklus ke II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Small Group Discussion dapat meningkatkan proses dan hasil belajar menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP AL AZHAR 3 Bandar Lampung 3 Tahun Pelajaran 2022/2023.

References

Firdaus, Asep; Supendi, Ahmad; Paridudin. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Menulis Berita Siswa MTSN 4 Sukabumi. Bahastra Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 5(2), 30, ISSN 2614-2988.

https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/article/view/3675/2573

Fua, Muhammad; Sunarti, Iing; Bomasati. (2019). Pengembangan Lkpd Menulis Teks Persuasif Menggunakan Video Untuk Siswa SMP Kelas VIII. J-Simbol Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 7, Nomor 2, 2019, ISSN 2855-4061.http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO/login

Hasani, A.N. (2018). Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Metode Karyawisata Terhadap Keterampilan Menulis. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 3, Nomor 1, April 2018, ISSN 2443-3918. DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v7i1

Nuryatin, Agus; Rizqi, Dessy. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Teknik Kata Mengalir dengan Media Sticky Notes pada Siswa Kelas VIII D SMP Negri 2 Magelang. Jpbsi Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 7(1),

Rahma, Laela; Pristiwati, Rahayu. (2019). Keterampilan Menyajikan Teks Persuasi Melalui Model Scaffolding dengan Media Kartu Cerita Lingkungan Kita (Kartalita). Jpk Jurnal Profesi Keguruan 5(2), 180-183. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/21254

Rinni, M.R. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Berdasarkan Gambar Seri Melalui Metode Latihan pada Siswa Kelas 3 SDN 02 Polanto Jaya. Jurnal Kreatif Tadulako Online 1(4), ISSN 2354-614X. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2739

Rustam; Soedarto, Hary; Janiasari. (2018). Kemampuan Menulis Paragraf Deskriptif Menggunakan Media Gambar Siswa SMP di Kota Jambi. Dikbastra Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 1(2), ISSN 2621-1424. DOI: https://doi.org/10.22437/dikbastra.v1i2.9660

Sartono. (2015). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Menggunakan Teknik Peer Review Kelas X MIPA 1 SMAN 2 Magelang. Transformatika Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarnya, Volume 1, Nomor 1, 15 Maret 2015, ISSN 0S54-S412.DOI: http://dx.doi.org/10.31002/transformatika.v11i1.112

Wagiran dan Baehaqie, Imam. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Melalui Model Think Talk Write dengan Pemanfaatan Media Kliping Foto Jurnalistik pada Siswa Kelaa VIII C SMP Negri 8 Batang. Jpbsi Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 5(1), ISSN 2252-6722. DOI : https://doi.org/10.15294/jpbsi.v5i1.11298sastra. Yogyakarta: PT. BPFE-YOGYAKARTA.

Rahayu, Sri. Efendi, Aslan. (2022). Analisis penggunaan bahasajurnalistik pada berita utama dalam surat kabar tribun kota baru. Jurnal Penelitian dan Pengabdian sastra, Bahasa dan Pendidikan. 1. (2). Hal 1

Rahmadani, Nunu. (2019). Peningkatan keterampilan menulis permulaan melalui penerapan metode struktur analitik sintetik (sas). Joernal of Teaching and Learning Research. 1. (1). Hal 34.

Restendy, Mochamad Sinung. (2016). Daya tarik jurnalistik pers, berita, dan perbedaan peran dalam news casting. Daya tarik Jurnalistik. 4. (2). Hal 2.

Rita. Sitepu, Tepu. (2017). Bahasa indonesia sebagai media primerkomunikasi pembelajaran. Jurnal Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2. (1) hal 67.

Rojaki. (2012). Upaya menigkatkan kemampuan menulis puisi melalui model pembelajaran sinektik siswa kelas X 3 SMA Negeri 2 sekayu. Jurnal Ilmiah Guru. 2. (16). Hal 59.

Shoimin, Aris. (2020). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Situmorang, Nila, Martha, Yehonala. Meningkatkan kemampuan menulis berita menggunakan teknik Guiding Questions. Jurnal Of education Action Research. 2. (2). Hal 166.

Sosimus. (2020). Kemampuan menulis teks berita teknink pengamatan pemodelan. Jurnal Kajian dan Ilmu Pembelajaran Pedoman. 4. (1) hal 83

Suhandra, Ika Rama. (2019). Hubungan bahasa sastra dan ideologi.Cordova Jurnal. 9. (2). Hal 173.

Tarigan, Guntur, Hanry. (2013). Menulis. Bandung: CV. Angkasa

Trismanto. (2017). Keterampilan menulis dan permasalahannya. Jurnal bangun rekaprima. 3. (1) hal 63.

Vera, Sardila. (2015l). Srategi pengembangan linguistik terapan melalui kemampuan menuis biografi dan autobiografi sebuah upaya membangun keterampilan menulis kreatif mahasiswa. Jurnal Pemikiran Islam. 40. (2). Hal 114.

Downloads

Published

2023-06-23

How to Cite

Septiana, N. ., Sudarmaji, & Maryova R, F. . (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN METODE SMALL GROUP DISCUSSION PADA SISWA KELAS VIII SMP AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 303–312. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/689