ANALISIS STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN PADA TEKS EKSPLANASI KARANGAN SISWA KELAS VIII SMP TAMAN SISWA TELUK BETUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Bella Permata Sari STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Supriyono Supriyono STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Riska Alfiawati STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

teks eksplanasi, struktur, ciri kebahasaan

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini mengangkat tentang analisis struktur dan ciri kebahasaan pada teks eksplanasi karangan siswa kelas VIII SMP Taman Siswa Teluk Betung Tahun Pelajaran 2021/2022.Struktur yang dianalis yaitu pernyataan umum, deretan penjelas/isi, dan interpretasi/kesimpulan dan ciri kebahasaan yang dianalisis yaitu konjungsi kausalitas dan konjungsi kronologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil analisis struktur dan ciri kebahasaan yang ditulis oleh siswa kelas VIIIA SMP Taman Siswa Teluk Betung Tahun pelajaran 2021/2022.  Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif.Penelitian dilakukan di SMP Taman Siswa Teluk Betung pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VIIIA SMP Taman Siswa Teluk Betung dengan jumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data  dalam penelitian ini adalah teknik pokok yang berupa penugasan berbentuk tes tertulis yaitu siswa ditugaskan untuk menuliskan sebuah teks eksplanasi dengan memperhatikan struktur dan ciri kebahasaannya dan teknik penunjang berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka diperoleh hasil penelitian yang dianalisis berdasarkan aspek keberhasilan siswa dalam menulis teks eksplanasi sesuai dengan struktur dan ciri kebahasaannya. Pada aspek tersebut banyak siswa yang belum cukup mampu dalam menulis teks eksplanasi sesuai dengan struktur dan ciri kebahasaannya.

References

Alfiyanti, S., R., Murtadho, F., & Kusmayati, B., N. (2020). The Effect of Roundconsen (Roundtable-Concept Sentense) Learning Model on The Ability to Write Explanatory Texts for Eighth Grade Student of SMP Negeri 28 Jakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 4 (1), 229-240.DOI: http://doi.org/10.21009/AKSIS. Diunduh pada 20 Januari 2022.

Andyani, N., Saddhono, K., Mujyanto, Y. (2016). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Menengah Pertama.Jurnal: Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya 4 (2). 161-174. Tersedia (Online) http://jurnal.umna.ac.id/index.php/dl/article/download/1518/1402.Diunduh pada 20 Januari 2022. Diunduh pada 18 Januari 2022.

Dalman.(2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Djatmika.(2018). Mengenal Teks dan Cara Pembelajarannya.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Finoza, Lammudin. (2013). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insani Mulia

Himawan, R., Fathonah, E., N., Heriyati. S., Maslakhah, E., N., I. (2020).Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Semantik pada Karangan Teks Deskripsi Siswa Kelas VIII A SMPIT Ar-Raihan Kabupaten Bantul.Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 10 (1), 1-9.Tersedia(Online)http://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/9402. Diunduh pada 12 Januari 2022.

Jauhari, H. (2013). Terampil Mengarang. Bandung: Nuansa Cendikia.

Kosasih, E. (2020). Ketatabahasaan dan Kesusastraan Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.

Kosasih, E. & Kurniawan, E. (2019).Jenis-Jenis Teks.Bandung: Yrama Widya.

Mahsun.(2014). Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Prihantini, A. (2015). Master Bahasa Indonesia: Panduan Tata Bahasa Indonesia Terlengkap. Yogyakarta: B First (PT. Bentang Pustaka).

Rahman, T. (2017).Teks Dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan.Semarang: Pilar Nusantara.

Rohila, R., H. (2018). Pengaruh Penguasaan Kosa Kata dan Metode Karyawisata Terhadap Keterampilan Menulis.Jurnal Membaca 3 (2), 51-64. Tersedia (Online) http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/juralmembaca/article/view/ 3745. Diunduh pada 30 Desember 2021.

Sari, N., V., N. (2017).Analisis Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot Dalam Buku Mati Ketawa Cara Daripada Soeharto Sebagai Bahan Ajar Alternatif Pemilihan Bahan Ajara Bahasa Indonesia di SMA.Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (7) (3), 1-12. Tersedia (Online) http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/12408. Diunduh pada 13 Maret 2022.

Setyawati, N. (2013). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Tarigan, D. (2011). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H., G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Permata Sari, B., Supriyono, S., & Alfiawati, R. . (2022). ANALISIS STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN PADA TEKS EKSPLANASI KARANGAN SISWA KELAS VIII SMP TAMAN SISWA TELUK BETUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 1–14. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/370