PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS X SMK YADIKA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Muhamat Taufik STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Tri Riya Tri Riya Anggraini STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Frieska Maryova R STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Teks Negosiasi, Metode Demonstrasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks negosiasi dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas X SMK Yadika Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Yadika Bandar Lampung yang terdiri dari 18 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data yang didapatkan dari lembar pengamatan serta lembar tes siswa dan dokumentasi yang diambil dari peneliti. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada tiap siklusnya, yakni pada siklus I berkategori pasif menjadi aktif pada siklus ke II, sedangkan untuk kemampuan menulis teks negosiasi siswa terlihat dari hasil tes mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hasil rata-rata nilai siswa menulis teks negosiasi pada siklus I yaitu 75,55 dengan kategori cukup, dan hasil nilai rata-rata siswa menulis teks negosiasi pada siklus II yaitu 91,10, dengan kategori baik sekali. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X SMK Yadika Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023.

References

Agnesia, Ade. (2014). Pembelajaran Memproduksi Teks Negosiasi dengan Menggunakan Meodel Modelling The Way pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ciwidey Tahun Pelajaran 2013/2014. FKIP Universitas Pasundan Bandung: Tidak diterbitkan.

Ansoriyah, Siti dan Purwahidah, Rahmah. (2018). Menulis Populer. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2017). Penelitian Tindak Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, Wiji. (2021). The Learning Cell dalam Pembelajaran Menulis Pantun. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Debby, Mellisa. (2020). Teks Negosiasi. Guepedia.

Fadilla, Mira. (2019). Seni Debat dan Negosiasi. Yogyakarta: Araska.

Fathurrohman, Muhammad. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Arruz Media.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Pengembangan Kurikulum 2013. Paparan Mendikbud dalam Sosialisasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

Khalik, Idham (2021). Kemampuan Meningkatkan Menulis Cerita Pendek sebagai Trapi Ekspresif terhadap Emosi Pada Peserta Didik Kelas XI MAN 3 Kota Jambi. Jurnal Literasiologi. 2, (6). hal 5.

Komaidi, Didik. (2011). Panduan Lengkap Menulis Kreatif: Teori dan Praktek. Yogyakarta: Sabda Media.

Lewicki, dkk. (2012). Negosiasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Mashun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Rajagrafindo: Angkasa.

Mishba. (2016). Pengertian Teks Negosiasi. [online] Tersedia: http://www.mishba7.com/2016/03/pengertian-negosiasi-text.html (12 November 2022)

Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Rahman, Taufiqur. (2018). Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan. Jawa Tengah: CV. Pilar Nusantara.

Rita. Sitepu, Tepu. ( 2017). Bahasa Indonesia sebagai Media Primerkomunikasi Pembelajaran. Jurnal Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia. 1, (2). hal 67.

Sagala, Syaiful. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shoimin, Aris. (2020). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Silvia, Pinangsari. (2015). Peningkatan Ketrampilan Menulis Teks Negosiasi dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas X Teknik Kontruksi Batu dan Beton SMK Negeri 1 Purworejo. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sutikno, Sobry. (2014:33). Metode dan Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Udhi. (2009). Metode Demonstrasi. www.Google.co.id (diakses 25 Februari 2023).

Ulinuha. (2008). Pengertian Negosiasi. Bandung: Angkasa.

Wahyuni. Ibrahim. (2012). Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika Aditama.

Wicaksono, Andri. (2014). Menulis Kreatif Sastra. Garudhawasa.

Downloads

Published

2023-06-23

How to Cite

Taufik, M. ., Tri Riya Anggraini, T. R. ., & Maryova R, F. . (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS X SMK YADIKA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 65–76. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/652