KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK KATA KUNCI PADA SISWA KELAS X SMK PGRI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Meri Andani STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Supriyono Supriyono STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Nani Angraini STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Kemampuan Menulis Puisi, Teknik Kata Kunci

Abstract

Permasalahan dalam skripsi ini berkenaan dengan menulis puisi dengan teknik kata kunci pada siswa kelas X SMK PGRI 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan ketepatan diksi, penyampaian amanat dan penggunaan majas dalam menulis puisi yang ditulis oleh siswa kelas X SMK PGRI 2 Bandar Lampung 2021/2022. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MM SMK PGRI 2 Bandar Lampung 2021/2022 yang berjumlah 13 orang dalam kelas X MM. teknik pengumpulan data menggunakan teknik penugasan menulis puisi dengan teknik kata kunci, analisis menggunakan kualitatif. Berdasarkan kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan teknik kata kunci  masuk dalam kategori kemampuan cukup, maka kemampuan siswa menunjukkan dalam kategori baik dari sekian banyak siswa didalam kelas yang diberikan tugas menulis puisi dengan teknik kata kunci. hal ini disebabkan beberapa siswa yang mengerjakan tugas menulis puisi dengan teknik kata kunci, sudah sesuai dengan tema yang telah ditentukan dan dalam penyampaian amanat dinilai sudah cukup jelas,lalu penggunaan majas sudah cukup baik,  kemudian dalam pemilihan kata atau diksi sudah cukup tepat meskipun ada beberapa siswa yang belum tepat dalam menggunakan diksi.

References

Abdul Muktadir dan Nady Febri Ariffiando. (2020). Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar.Vol.3 No.2,2020.

Astuti, dkk. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Berbasis Pendidikan Karakter Menggunakan Teknik Kata Kunci, Indonesia Journal off Education and Learning, Vol.4, No.2.

Dalman. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Press.

Djojosuroto, Kinayati. (2006). Pengajaran Puisi Analisis dan Pemahaman. Bandung: Penerbit Nuansa.

Sundari, Amelia. (2020). Seni Mengenal Puisi. Medan: Guepedia.

Surastina. (2018). Pengantar Teori Sastra. Bandar Lampung: Penerbit Elmatera.

Waluyo, Herman. J. (2002). Apresiasi Puisi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wicaksono, Andri. (2014) A. Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Bandar Lampung: Garudhawaca.

Wicaksono, Andri. (2014) B. Pengkajian Prosa Fiksi. Bandar Lampung : Garudhawaca.

Wicaksono, Andri. (2019). Apresiasi Puisi Indonesia. Bandar Lampung: Garudhawaca.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Andani, M., Supriyono, S., & Angraini, N. (2022). KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK KATA KUNCI PADA SISWA KELAS X SMK PGRI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–8. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/251