PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS X SMK TRISAKTI JAYA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Lisna Wati STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Sudarmaji Sudarmaji STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Frieska Maryova R STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

teks puisi, cooperative learning

Abstract

Masalah dalam penelitian kini adalah kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran menulis puisi yang disebbakan kurang meningkatkan daya imajinasi para siswa sehingga kualitas puisi yang dihasilkan oleh siswa cenderung terkesan biasa-biasa saja jarang menggunakan kata kias, pemilihan diksi yang kurang tepat serta kurang mampu mengekspor bakat yang sudah dimiliki oleh siswa. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Waktu penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Trisakti Jaya bandar Lampung. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas X IPS I yang berjumlah 28 siswa .Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik analisis deskriptif kualitatif  dan kuantitatif. Hasil analisis data diperoleh bahwa Model pembelajaran cooperative learning dapat meningkatkan kemampuan menulis teks puisi siswa.  Hal ini dibuktikan dengan kemampuan menulis teks puisi yang diperoleh siswa dari siklus 1 ke siklus II terdapat peningkatan dan sudah meunjukkan indikator keberhasilan yaitu sebesar 64,27%. Pada siklus 1 terdapat presentase ketuntasan belajar sebanyak 8 siswa (28,18%) dan pada siklus II meningkat menjadi 26 siswa (92, 85%) yang tuntas dari total 28 siswa. Ada pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning terhadap kemampuan menulis teks puisis siswa kelas X SMK Trisakti Jaya Bandar Lampung.

References

A. sari, S. (2021). “Pengertian Puisi, Jenis, Struktur & Unsur Pembentuknya” Tersedia. [Online]. Diakses dari: https://www.ruangguru.com/blog/ pengertian-puisi-dan-unsur-pembentuk-puisi, diunduh pada 2 Februari 2022

Huda, M. (2017). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Kosasih, K. (2018). Jenis-jenis Teks Fungsi, Struktur dan Kaidah Kebahasaan. Bandung: Yrama Widya

Pangesti, J. (2014). “Puisi Baru dan Puisi Lama” Tersedia. [Online]. Diakses dari: https://www.academia.edu/8542998/PUISI_BARU_DAN_PUISI_LAMA, diunduh pada 2 Februari 2022

Permanasari, D. (2018). Pengantar Ilmu Sastra. Bandar Lampung: STKIP PGRI Bandar Lampung

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Tarigan, HG. (2018). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung

B. Unknown. “Puisi Lama dan Puisi Baru” Tersedia. [Online]. Diakses dari: https://xhi3pisces.wordpress.com/2009/02/12/puisi-lama-dan-puisi-baru/, diunduh pada 2 Februari 2022

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca

___________. (2019). Apresiasi Puisi Indonesia. Bandar Lampung: CV. Anugrah Utama Raharja

Yuliyati. (2020). “Pengertian, Fungsi, dan Ragam Sastra” Tersedia. [Online]. Diakses dari: http://seri-bahasa-indonesia.blogspot.com/2014/02/ pengertian-fungsi-dan-ragam-sastra.html?m=1, diunduh pada 2 Februari 2022

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Wati, L., Sudarmaji, S., & Maryova R, F. . (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS X SMK TRISAKTI JAYA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 1–14. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/320