MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING EXTENDING) SISWA KELAS XII IIS 3 SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Armalia Sari STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Sudarmaji STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Nani Angraini STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending), Menulis Teks Berita

Abstract

Menulis adalah suatu kegiatan yang aktif dan produktif serta memerlukan cara berfikir yang teratur dan diungkapkan dalam bahasa tulis. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks berita menggunakan model Core siswa kelas XII IIS 3 SMA Negeri 4 Bandar Lampung Setelah menggunakan model Core dalam pembelajaran menulis berita pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sebelumnya dilakukan tindakan prasiklus atau observasi awal digunakan untuk mengetahui kondisi peserta didik diawal. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Lalu metode pemgumpulan data yang digunakan yaitu observasi, model tes dalam bentuk penugasan menulis teks berita. Data dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan aktifitas belajar siswa, yakni pada siklus I berkategori baik menjadi sangat baik. Hasil penelitian siswa siklus I mecapai 72,61 dan mengalami peningkatan menjadi 86,66 pada siklus ke II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar menulis teks berita siswa kelas XII IIS 3 Semester genap SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023.

References

Alawiyah, Susi. (2021). Model pembelajaran thing talk write dan menulis karangan narasi pada era disrupsi. Jurnal Inovasi Penelitian. 1. (8). hal 1691.

Aqwal, Syifa, Masyhuril. Khoerunnisa, Putri. (2020). Analisis model-model pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar. 4. (1). 2

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aswina, Andi. Ms, Andi, Trisnowali. (2019). Pengaruh model pembelajaran Core (Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending) terhadap hasil belajar siswa kelas X. Jurnal Kependidikan. 13. (1). Hal 44.

Baehaqie, Imam. Suprapti. dan Rohim, Miftahur. (2013). Analisis kontratif bahasa indonesia dan bahasa arab berdasarkan kala, jumlah dan persona. Jurnal Sastra Indonesia. 1. (2) .hal 2.

Dalman. (2016). Keterampilan menulis. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Efendi, Erwan. Rambe, Sapriadi. Lubis, Hardomi, Alwi. Agustina, Siti. (2023). Menulis isi berita dan feature. Jurnal Pendidikan Tambusai. 7. (1). hal 2090

Fauzi, Mohd. Hutahaean, Sorta. (2014). Bahasa dan realitas pendekatan soatup psikologisme. Jurnal Ilmu budaya. 10. (2). Hal 107.

Hartati, Sri. Peningkatan keterampilan menulis berita dengan pendekatan terpadu dengan media gambar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Teras. Jurnal Manajemen Pendidikan. 10. (2). Hal 131.

Hutahaean, Sorta. dan Fauzi, Mohd. (2014). Bahasa dan realitas: suatu pendekatan Paikologisme. Jurnal Ilmu Budaya. 10. (2). hal 105.

Juditha, Chirstanty. (2013). Akurasi jurnalisme dalam berita online. Jurnal Pekomas. 16. (3). Hal 148.

Juliana. (2020). Pengaruh pendekatan saintifikdan aktifitas siswa terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa dikelas V SDS gracia sustain medan. Jurnal Tunas Bangsa. 7. (2). hal 300.

Karisna, Deksen. (2020). Analisis unsur-unsur kelengkapan berita dalam teks berita siswa Mts. Muhammadyah lebung itam. Wahana Didaktika. 18. (1).hal 98

Khalik, Idham. (2021). Kemampuan mmeingkatkan menulis cerita pendek sebagai trapi ekspresif terhadap emosi padapeserta didik kelas xi man 3 kota jambi. Jurnal Literasiologi. 6. (2) hal 5.

Khalik, Idham. (2021). Peningkatan kemampuan menulis cerita pendek sebagai terapi ekspresif terhadap emosi terhadap peserta didik kelas XI man 3 kota jambi. Jurnal Literasiologi. 6. (2). Hal 4.

Mahmud, H. (2017). Upaya meningkatkan kemampuan menulis dengan teknik RCG (Reka Cerita Gambar) pada siswa kelas VI SDN rangkak kecamatan kopang, kabupaten lombok tengah tahun 2017/2018. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. 1. (2). Hal 35.

Melinda, Kiki. Dewi, Tiara, Anggia. Pengaruh pengguna model pembelajaran CORE berbantu multimedia interaktif terhadap hasil belajar ekonomi. Jurnal Promosi. 9. (1). Hal 78

Misra. (2011). Peningkatan kemampuan menulis pengumuman melalui metode latihan siswakelas IV Sd impres 2 gio kecamatan moutong. Jurnal Kreatif Tadulako Online. 1. (2) hal 61.

Muliana. Tibahary, Abdul, Rahman. (2018). Model-model pembelajaran Inovativ. Journal of pedagogy. 1. (1). Hal 56.

Nurgiyantoro, Burhan. (2001). Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra. Yogyakarta: PT. BPFE-YOGYAKARTA.

Rahayu, Sri. Efendi, Aslan. (2022). Analisis penggunaan bahasa jurnalistik pada berita utama dalam surat kabar tribun kota baru. Jurnal Penelitian dan Pengabdian sastra, Bahasa dan Pendidikan. 1. (2). Hal 1

Rahmadani, Nunu. (2019). Peningkatan keterampilan menulis permulaan melalui penerapan metode struktur analitik sintetik (sas). Joernal of Teaching and Learning Research. 1. (1). Hal 34.

Restendy, Mochamad Sinung. (2016). Daya tarik jurnalistik pers, berita, dan perbedaan peran dalam news casting. Daya tarik Jurnalistik. 4. (2). Hal 2.

Rita. Sitepu, Tepu. (2017). Bahasa indonesia sebagai media primerkomunikasi pembelajaran. Jurnal Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2. (1) hal 67.

Rojaki. (2012). Uapaya menigkatkan kemampuan menulis puisi melalui model pembelajaran sinektik siswa kelas X 3 SMA Negeri 2 sekayu. Jurnal Ilmiah Guru. 2. (16). Hal 59.

Shoimin, Aris. (2020). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Situmorang, Nila, Martha, Yehonala. Meningkatkan kemampuan menulis berita menggunakan teknik Guiding Questions. Jurnal Of education Action Research. 2. (2). Hal 166.

Sosimus. (2020). Kemampuan menulis teks berita teknink pengamatan pemodelan. Jurnal Kajian dan Ilmu Pembelajaran Pedoman. 4. (1) hal 83

Suhandra, Ika Rama. (2019). Hubungan bahasa sastra dan ideologi.Cordova Jurnal. 9. (2). Hal 173.

Tarigan, Guntur, Hanry. (2013). Menulis. Bandung: CV. Angkasa.

Trismanto. (2017). Keterampilan menulis dan permasalahannya. Jurnal bangun rekaprima. 3. (1) hal 63.

Vera, Sardila. (2015). Srategi pengembangan linguistik terapan melalui kemampuan menuis biografi dan autobiografi sebuah upaya membangun keterampilan menulis kreatif mahasiswa. Jurnal Pemikiran Islam. 40. (2). Hal 114.

Downloads

Published

2023-06-23

How to Cite

Sari, A., Sudarmaji, & Angraini, N. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING EXTENDING) SISWA KELAS XII IIS 3 SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 109–120. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/658