KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG

Authors

  • I Komang Tegar Swastirta STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Andri Wicaksono STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Hastuti STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Kemampuan, Menulis Cerpen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kemampuan Menulis Cerpen Pada Siswa kelas XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, data yang dihasilkan akan dinilai menggunakan kalimat. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik penugasan yaitu siswa diminta untuk membuat cerpen dengan mengutamakan unsur intrinsik dalam cerpen, kemudian tugas yang dibuat oleh siswa dianalisis untuk mengukur kemampuan siswa dari aspek tema, latar, alur atau jalannya cerita, sudut pandang dan penokohan serta amanat. Setelah itu data yang telah diperoleh dikoreksi kemudian dinilai berdasarkan kategori yang telah ditentukan ditinjau dari instumen penilian. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Kemampuan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung dalam kategori cukup karena masih banyak terdapat beberapa kesalahan penulisan pada aspek tema,latar, alur atau jalannya cerita, sudut pandang dan penokohan serta amanat. Siswa perlu motivasi dan materi mengenai kebahasaan dalam pembelajaran menulis sastra terutama dalam menulis cerpen sehingga cerpen yang ditulis oleh siswa dapat tersusun secara sistematis. Penelitian ini dapat dijadikan tolak ukur kemampuan siswa dalam menulis cerpen dalam pembelajaran bahasa Indonesia disekolah.

References

Acmad Sri Wintala, 2016. Menulis Kreatif. Yogyakarta: Araska.

Andriyanto, P. (2017). Analisis Gaya Bahasa Dalam Kumpulan Cerpen “Saat Cinta Datang Belum Pada Waktunya” Karya Ari Pusparini. DIKSATRASIA, 1(2), 280- 285. DOI:https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia/article/view/630

Anitah, S. (2007). Strategi pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka. DOI: http://repository.ut.ac.id/4033/1/PKOP4301-M1.pdf

Anggraini, Tri Riya. 2021. Menulis Ilmiah Bandar Lampung: K-Media.

Dalmanan, 2014. Penulisan Populer. Depok: Raja Grafindo Persada.

Damono, S. D. (2006). Pengarang, karya sastra dan pembaca. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 1 (1). DOI:http://ejournal.uin- malang.ac.id/index.php/humbud/article/view/540

Hartati, M. (2017). Analisis cerita pendek tugas mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia IKIP PGRI PONTIANAK. Edukasi: Jurnal Pendidikan,15(1),116-127. DOI:http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/411

Hartati, M. (2021). Teknik 3M (Meniru-Mengolah-Mengembangkan) Dalam Menulis Teks Berita. Edukasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia. DOI:https://jurnal. itscience.org/index.php/jbsi/article/download/1223/865/4228

Lauma, A. (2017). Unsur-unsur intrinsik cerita pendek “Protes” karya Putu Wijaya. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 1(5).DOI:https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jefs/article/view/17053

Pamungkas, T. P. B., Rohayati, N., & Hidayat, T. (2020). Pembelajaran MenulisCerpenDenganMenggunakanTeknik3m(Meniru, Mengolah, Mengembangkan).Diksatrasia,3(2).DOI:http://journal.unublitar.ac.id:/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/45

Pramidana, I. D. G. A. I. (2021). Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Dalam Cerpen “Buut”

Karya I Gusti Ayu Putu Mahindu Dewi Purbarini. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 7 (2). DOI:https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/article/view/28067

Santoso, Djoko (2018). Penerapan Strategi 3M (Meniru, Mengolah, Mengembangkan) untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis Poster. Jurnal Pendidikan.DOI:http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/download/45/47/

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuatitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2021. Mertode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumasari, Y. J. (2014). Analisis unsur-unsur intrinsik dalam hikayat cerita taifah. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(1). DOI: https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/2336

Surastina, 2021. Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Elmatera.

Sobari, T. (2012). Penerapan teknik siklus belajar dalam pembelajaran menulis laporan ilmiah berbasis vokasional.Semantik,1(1).DOI:http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/ index.php/semantik/article/view/1730

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Grup.

Wicaksono Andri, 2020. Apresiasi Puisi Indonesia. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.

Wicaksono Andri, 2017. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawa-cana.

Wicaksono Andri, 2014. Menulis Kreatif Sastra Dan Beberapa Model Pembelajarannya. Yogyakarta: Garudhawacana.

Wuryani, W. (2017). Pesona karya sastra dalam pembelajaran bahasa dan budaya indonesia. Semantik, 2 (2), 87-101.DOI:http://e-journal. stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/327

Downloads

Published

2023-06-23

How to Cite

Tegar Swastirta, I. K. ., Wicaksono, A., & Hastuti. (2023). KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 99–108. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/657