ANALISIS NILAI-NILAI EDUKASI BUDAYA DALAM NOVEL ANAK RANTAU KARYA AHMAD FUADI

Authors

  • Hilda Wahyuni STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Wayan Satria Jaya STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Frieska Maryova R STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Nilai Edukasi Budaya, Novel

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai edukasi budaya yang terdapat dalam novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai edukasi budaya yang terdapat dalam novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan cara mendeskripsikan objek lalu menganalisis dan menafsirkan data. Sumber data penelitian adalah novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi, sedangkan data penelitiannya berupa kutipan yang diambil dari novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi. Teknik analisis data dilakukan dengan berbagai cara yaitu membaca sekilas, membaca keseluruhan, mengamati, mendeskripsikan dan menentukan bagian-bagian yang menceritakan nilai-nilai edukasi budaya dalam novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi. Hasil temuan penelitian nilai-nilai edukasi budaya dalam novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi terdapat empat ragam yang meliputi: adat istiadat, tradisi, melestarikan budaya minang, dan meningkatkan kesejahteraan hidup merantau. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan masyarakat umum dan peminat sastra pada khususnya agar mengamalkan dan mengaplikasikan nilai edukasi budaya dalam novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi. Nilai edukasi budaya yang dimaksud pesan dan amanah yang disampaikan oleh Ahmad Fuadi yaitu pada nilai budaya yang sudah berkembang dan menjadi kebiasaan yang sukar diubah. Kemudian diharapkan kepada peneliti selanjutnya agar mengkaji lebih mendalam novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi dengan pendekatan lain karena masih banyak hal-hal penting diungkapkan kepada masyarakat yang terdapat dalam novel tersebut.

References

Abidin, M. (2021). Pendidikan Moral dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Jurnal Paris Langkis: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2(1), 57-59, 2723-7001. https://e-journal.upr.ac.id/ index.php/parislangkis/article/ view/3282/2699

Amir, E.J. (2019). Nilai Pendidikan Dalam Novel Bidadari-bidadari Surga Karya Tere Liye. Skripsi. Makassar: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/ upload/9165-Full_Text.pdf

Andini, I; Asnawi; Sukirno; Fransyaigu, R. (2020). Hubungan Antara Pendidikan Karakter Dengan Nilai Religius Pada Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. JBES: Jurnal of Basic Education Studies 3(1), 13, 2656-6702. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/download/2562/1804/

Angelia, Y; Hasan, I. (2017). Merantau dalam Menuntut Ilmu (Studi Living Hadis oleh Masyarakat Minangkabau). Jurnal Living Hadis 2(1), 72, 2528-756. https://media.neliti.com/media/publications/270609-merantau-dalam-menuntut-ilmu-studi-livin-147ba5d3.pdf

Anita; Sulaiman, H. (2020). Makna Ritual Peka Di Desa Mautenda Kecamatan Wewaria Kabupaten Ende. Jurnal Sajaratun Pendidikan Sejarah Universitas Flores 4(1), 35, 2541-0873. https://e-journal.uniflor.ac.id/ index.php/sajaratun/ article/download/1347/1149

Diana, L. (2018). Resepsi Anak Usia SMP Terhadap Novel Teenlit Yang Berjudul Dalam Rinai Hujan Karya Arie Saptadji. JIBS. Jurnal Ilmiah dan Sastra 5(1), 19, 2355-7083. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JIBS/ article/download/ 3171/2096/

Emi. (2017). Nilai Moral dan Nilai Budaya Dalam Novel Kelopak Cinta Kelabu Karya Suhairi Rachmad dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMP. PEMBAHSI. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 7(1), 72. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php /pembahsi/article/download/1285/1120

Fatimah, S; Agustina, E; Chanafiah, Y. (2020). Novel Orang-orang Biasa Karya Andrea Hirata (Kajian Sosiologi Sastra). Jurnal Ilmiah Korpus 4(3), 383, 2614-6614. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/korpus/article/download/ 13367/7259

Febriyanti, N; Dewi, D.A. (2021). Pengembangan Nilai Moral Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan 5(2), 478, 1978-0184. https://journal.upy.ac.id/ index.php/pkn/article/view/1772/pdf

Florentino, M. (2022). Pengaruh Adat Istiadat Terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar di Kota Maumere. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 4(2), 248 2714-7711. https://www.jurnal.iaihnwpancor.ac.id/ index.php/badaa/article/ download/670/556

Fuadi, A. (2017). Anak Rantau. Yogyakarta: Falcon.

