PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP

Authors

  • Fajar Bagas Kesuma STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Surastina Surastina STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Rohana Rohana STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

karangan persuasi, think talk write, video iklan layanan masyarakat

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan penggunaan media video iklan layanan masyarakat terhadap keterampilan menulis karangan persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Model pembelajaran Think Talk Write (TTW) adalah model pembelajaran yang menekankan pada unsur berfikir, berdiskusi dan menulis, selain itu dibantu dengan pengunaan media audio visual dalam bentuk iklan layanan masyarakat untuk menentukan tema dalam menulis karangan persuasi pada siswa. Penelitian menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Bandar Lampung, sedangkan sampel diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 siswa, dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 siswa. Sampel tersebut diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling, yaitu Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan cara dirandom. Penentuan sampel telah dilaksanakan dengan terpilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Keterampilan menulis karangan persuasi siswa diukur dengan tes sebanyak 1 soal. Peneliti melakukan uji hipotesis menggunakan uji-t. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai  = . Dari tabel distribusi t pada taraf signifikan 5% diketahui  = 1,67 artinya  yaitu sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan penggunaan media video iklan layanan masyarakat terhadap keterampilan menulis karangan persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023.

References

Amka. (2018). Media Pembelajaran Inklusi. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Astuti, Minarni Try. (2019). Yuk, Ungkap Idemu Melalui Teks Persuasi Hingga Teks Tanggapan. Depok: Penerbit Duta.

Chaer, Abdul. (2010). Bahasa Jurnalistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman, H. (2012). Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.

Dewi, Yunita, Sumantri, & Riastini, Nanci. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas III SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Volume 4, Nomor 1, Tahun 2016. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7523.

Harahap, Ratna S.D. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Melalui Model Kooperatif Tipe TTW (Think Talk Write) dengan Media Video Peristiwa pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan T.A 2016/2017. Jurnal Education and Development, Volume 7, Nomor 4, Edisi November 2019. DOI: https://doi.org/10.37081/ed.v7i4.

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Penagajar dan Pembelajaran : Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kosasih, E. (2016). Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kosasih, E. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Yrama Widya.

Lestari, K.E. & Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Marlina dkk (2021). Pengembangan Media Pembelajaran SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muammad Zaini.

Munirah. (2015). Pengembangan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Penerbit Deepublish

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Nurgiyantoro, Burhan. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Putri, Elbananda M., Pratiwi, Wienike D., & Nurhasanah, Een. (2021). Penggunaan Media Video Iklan Layanan Masyarakat di Kanal Youtube terhadap Pembelajaran Menulis Paragraf Persuasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 3, Nomor 4, Tahun 2021. DOI: Prefix 10.31004/edukatif by Crossref.

Ramli, Muhammad. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.

Ratumanan, T.G. & Rosmiati, Imas. (2018). Perencanaan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Semi, Atar. (1996). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Penerbit ANGKASA.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Penerbit TARSITO.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Supriyono. (2019). Prinsip-prinsip Dasar Kesantunan Berbahasa dalam Dialog Ujian Skripsi. Tanggerang: Penerbit Lembaga Literasi Dayak.

Surastina & Rachmasisca, Frieska Maryova. (2022). Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri Tiuh Memon Kabupaten Tanggamus. Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra, Volume 4, Nomor 1, Tahun 2022. DOI: https://doi.org/10.52217/kssatra.v4i1

Suryadi, Ahmad. (2020). Teknologi dan Media Pembelajaran Jilid 2. Sukabumi: Jejak Publisher.

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Bagas Kesuma, F. ., Surastina, S., & Rohana, R. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP . Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 1–12. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/367