HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI PADA KELAS VIII PESERTA DIDIK SMP NEGERI 01 SINDANG DANAU

Authors

  • Ucu Noprain STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Andri Wicaksono STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Dian Permanasari STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Penguasaan kosakata, membaca pemahaman, menulis deskripsi

Abstract

Penelitan ini membahas tentang hubungan penguasaan kosakata dan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis deskripsi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 sindang danau kabupaten okus selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penguasaan kosakata peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 sindang danau, untuk mengetahui gambaran membaca pemahaman peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 sindang danau , dan untuk m engetahui gambaran kemampuan menulis deskripsi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 sindang danau. Penelitian ini juga untuk melihat hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis deskripsi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 sindang danau , untuk mengetahui hubungan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis deskripsi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 sindang danau, dan untuk mengetahui bersama-sama hubungan antara penguasaan kosakata dan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis deskripsi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 sindang danau kabupaten oku selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif bersifat korelasional dengan populasi dalam sampel ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP 01 sindang danau yang berjumlah 60 orang dan dalam setiap kelasnya terdiri dari 20 orang peserta didik. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi, dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis dekriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan antara penguasaan kosakata dan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis deskripsi peserta didik SMP Negeri 01 sindang danau, yang diperoleh rata-rata 68 dan secara umum dikatakan bahwa penguasaan kosakata berada dalam katagori sedang. Dan untuk membaca pemahaman diperoleh nilai rata-rata 63,3 secara umum dikatakan dalam katagori sedang.selanjutnya hasil analisis deskritif rata-rata 76,6 atau 70% maka dapat disimpulkan berada pada katagori memuaskan. Adapun hasil analsis statistik dengan rumus product moment diperoleh nilai signifikan 5,69 > 2,0017. Jadi Ho ditolak. Ini berarti Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa “terdapat hubungan penguasaan kosakata dan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis deskripsi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 sindang danau.

References

Artati, Y. B. (2014). Ensiklopedia Bahasa dan Sastra Indonesia, Kosakata. Klaten: PT Intan Pariwara.

Artati, Y. B. (2018). Terampil Membaca . Klaten: PT Intan Perwira.

Astuti, Y. W. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Metode Directed Reading Thinking Activity Siswa Kelas V SDN 2 Wakul Tahun Ajaran 2013/2014. 7.

Herlinyanto. (2015). Membaca Pemahaman Dengan Strategi Kwl, Pemahaman dan Minat Membaca. Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Jamal, S. (2018). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Berdasarkan Pengamatan Langsung Siswa Kleas Vll SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa . 1-12.

Jana, N. (2015). Hubungan Antara Skemata Dan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman. 32-42.

Meliyawati. (2016). Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta : Cv Budi Utama.

Muslich, M. (2010). Tata Bentuk Bahasa Indonesia. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Relinda, R. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Metode Composition Di Siswa Kelas V SD Negeri Sawit. 1-134.

Soedjito, D. S. (2011). Kosakata Bahasa Indonesia . Bandung: Aditya Media Publishing.

Supriatna, E. K. (2010). Pengembangan Keterampilan Menulis. Jakarta Barat: Multi Kreasi Satudelapan.

Susanto, Y. D. (2017). Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterimpilan Berbicara dan Menulis Siswa Kelas IV SDN Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Ngaliyan . 1-147.

Tarigan, H. G. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa . Bandung: Cv Angkasa.

Triambodo, G. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Media Lingkungan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Field Study) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri Kanoman Banyuraden Gamping Sleman. 1-6.

Wati, S. (2016). Hubungan Punguasaan Kosakata Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN Gugus Sultan Agung Kabupaten Pati. 1-102.

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Noprain, U. ., Wicaksono, A. ., & Permanasari, D. (2022). HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI PADA KELAS VIII PESERTA DIDIK SMP NEGERI 01 SINDANG DANAU. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 1–13. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/366