KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IX MTs. PELITA GEDONG TATAAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Rischi Apriyanti STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Wayan Satria Jaya STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Riska Alfiawati STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

kemampuan, cerpen, media gambar

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IX MTs. Pelita Gedong Tataan tahun pelajaran 2021/2022. Aspek penilaian menulis cerpen dengan media gambar meliputi aspek pertama tema atau isi, aspek kedua latar, aspek ketiga tokoh dan sudut pandang, aspek keempat latar atau jalan cerita, dan aspek kelima amanat dan pemajasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IX MTs. Pelita Gedong Tataan Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kelas IX MTs. Pelita Gedong Tataan tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 21 siswa. Metode penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis cerpen dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IX MTs. Pelita Gedong Tataan berdasarkan keseluruhan indikator termasuk dalam kategori cukup. Kemampuan menulis cerpen yang dilakukan siswa dilihat dari aspek tema tergolong baik. Penilaian secara keseluruhan dari aspek latar tergolong baik. Penilaian secara keseluruhan dari aspek tokoh dan sudut pandang tergolong kurang, Penilaian secara keseluruhan dari aspek alur tergolong baik, dan penilaian secara keseluruhan dari aspek amanat dan pemajasan tergolong kurang.

References

Angkowo, R. dan Kosasih, A. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grasindo.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Dalman. (2015). Penulisan Populer. Bandar Lampung: PT. Rajagrafindo Persada.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: Rajawali Press.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Edisi Ke-2 Revisi. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Masruroh, A. (2017). Rambu-Rambu Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pusat Kajian Bahasa.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Semi, M. A. (2020). Dasar-dasar keterampilan menulis. Bandung: Angkasa.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumardjo, J. (2018). Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surastina. (2018). Pengantar Teori Sastra. Bandar Lampung: Penerbit Elmatera.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Utami, S. (2018). Penggunaan media gambar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas III sekolah dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 137-148. Tersedia: https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/download/5346/5013 [09 Januari 2022]

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi. Bandar Lampung: Garudhawaca.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Apriyanti, R. ., Satria Jaya , W., & Alfiawati, R. . (2022). KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IX MTs. PELITA GEDONG TATAAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 1–8. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/355