Hamzah, I. (2017). Nilai Edukatif Dalam Novel Maha Mimpi Anak Negeri Karya Suyatna Pamungkas. Skripsi. Makassar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. https://digilibadmin. unismuh.ac.id/upload/7828-Full_Text.pdf

Hartati, D.W; Susilo, J. (2022). Nilai Budaya Dalam Novel Assalammualaikum Beijing Karya Asma Nadia (Kajian Struktural Genetik). Jurnal Tuturan 11(2), 71, 2089-2616. https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/jurnaltuturan/ article/view/7511/3136

Hasibuan, A.P.G. (2016). Penanaman Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Rokania 1(1), 83, 2527-6018. https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/ index.php/jpr/article/view/85

Helmawati. (2017). Pendidikan Karakter Sehari-hari. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hermawan, D; Shandi.(2019). Pemanfaatan Hasil Analisis Novel Seruni Karya Almas Sufeeya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. Metamorfosis: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya 12(1), 14, 1978-9842. https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/metamorfosis/article/download/125/127/468

Hesti; Ahmad.(2021). Tradisi Katoba Pembentuk Karakter Anak di Muna. Jurnal Buah Hati 8(2), 3, 2502-6836. https://ejournal.bbg.ac.id/buahhati/article/ download/1249/1147

Hidayat, H.N; Sudardi, B; Widodo, S.T; Habsari, S.K. (2021). Harga Diri dan Status Sosial: Motif Merantau Orang Minangkabau Dalam Film (Pride and Social Status: The Migrating Motive Minangkabau People in Cinema). Kandai 17(2), 281, 1907-204. https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/ jurnal/index.php/kandai/article/download/2805/1653

Ilafi, G.A; Eka, M; Wijayanti, A. (2020). Nilai Budaya dalam Novel KKN di Desa Penari karya Simpleman dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMA. Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3(2), 78, 2715-9612. https://jom.untidar.ac.id/index.php/ repetisi/article/view/1033

Irawanti, A.A; Agustiani, T. (2020). Analisis Nilai Moral Dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 4(2), 98-99, 2550-0848. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/ Bahastra/article/download/3148/2093

Juwariyah, S. (2019). Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Ada Surga di Rumahku Karya Oka Aurora Sebagai Alternatif Bahan Ajar Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Sastra Indonesia 8(2), 111-112, 2252-6315. https://journal. unnes.ac.id/sju/index.php/jsi/article/view/33717/14116

Kamariah; Supratno, H; Tjahjono, T. (2021). Nilai Pendidikan Sosial dan moral dalam kumpulan cerpen mandi bungas karya penulis wanita Kalimantan selatan. LENTERA Jurnal Ilmiah Pendidikan 16(1), 73, 0216-7433. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/jpl/article/view/1403/690

Krisalia, W; Sudrajat, T.R; Sahmini, M. (2021). Menganalisis Nilai-Nilai Edukasi Dalam Novel “Mentari Impian” Karya Ichen ZR. Parole Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 4(1), 211-212, 2614-624. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/7022/pdf

Kurniawan, M.A; Ysh, A.Y.S; A, F.P. (2021). Penerapan Nilai-nilai Religius Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SDN Jambean 01 Pati 2(2), 198, 2776-5865. https://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka/article/download/ 1174/803

Lestari, M.L; Arianingsih, A; Febrianty, F. (2017). Hubungan Aspek Sosiologi Pengarang Dengan Unsur Intrinsik Dalam Novel Nijuushi No Hitomi. Janaru Saja 6(2), 66-68, 2301-5519. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/ janarusaja/article/view/579

Lubis, F.W. (2020). Analisis Androgini Pada Novel “Amelia” Karya Tere Liye. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia 17(1), 3, 2621-5616. https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/je/article/download/256/176

Lubis, H.P. (2022). Analisis Gaya Bahasa Dalam Novel 5 Cm Karya Donny Dhirgantoro. J-Ceki: Jurnal Cendikia Ilmiah 1(3), 186, 2828-5271. https://ulilalbabinstitute.com/index.php/J-CEKI/article/download/145/230

Mardianah, Y. (2021). Warisan Budaya Kopi Sekanak Kepulauan Riau. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 1(3), 88, 2809-7181.https://journal. amikveteran.ac.id/index.php/jurdikbud/article/download/99/64

Ma'rifah, I. (2020). Peran Sastra Dalam Membangun Karakter Bangsa (Perspektif Pendidikan Islam). Titian: Jurnal Ilmu Humaniora 4(2), 184, 2615-3440. https://online-journal.unja.ac.id/titian/article/download/11343/10302/ 30308

Martahayu, V; Irfansyah, R; Anharudin, Aan. (2020). Penggunaan Karya Seni Mural Di Pemandian Air Barat Desa Ranggung Sebagai Media Pendukung Berbasis Edukasi Sosial Kemasyarakatan. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 3(2), 231, 2614-5251. https://media.neliti.com/ media/publications/534920-none-c2734d63.pdf

Minawati, S; Rindarjono, G.M; Sarwono. (2017). Pola Keruangan Budaya Merariq Masyarakat Lombok Timur (Implementasinya Sebagai Pengayaan Pembelajaran Geografi Kelas XI Pada Pokok Bahasan Budaya Nasional dan Interaksi Global). Jurnal GeoEco 3(1), 34, 2460-0768. https://jurnal.uns.ac.id/GeoEco/ article/download/11052/9890

