PENGARUH PENGGUNAAN METODE QUANTUM WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Eka Lestari STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Surastina Surastina STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Dian Permanasari STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Penggunaan metode Quantum Writing, Kemampuan Menulis Cerpen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya perbedaan yang signifikan skor kemampuan menulis cerpen antara siswa kelas XI IPA SMA Persada Bandar Lampung yang diajar dengan menggunakan metode Quantum Writing dan yang diajar tanpa menggunakan metode Quantum Writing (2) Pengaruh penerapan metode Quantum Writing dalam pembelajaran keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI IPA SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, sedangkan sampelnya adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas Eksperimen  dengan jumlah 30 siswa dan XI IPA 2 sebagai kelas Kontrol dengan jumlah 30 siswa. Hasil penelitian menghasilkan nilai thitung > ttabel yaitu 5,36 > 2,00 pada taraf signifikansi 5% dan 2,66 pada taraf 1%, hasil perhitungan tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan skor menulis cerpen antara siswa kelas XI IPA SMA Gajah Mada Bandar Lampung yang diajar dengan menggunakan metode Quantum Writing dan yang diajar tanpa menggunakan metode Quantum Writing.

References

Surastina. 2018. Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Elmatera.

Wicaksono, Andri. 2014. Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Yogyakarta: Garudhawaca.

Abidin, Yunus. 2015. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

AR Syamsuddin, dan Damaianti S Vismaia. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Rosda Karya.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:

Rineka Cipta.

Bobby Deporter. 2010. Quantum teaching (Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas). Bandung : Penerbit Kaifa.

Burhan Nurgiyantoro. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta Gajahmada University Press.

Hasan, M. Iqbal. 2012. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Ghalia Indonesia: Bogor.

Hernowo. (2016). Quantum writing: cara cepat nan bermanfaat untuk merangsang munculnya potensi menulis. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

I.L.Pasaribu dan B. Simanjuntak. 2015. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Keraf, Gorys. 2010. Tata Bahasa Indonesia. Cetakan kesepuluh. Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.

Kosasih. 2017. Buku Teks Bahasa Indonesia

SMP/MTs Kelas VIII Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kemendikbud.

Rusyana, Yus. 2012. Metode Pengajaran Sastra. Bandung : Gunung Larang.

Sudjana, Nana. 2015. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo.

Surakhmad, Winarno. 2013. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung : Tarsito.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis. Bandung: Angkasa.

Suwarna., Dadan. (2010). Cerdas Berbahasa Indonesia. Tanggerang: Jelajah Nusantara.

Downloads

Published

2021-06-23

How to Cite

Lestari, E. ., Surastina, S., & Permanasari, D. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN METODE QUANTUM WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–15. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/352