KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SEMESTER GANJIL SMAS TAMANSISWA TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Ayu Lestari STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Surastina Surastina STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Rohana Rohana STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Menulis, Teks Eksplanasi

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi berdasarkan indikator yang telah ditentukan yaitu: 1) isi, 2) organisasi, 3) kosakata/pilihan kata, 4) penggunaan bahasa, 5) mekanik, serta untuk mengetahui dan mendeskripsikan kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks eksplanasi. Metode dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu siswa kelas XI semester ganjil SMAS Tamansiswa Teluk Betung Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pokok yang digunakan adalah teknik pemberian tugas, yaitu menugaskan siswa untuk membuat teks eksplanasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa kelas XI pada masing-masing indikator mendapatkan nilai rata-rata cukup baik. Sedangkan secara keseluruhan mendapatkan nilai rata-rata 73,53 yang termasuk dalam kategori baik.

References

Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman, H. 2016. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.

Darmawati, Uti. 2018. Ensiklopedia Bahasa dan Sastra Indonesia: Ragam Teks. Klaten: Intan Pariwara.

Kemendikbud. 2013. Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan.

Jakarta: Kemendikbud.

Kosasih, E. 2014. Jenis-jenis Teks: Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya. Bandung: Yrama Widya.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Munirah. 2015. Pengembangan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublish.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Rahman, Taufiqur. 2018. Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Surastina. 2018. Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Elmatera.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wibowo, Wahyu. 2003. Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wicaksono, Andri. 2014. Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Yogyakarta: Garudhawaca.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Lestari, A. ., Surastina, S., & Rohana, R. (2022). KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SEMESTER GANJIL SMAS TAMANSISWA TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 1–8. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/300