PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIDATO SANTRI DARUL FALAH BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Yayat Nurhidayat STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Supriyono Supriyono STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Abdulloh Abdulloh STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Penguasaan Kosakata, Kemampuan Berpidato

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan berpidato santri Darul Falah Bandar Lampung. Penelitian ini melibatkan dua variabel yakni variabel bebas adalah pengguasaan kosakata sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berpidato santri. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian penelitian ekspost facto. Subjek penelitian ini adalah santri Darul Falah Bandar Lampung. Selanjutnya, instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar soal tes kosakata dan lembar penilaian berpidato. Lembar soal tes kosakata digunakan untuk penguasaan kosakata dan lembar penilaian berpidato untuk mengetahui kemampuan berpidato santri. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penguasaan kosakata dan kemampuan berpisato santri dalam ketegori sedang; (2) nilai R sebesar 0,620 yang artinya terdapat hubungan yang cukup antara penguasaan kosakata dan kemampuan berpidato santri; (3) besarnya koefisien determinasi (R2) adalah 0,385 yang menunjukkan bahwa persentase sumbangan variabel independen sebesar 38,5%. dan (4) dan signifikansi 0,000. Karena nilai sig.<0,001 maka hipotesis yang diajukan diterima yaitu terdapat pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan berpidato santri Darul Falah Bandar Lampung. Simpulan dari penelitian ini adalah penguasaan kosakata dan kemampuan berpidato santri Darul Falah Bandar Lampung berada dalam kategori sedang, serta terdapat pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan berpidato santri Darul Falah dengan persentase sebesar 61,5%.

References

Ansell, R. D. (2020). “Pengertian, Tujuan dan Langkah-langkah Pidato (Berpidato)”. Tersedia [Online]. Diakses dari: .https://acuanbersama.blogspot.com/2020/05/pengertian-tujuan-dan-langkah-langkah.html diunduh pada 26 Januari 2022

Artati, Y, B. (2014). Ensiklopedia Bahasa dan Sastra Indonesia. Klaten: PT. Intsn Pariwara

Aswara, M, F. Rosidin, O & Tisnasari, S. (2018) Bentuk dan Kategori Kosakata Bahasa Indonesia Anak Berusia Tiga Tahun Dengan Latar Belakang Orang Tua Dwibahasawan di Wilayah Kabupaten Tangerang. Barista, 05, (1), 74-75

Avianto, L. (2017). Ayo Belajar Pidato. Jakarta: PT. Glory Offset Press

Hanum, I, L. (2019). Kosakata Bahasa Indonesia. Yogyakarta: PT. Intsn Pariwara

Hardini, I. (2009). Belajar Berpidato. Talenta Pustaka Indonesia.

Ilmu, A. (2012). “Definisi Pidato, Jenis, Tujuan, Metode, serta Langkah-langkah Menyusun Pidato”. Tersedia [Online]. Diakses dari: http://akses-ilmu.blogspot.com/2012/05/definisi-pidato-jenis-tujuan-metode.html diunduh pada 26 Januari 2022

Pratiwi, C, SS. (2021). Seni Membawakan Pidato & MC. Yogyakarta: Griya Pustaka Utama

Romli, A. S. M. (2016). Lincah Menulis Pandai Berbicara. Bandung: NUANSA CENDEKIA

Sabila, A. (2015) Kemampuan Pidato dengan Metode Ekstemporan. Pesona, 1, (1), 30-31.

Saryono, D & Soedjito. (2021). Seri Terampil Menulis Bahasa Indonesia KOSAKATA. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sulistyarini, D. & Zainal, A.G. (2020). Buku Ajar Retorika. Serang: CV. AA. RIZKY.

Tarigan, H, G. (2021). Pengajaran Kosakata. Bandung: ANGKASA

Triningsih, D. E. (2013). Kiat Praktis Berpidato. PT. INTAN PARIWARA.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Nurhidayat, Y. ., Supriyono, S., & Abdulloh, A. (2022). PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIDATO SANTRI DARUL FALAH BANDAR LAMPUNG. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–14. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/349