GAYA BAHASA PADA LIRIK LAGU ISYANA SARASVATI DALAM ALBUM LEXICON

Authors

  • Ahmad Fatoni STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Andri Wicaksono STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Hastuti Hastuti STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Stilistika, Gaya Bahasa, Analisis, lagu, majas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan gaya bahasa serta makna yang terkandung pada Lirik Lagu Isyana Sarasvati Dalam Album Lexicon. Gaya bahasa dalam penelitian ini yaitu gaya bahasaperbandingan, gaya bahasa perulangan, gaya bahasa sindiran, dan  gaya bahasa penegasan. Metode yang digunakan  untuk menganalisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu metode yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat- kalimat dipisahkan dengan kategori untuk memperoleh kesimpulan. Data yang dianalisis dalam penelitian ini ada 7 lagu yang terdapat pada lirik lagu karya Isyana Sarasvati dalam album Lexicon dengan judul Lexicon, Sikap Duniawi, Untuk Hati Yang Terluka, Pendekar Cahaya, Ragu Semesta, Lagu Malam Hari, dan Biarkan Aku Tertidur.  Data pada penelitian ini didapat dari lagu-lagu Isayana Sarasvati yang didengarkan memlalui aplikasi streaming lagu berbayar Spotify dan lirik yang diakses dari situs AZ Lyric. Hasil Penelitian ini berupa penggunaan gaya bahasa yang menunjukan bahwa pada Pada Lirik Lagu Isyana Sarasvati Dalam Album Lexicon. Cukup banyak menggunakan bahasa-bahasa kiasan berupa majas yang ditemukan di hampir setiap bait pada lirik lagunya.

References

Afifah, N., Harahap, E. M., & Nasution, D. Y. (2021). Analisis Makna Semantik Bahasa Jawa Terhadap Bahasa Indonesia Di Desa Hapesong Baru. Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra, 6(1), 66-77. (Diakses pada 7 Febuari 2022)

Andriyanto Peri. (2017). Analisis Gaya Bahasa Dalam Kumpulan Cerpen “Saat Cinta Datang Belum Pada Waktunya” Karya Ari Pusparini. Jurnal Diksastrasia volume 1, nomor 2. (Diakses pada 12 Desember 2021).

Badelah, B., Mahsun, M., & Burhanuddin, B. (2019). Tindak Tutur Kesantunan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Sakra: Tinjauan Pragmatik. LINGUA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 16(2), 219-234. (Diakses pada 7 Febuari 2022)

Ibrahim Sholeh. (2015). Analisis Gaya Bahasa Dalam Kumpulan Novel Mimpi Bayang Jingga Karya Sanie B. Kuncoro. Pamulang: Jurnal Sasindo Unpam vol.3,no.3. (Diakses pada tanggal 12 Desember 2021).

Keraf Gorys. (2009). Diksi dan gaya bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka

Kristina, Mela & Wandani Mudita. (2020). Pengembangan Media Lagu Dalam Upaya Peningkatan Pemahaman Dāna Bagi Remaja. Wonogiri: Jurnal Agama Budha dan Ilmu pengetahuan. (Diakses Pada 4 Januari 202)

Mukodas, Tri Mahajani, & Ruyatul Hilal Mukhtas. (2020). Perubahan Makna Pada Iklan Mi Instan Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Semantik Bahasa Indonesia. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV. (Diakses pada 4 januari 2022).

Naufal, M., Azzahra, A. A., & Wahyudi, I. (2022). STILISTIKA DALAM PUISI “KITA SAKSIKAN” KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO. Jurnal Pendidikan dan Sastra Inggris, 2(1), 42-47. (Diakses pada 14 Juli 2022)

Pratiwi Desih, Purnamasari Dewi , Fatimah Fauziah Nurul , & Latifah. (2018). Analisis Semantik Pada Puisi “Cintaku Jauh Di Pulau” Karya Chairil Anwar. Cimahi: Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Volume 1 Nomor 2. (Diakses pada 4 Januari 2022).

Saifudin Akhmad. (2018). Konteks Dalam Studi Linguistik Pragmatik. Semarang:Lite. Volume 14 Nomor 2.(Diakses pada tanggal 11 Desember 2021).

Surastina. 2020. Pengantar pragmatik & semantik. Yogyakarta: Elmatera.

Suryaningrat Erwin. (2013). Pengertian, Sejarah Dan Ruang Lingkup Kajian Semantik (Ilmu Dalalah). At-Ta’lim, Vol. 12, No.1 (Diakses pada 4 Januari 2022).

Wicaksono Andri. (2019). Apresiasi Puisi Indonesia. Bandar Lampung: AURA.

Wicaksono Andri. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Fatoni, A., Wicaksono, A. ., & Hastuti, H. (2022). GAYA BAHASA PADA LIRIK LAGU ISYANA SARASVATI DALAM ALBUM LEXICON. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–14. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/292