KEMAMPUAN MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN DENGAN MEDIA CANVA PADA SISWA SMK DHARMAPALA PANJANG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Cindy Valentine STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Supriyono Supriyono STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Frieska Maryova R STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Surat Lamaran Pekerjaan, Media Canva

Abstract

Permasalahan dalam skripsi ini berkenaan dengan kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan dengan media Canva pada siswa kelas XII SMK Dharmapala Panjang Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendreskripsikan kendala-kendala dalam menulis surat lamaran pekerjaan dengan media Canva yang ditulis oleh siswa kelas XII SMK Dharmapala Panjang Bandar Lampung 2021/2022. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Dharmapala Panjang Bandar Lampung 2021/2022 yang berjumlah 20 orang dalam kelas XII. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik penugasan menulis surat lamaran pekerjaan dengan media Canva. Analisis menggunakan kualitatif. Berdasarkan kemampuan siswa dalam menulis surat lamaran pekerjaan dengan media Canva dengan memperhatikan sistematika penulisan surat lamaran, memperhatikan kesalahan-kesalahan kalimat dalam menulis surat lamaran serta kendala-kendala dalam memilih desain pada aplikasi Canva masuk dalam kategori kemampuan cukup, maka kemampuan siswa menunjukan dalam kategori baik dari sekian banyak siswa di dalam kelas yang diberikan tugas menulis surat lamaran pekerjaan dengan media Canva. Hal ini disebabkan beberapa siswa yang mengerjakan tugas menulis surat lamaran pekerjaan dengan media Canva, unsur yang dikemukakan cukup lengkap dari lengkap dari sistematika penulisan surat lamaran pekerjaan, mulai dari salam pembuka, isi surat dan salam penutup. Pada bagian isi juga sudah dikemukakan. Akan tetapi ada beberapa kalimat, kata, serta penggunaan tanda baca yang tidak tepat yang terdapat pada hasil tugas surat lamaran pekerjaan yang dibuat siswa.

References

Chaer, Abdul. (2015). Psikolinguistik, Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. (2015). Penulisan Populer, Bandar Lampung: UM Lampung Press.

Djuharie, O.Setiawan,Suherli, dan Teddy Sutandi Komaruddin. (2009). Surat Menyurat Serbaguna Panduan Korespondensi Bahasa Indonesia. Bandung: Yarma Widya.

Marjo, Y.S. (2008). Surat-surat Lengkap. Jakarta: Setia Kawan.

Noermanzah. (2019). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian.

Resmini Setya, et.al. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi: Vol 4 No 2.

Sanusi, Effendi. (1998). Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Bandar Lampung: Gunung Pesagi.

Sari Oktiana, N. (2012). Kemampuan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Pada siswa kelas XII SMA Adiguna Bandar Lampung.

Suprapto. (2004). Surat Menyurat Bahasa Indonesia. Surabaya: Indah.

Tarigan, Henry Guntur. (2001). Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Valentine, C., Supriyono, S., & Maryova R, F. . (2022). KEMAMPUAN MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN DENGAN MEDIA CANVA PADA SISWA SMK DHARMAPALA PANJANG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 1–11. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/303