PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 GEDONG TATAAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Desta Bella Pratiwi STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Sudarmaji Sudarmaji STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Abdulloh Abdulloh STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

kemampuan, menulis puisi, media, audiovisual

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks puisi.  Hal tersebut disebabkan kurangnya minat siswa dalam pembelajaran menulis puisi serta kurangnya media yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran.  Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Gedong Tataan dengan memanfaatkan media Audio Visual. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2.  Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Gedong Tataan sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data kemampuan menulis puisi menggunakan metode observasi, teknik wawancara serta tes untuk mengukur adanya peningkatan menulis puisi. Hasil penelitian menunjukkan: pertama secara proses, pembelajaran menulis puisi mengalami peningkatan. Sebelum implementasi tindakan, siswa kurang aktif dan kurang antusias pada saat proses pembelajaran berlangsung dan kurang mengerti tugas yang diberikan oleh guru. Setelah implementasi tindakan, siswa aktif dan antusias pada saat mengikuti pembelajaran. Siswa sudah mandiri baik pada saat menulis puisi, menyunting, maupun pada saat mempublikasikan puisi hasil karya mereka sendiri. Rata-rata tindakan siklus I sebesar 66,64.   Dan akhir tindakan nilai siklus II adalah 84,40 diperoleh dari selisih rata-rata siklus I sebesar 66,64 dengan nilai rata-rata siklus II sebesar 84,40. Peningkatan dari pre-test sampai dengan akhir siklus II adalah 17,76 yaitu selisih dari nilai rata-rata pre-test 66,64 dengan nilai rata-rata siklus II sebesar 84,40. Peningkatan nilai rata-rata tertinggi diperoleh pada akhir siklus II. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan media Audio Visual keindahan alam dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Gedong Tataan.

References

Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Sadiman, dkk. (2012). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Surastina. (2015). Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Elmatera.

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Bella Pratiwi, D., Sudarmaji, S., & Abdulloh, A. (2022). PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 GEDONG TATAAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 1–13. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/307