Missi; Rosmiati, A. (2022). Analisis Unsur Ekstrinsik Novel Selimut Mimpi Karya R. Adrelas sebagai Media Pembelajaran Sastra. Tuwah Pande: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 1(2), 35-36, 2963-7953. https://tuwah-pande.com/index.php/tuwahpande/article/view/8/8

Panambunan, I.W; Badaruddin, S; Kuswarini, P. (2022). Analisis Strukturalisme Robert Stanton dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye. JOEL: Jurnal of Educational and Language Research 1(10), 1-2, 2807-8721. https://bajangjournal.com/index.php/JOEL/article/download/2284/1656/4378

Pangestika, N.R.N; Nurharini, A. (2021). Pelestarian Budaya Indonesia Melalui Indonesian Cultural Week. Joyful Learning Journal 10(1), 20, 2252-6366. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/download/44404/19308

Prayogi, R; Danial, E. (2016). Pergeseran Nilai-nilai Budaya Pada Suku Bonai Sebagai Civic Culture. Humanika 23(1), 65, 1412-9418. https://ejournal. undip.ac.id/index.php/humanika/article/view/11764

Priatna, Y. (2017). Melek Informasi Sebagai Kunci Keberhasilan Pelestarian Budaya Lokal. Jurnal Publis 1(2), 39, 2598-7852. https://journal.umpo.ac. id/index.php/PUBLIS/article/download/720/578

Rezeki, L.S. (2021). Analisis Majas Personifikasi pada Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan. Jurnal Berasa: Beranda Sastra 1(2), 51, 2745-4541. https://berasa.ejournal.unri.ac.id/index.php/berasa/article/view/26/11

Rofiq, A. (2019). Tradisi Slametan Jawa Dalam Perpektif Pendidikan Islam. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 15(2), 96, 1693-0649. https://jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/attaqwa/article/download/13/12

Saenal.(2020). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia di Era Globalisasi. Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial dan budaya 1(2), 6. https://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/adrsb/article/download/25/22/114

Safitri, R. (2022). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Sastra Di SMA. Skripsi. Bandar Lampung. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Saihu.(2020). Pendidikan Sosial yang Terkandung Dalam Surat At-Taubah Ayat 71-72. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 9(1), 128, 2614-4018. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/703/504

Santika, L; Friantary, H; Andra, V. (2022). Analisis Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Trauma Karya Boy Candra. JPI: Jurnal Pustaka Indonesia 2(3), 4, 2797-8915. https://www.siducat.org/index.php/jpi/article/ download/414/313

Sihombing, D.E; Sitohang, T; Panggabean, S. (2022). Analisis Konflik Tokoh Dalam Novel “Tiga Garis Aku, Kamu, Takdir” Karya Lucya Chriz. Jurnal Pendidikan Tambusai 6(2), 3, 2614-6754. https://jptam.org/index. php/jptam/article/ download/4804/4082/9195

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhendra, R; Muliawati, H; Rasyad, S. (2020). Analisis Nilai Edukasi Dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata Serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Teks Novel Di SMA. Jurnal Tuturan 9(1), 24, 2089-2616. https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/jurnaltuturan/article/view/3637/1796

Surastina. (2021). Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Elmatera.

Tarsinih, E. (2018). Kajian Terhadap Nilai-nilai Sosial dalam Kumpulan Cerpen “Rumah Malam di Mata Ibu” Karya Alex R. Nainggolan Sebagai Alternatif Bahan Ajar. Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3(2), 70, 2541-3252. https://bahterain donesia.unwir.ac.id/index.php/ BI/article/view/18/12

Teeuw, A. (2015). Sastra dan Ilmu Sastra. Bandung: Pustaka Jaya.

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi. Edisi Revisi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Wisudayanti, K.A. (2022). Pendidikan Moral Sebagai Wadah Pembentuk Calon Pendidik yang Berkarakter. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar 3(1), 93-94, 2721-3935. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/edukasi/ article/view/2312/1751

Yanti, M; Afdal. (2020). Budaya Merantau Masyarakat Nagari Suayan Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Buana Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial 4(3), 154, 2615-2630. https://geografi.ppj.unp.ac.id/ index.php/student/article/download/1000/452/

Yuliyanti, A. (2021). Makna Dan Tradisi Profesi Khatam Al-Quran. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman 2(3), 175, 2774-5473. https://jurnal.unisa.ac.id/ index.php/jfik/ article/download/141/99

Downloads

Published

2023-06-23

How to Cite

Wahyuni, H. ., Satria Jaya, W., & Maryova R, F. . (2023). ANALISIS NILAI-NILAI EDUKASI BUDAYA DALAM NOVEL ANAK RANTAU KARYA AHMAD FUADI. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 181–196. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/666