PENGARUH METODE SUGESTOPEDIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA KELAS X SMA TAMAN SISWA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Juliadi Dwi Satrio STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Supriyono Supriyono STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Frieska Maryova R STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Metode Sugestopedia, Kemampuan Menulis Puisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa setelah mengikuti metode pembelajaran sugestopedia ditinjau dari hasil belajar. Penelitian menggunakan metode penelitian quansi ekperimen dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X di salah satu SMA di Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 77 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu X IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling dengan prosedur undian. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik test dengan menugaskan siswa menulis puisi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengujian hipotesis menggunakan  didapat  = 5,90 dan dari tabel distribusi signifikan 5% didapat  =  = 2,00 dan untuk taraf signifikan 1%  =  = 2,66. Jadi  = 5,90 > . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari Metode Pembelajaran Sugestopedia Terhadap Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMA Taman Siswa Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022.

References

Andayani. 2015. Problema dan Aksioma. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Andayani. 2019. Strategi Ampuh Memahami Makna Puisi. Jawa barat: Eduvision.

Ardika, I Wayan. 2018. Asiknya Menulis Puisi. Bali: CV. Grapena karya.

Keraf, Gorys. 2002. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mukhlis. 2020..Teknik Penulisan Puisi Teori Aplikasi dan Pendekatan. Jakarta: Metaforma Internusa.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Rima, Febriyana. 2019. Bahasa Hukum Indonesia. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu

Setiawan, dkk. 2019. STRATEGI AMPUH MEMAHAMI MAKNA PUISI: Teori Semotika Michael Riffaterre dan Penerapannya. Cirebon: Eduvision.

Siddik, Muhammad. 2016. Dasar-Dasar Menulis dengan Penerapannya. Malang: PT. Tunggal Mandiri Publishing.

Sudjana. 2005. Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Wicaksono, Andri. 2014. Menulis kreatif sastra. Yogyakarta: Garudhawaca.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Dwi Satrio, J. ., Supriyono, S., & Maryova R, F. . (2022). PENGARUH METODE SUGESTOPEDIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA KELAS X SMA TAMAN SISWA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–9. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/317