UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI DENGAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 26 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Susi Novita Sari STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Tri Riya Anggraini STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Abdulloh Abdulloh STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

menulis, narasi, quantum teaching

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran menulis karangan narasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui model quantum teaching dan meningkatkan hasil pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi melalui model quantum teaching pada siswa kelas VII SMP Negeri 26 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Peneliti menggunakan model penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 26 Bandar Lampung. yang berjumlah 21 siswa. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Data hasil penelitian diperoleh dari observasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Proses pembelajaran pada siklus I guru menerapkan model quantum teaching. Pada siklus I keterampilan menulis karangan narasi siswa mengalami peningkatan dari hasil pra siklus nilai rata-rata siswa sebesar 65,04 meningkat menjadi 68,10. Pembelajaran pada siklus II guru menerapkan model circuit learning. Siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 79,53. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar hanya 57% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa model quantum teaching dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi.

References

Dalman. 2017 keterampilan Menulis Narasi Melalui Pendekatan Konstruktivitasme Di Sekolah Dasar. Jakarta.

Deporter, Bobbi. 2006. Quantum Teaching. Bandung.

Deporter, Bobbi. 2007. Quantum Teaching. Bandung.

Hartinah, Ria. 2018. Penerapan Model Quantum Teaching Dalam Menyimak Cerita Pendek Di Sma Negeri 2 Rambahan hilir. Tahun pelajaran. Riau. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra Indonesia.

Linarti, Ria. 2018. Penerapan Model Quantum Teaching Dalam Menyimak Cerita Pendek Di Sma Negri 2 Rambahan Hilir. Tahun Pelajaran. Riau. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Manalu, Friska Megawati. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terdapat Kemampuan Menulis Paragrap Narasi Oleh Siswa Kelas X Sma Katolik Budi Murni 3 Medan. Tahun Pelajaran 2017/2018. Medan.

Rohmanto. Dwi. 2013 membaca teori, metode, dan penerapannya. Jln, komplek Unila Gedongmeneng Bandar Lampung, AURA.

Rohana. 2018. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali pers.

Rusli, Muhammad. 2017. Multimedia pembelajaran yang inovatif-prinsip Dasar Dan Model Pengembangan. Yogyakarta.

Silalahi, Indah Ayu Irawati. 2013. Menerapkan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Keterampilan Menulis Karangan Narasi Di kela. Medan.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Novita Sari, S. ., Riya Anggraini, T. ., & Abdulloh, A. (2022). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI DENGAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 26 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 1–11. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/363