PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 32 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Yuda Pratama STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Tri Riya Angraini STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Hastuti STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

menulis, eksposisi, discovery learning

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi. Hal tersebut disebabkan kurang minat siswa dalam mengikuti pembelajaran dan kurangnya kreativitas guru ketika menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil keterampilan menulis teks eksposisi menggunakan model pmbelajaran yaitu discovery learning pada kelas VII SMP Negeri 32 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023.Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, model tes (dalam bentuk penugasan menulis teks eksposisi.Berdasarkan hasil proses pembelajaran diperoleh hasil sebagai berikut. Hasil peningkatan aktivitas guru siklus I mencapai 77% meningkat menjadi 86% pada siklus II. Pada siklus I aktivitas belajar siswa yaitu 58% meningkat menjadi 89% pada siklus II. Hasil nilai siswa juga mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 61% menjadi 78% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan mutu proses dan hasil belajar menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 32 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023.

References

Ahyani dan Rachmiati, W. (2015). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Meningkatkan Media Gambar. Ibtida’I Jurnal Penelitian Dan Kependidikan Dasar 4(8). DOI: https://doi.org/10.17509/jpk.v4i8.10498.

Aminatul, Z. (2015). Membangun Kualitas Pembelajaran melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: Yrama Widya.

Aminuddin. (2011). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Elina, Zulkarnaen, dan Sumarno. (2009). Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fuad, M. dan Hidayati. (2019). Keefektifan Pembelajaran Menulis Puisi Menggunakan Media Audio visual untuk Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Simbol 7(3) 18846-43233. Journal Website: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php.

Kosasih. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pradopo. (2012). Beberapa Teori Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sadikin, M. (2011). Kumpulan Sastra Indonesia. Jakarta: Gudang Ilmu.

Sayuti, S.A. (2008). Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.

Slameto. (2005). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulastriningsih dan Mahmudah. (2007). Pengajaran Prosa Fiksi dan Drama. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Surastina. (2015). Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Elmatera.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Group.

Syafi’i. (2013). Retorika Dalam Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Ditjen Pendidikan Tinggi, Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan

Tarigan, H.G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Toyidin. (2013). Sastra Indonesia Puisi Prosa Drama. Subang: Pustaka Bintang.

Wahyuni, R. (2014). Kitab Lengkap Puisi, Prosa, dan Pantun Lama. Yogyakarta: Saufa.

Waluyo, H.J. (2003). Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia.

Wardoyo, M.S. (2013). Teknik Menulis Puisi “Panduan Menulis Puisi untuk Siswa, Mahasiswa, Guru, dan Dosen”. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wicaksono, A. (2017).Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Wiyatmi. (2008). Pengantar Kajian Satra. Yogyakarta: Pustaka.

Yunus, S. (2015). Kompetensi Menulis Kreatif. Bogor: Ghalia Indonesia.

Zara. (2014). Penerapan Metode Kolaborasi Melalui Media Cerita Pendek Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Kelas X Sekolah Menengah Atas Muhamadiyah 2 Palembang. Skripsi. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Downloads

Published

2023-06-23

How to Cite

Pratama, Y. ., Angraini, T. R. ., & Hastuti. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 32 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 159–170. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/663