ANALISIS NILAI NILAI RELIGIUS DALAM FILM ANIMASI “NUSSA” EPISODE COMPILATION VOL. 15

Authors

  • Lisa Safitri STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Wayan Satria Jaya STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Dian Permanasari STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Analisis Nilai-nilai Religius, Film Animasi “Nussa”

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai nilai religius yang terkandung dalam film animasi “NUSSA”episode compilation Vol. 15.. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari kegiatan menonton, mengamati, dan menganalisis beberapa episode film animasi “NUSSA” karya Bony Wirasmono Episode Compilation VOL. 15 yang dirilis pada bulan Mei 2021 dan tayang di chanel youtube Nussa Official. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi non-partisipan serta metode dokumentasi, teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Langkah-langkah dalam pengumpulan data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Film animasi “Nussa” episode compilation vol. 15 memiliki hubungan antara manusia dengan tuhan yaitu berdoa, melaksanakan solat, dan melaksanakan ibadah haji. Adegan tersebut terdapat pada episode berjudul di rumah aja, mimpi, dan jaga amanah; (2) Film animasi “Nussa” episode compilation vol. 15 memiliki hubungan manusia dengan  manusia seperti melakukan hal-hal baik yang dianjurkan oleh agama contohnya: saling membantu sesama umat muslim, bertanggung jawab, amanah dalam menjalankan perintah orang lain, beryukur, dan selalu berbaik sangka terhadap orang lain. Hal-hal tersebut terdapat pada episode Di Rumah Aja, Mimpi, Adab Menguap, Tolong dan Terima Kasih, Jaga Amanah, dan Chef Rara; (3) Film animasi “Nussa” episode compilation vol. 15 memiliki hubungan manusia dengan alam terlihat dibeberapa adegan terdapat adegan tokoh yang selalu membuang sampah kepada tempatnya, merawat makluk hidup lainnya seperti tanaman maupun hewan. Tak hanya itu mereka juga memiliki hewan peliharaan yang amat mereka sayangi yaitu seekor kucing yang diberi nama Anta.

References

Anisti. (2010). Komunikasi Media Film Wonderful Life (Pengalaman Sineas Tentang Menentukan Tema Film), Jurnal Komunikasi, Volume VIII Nomor, 1.

Daensi, Marcel. (2010). Pengantar Memahami Semiotika Media. Yogyakarta: Jalasutra.

Emir, dkk.(2018). Tentang Sastra Orkestrasi Teori dan Pembelajaran. Yogyakarta: Garudhawaca.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Budaya Religius Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Kalimedia.

Muhammad. (2011). Metodologi Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Oktavianus Handi. (2015). Penerimaan PenontonTerhadap Prsktek Eksorsis Di Dalam Film Conjuring, Jurnal E-komunikasi, Vol. 3, No.2.

Prastiwi Ningsih, Yuni. (2020). Nilai Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Animasi Nussa dan Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.

Rahman Asri. (2020). Membaca Film Sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film "Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)", Jurnal Al Azhar, Vol. 1, No. 2.

Risata Mukhammad Nurzandi. Maulana Hana. (2016). Penerapan Animasi dan Sinematografi dalam Film Animasi Stopmotion "Jendral Soedirman", Jurnal Multinetics, Vol. 2, No. 2.

Rizal H Muh. (2017). Animasi Sebagai Media Pembelajaran Tentang “Globalwarming”Untuk Anak Usia Dini, Jurnal Inspiraton,Volume. 7, Nomor. 1.

Ruslan, Arief. (2016). Animasi Perkembangan dan konsepnya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarno. (2020). Analisis Isi Dalam Penelitian PembelajaranBahasa Dan sastra, Jurnal Elsa, Vol 18, No. 2.

Surastina. 2020. Teori sastra. Yogyakarta: Elmatera.

Suryani Ita. (2014). Peranan Media Film Sebagai Media Kampanye Lingkungan Hidup Studi Kasus pada Film Animasi 3D India "Delhi Safari", Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 2, No. 2.

Syahfitri Yunita. (2011). Tehnik Animasi Dalam Dunia Komputer. Jurnal Saintikom, Vol. 10, No. 3.

Umro Jakaria.(2018). Penanaman Nilai-Nilai Religius Di Sekolah Yang Berbaris Multikultural, Jurnal Al-Makrifat Vol. 3, No. 2.

Victor Waeo. dkk.(2016). Implemantasi Gerakan Manusia Pada Animasi 3D Dengan Menggunakan Menggunakan Metode Pose to Pose, E-jurnal Tehnik Informatika, Volume 9, No. 1.

Wicaksono, Andri. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudawacana.

Wijaya, Missy. (2020). Nilai Nilai Pendidikan Ahlak Dalam Film Kartun Islami Omar Dan Hana (Kajian Materi Pendidikan Agama Islam Prasekolah PAUD/PIAUD. Skripsi. Palembang: UIN Raden Fatah.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Safitri, L. ., Satria Jaya , W., & Permanasari, D. (2022). ANALISIS NILAI NILAI RELIGIUS DALAM FILM ANIMASI “NUSSA” EPISODE COMPILATION VOL. 15. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–7. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/346