PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII SMP PERINTIS 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Siti Oktaviani STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Fransisca S.O. Dedi STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Riska Alfiawati STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

menulis, eksposisi, discovery learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII SMP Perintis 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Perintis 2 Bandar Lampung yang berjumlah 214 orang siswa. Adapun sampel penelitian yang digunakaan yaitu sebanyak 65 orang siswa yang berasal dari dua kelas yang berbeda. Kelas pertama yaitu kelas VII. 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang dan kelas kedua yaitu kelas VIII. 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang siswa. Adapun teknik sampling yang digunakan dalaam proses pengumpulan data adalah random sampling. Teknik pokok yang digunakan dalam peroses penggumpulan data adalah teknik penugasan menulis teks eksposisi berdasarkan tema yang sudah ditentukan. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik, hal ini disebabkan data yang diperoleh adalah data kuantitatif atau data yang berupa angka-angka dari hasil pemberian tugas. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa hasil rata-rata kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi pada kelas eksperimen (VIII. 3) yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning memperoleh skor rata-rata 84,6 lebih tinggi daripada kelas kontrol (VIII. 2) yang memperoleh skor rata-rata yaitu 72,5.

References

Anggraini, Tri Riya Anggraini. (2017 Menulis Dan Mencatat Dengan Anggraini, Tri Riya, Hastuti, dkk. (2021). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: K-Media.

Dalman. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grifando Persada.

Suhendi, U, dkk. (2019). “Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia”. Upaya Peningkatan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Metode Discovery Pada Kelas VIII SMP. 2, (2), 203-208.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Oktaviani, S. ., S.O. Dedi, F. ., & Alfiawati, R. . (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII SMP PERINTIS 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 1–13. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/359