UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR BERITA DENGAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 32 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Febri Kurniawan STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Tri Riya Angraini STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Frieska Maryova R STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Kemampuan Mengidentifikasi, Unsur-Unsur Berita, Inquiri

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks berita. Hal tersebut disebabkan kurang minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan kurangnya  kreativitas guru ketika menggunakan metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri  32 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023 dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks berita yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran inquiri.  Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau PTK. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Berdasarkan hasil proses pembelajaran diperoleh hasil sebagai berikut. Hasil peningkatan aktivitas guru siklus I mencapai 65% meningkat menjadi 75% pada siklus II. Pada siklus I aktivitas peserta didik yaitu 67% meningkat menjadi 77% pada siklus II. Hasil nilai peserta didik juga mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 62% menjdi 76% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran inquri dapat meningkatkan proses dan hasil belajar mengidentifikasi unsur-unsur teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023.

References

Ahyani dan Rachmiati, W. (2015). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Meningkatkan Media Gambar. Ibtida’I Jurnal Penelitian Dan Kependidikan Dasar 4(8). DOI: https://doi.org/10.17509/jpk.v4i8.10498.

Aminatul, Z. (2015). Membangun Kualitas Pembelajaran melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: Yrama Widya.

Aminuddin. (2011). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Elina, Zulkarnaen, dan Sumarno. (2009). Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fuad, M. dan Hidayati. (2019). Keefektifan Pembelajaran Menulis Puisi Menggunakan Media Audio visual untuk Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Simbol 7(3) 18846-43233. Journal Website: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php.

Kosasih. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pradopo. (2012). Beberapa Teori Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sadikin, M. (2011). Kumpulan Sastra Indonesia. Jakarta: Gudang Ilmu.

Sayuti, S.A. (2008). Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.

Slameto. (2005). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulastriningsih dan Mahmudah. (2007). Pengajaran Prosa Fiksi dan Drama. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Surastina. (2015). Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Elmatera.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Group.

Syafi’i. (2013). Retorika Dalam Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Ditjen Pendidikan Tinggi, Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan

Tarigan, H.G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Toyidin. (2013). Sastra Indonesia Puisi Prosa Drama. Subang: Pustaka Bintang.

Wahyuni, R. (2014). Kitab Lengkap Puisi, Prosa, dan Pantun Lama. Yogyakarta: Saufa.

Waluyo, H.J. (2003). Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia.

Wardoyo, M.S. (2013). Teknik Menulis Puisi “Panduan Menulis Puisi untuk Siswa, Mahasiswa, Guru, dan Dosen”. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wicaksono, A. (2017).Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Wiyatmi. (2008). Pengantar Kajian Satra. Yogyakarta: Pustaka.

Yunus, S. (2015). Kompetensi Menulis Kreatif. Bogor: Ghalia Indonesia.

Zara. (2014). Penerapan Metode Kolaborasi Melalui Media Cerita Pendek Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Kelas X Sekolah Menengah Atas Muhamadiyah 2 Palembang. Skripsi. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Downloads

Published

2023-06-23

How to Cite

Kurniawan, F. ., Angraini, T. R. ., & Maryova R, F. . (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR BERITA DENGAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 32 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 243–254. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/671