KEMAMPUAN MENULIS FAKTA DAN OPINI DALAM TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA BAHRUL ULUM MAMBAIYAH NATAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Pipit Fitriani STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Sudarmaji Sudarmaji STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Dian Permanasari STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

teks eksposisi, fakta, opini, deskriptif kualitatif

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis fakta dan opini dalam teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Swasta Bahrul Ulum Mambaiyah Natar Tahun Pelajaran 2021/2022. Aspek penilaian menulis fakta dan opini dalam teks eksposisi adalah kemampuan siswa dalam menulis fakta dan opini dalam teks eksposisi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan menulis fakta dan opini dalam teks eksposisi, untuk mengetahui dan mendeskripsikan kendala dalam menulis fakta dan opini, serta untuk mengetahui dan mendeskripsikan solusi untuk mengatasi kendala yang dialami pada saat siswa menulis fakta dan opini dalam teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Swasta Bahrul Ulum Mambaiyah Natar tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitan ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Bahrul Ulum Mambaiyah Natar dengan jumlah siswa 25 siswa. Metode penelitian yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Tahap analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan penelitian, diperoleh hasil penelitian yang dianalisis berdasarkan aspek keberhasilan siswa dalam menulis fakta dan opini dalam teks eksposisi. Pada aspek tersebut banyak siswa yang belum cukup mampu dalam manulis fakta dalam teks eksposisi. Lain halnya dengan kemampuan siswa menulis opini, siswa sudah dapat dikatakan baik dalam menulis opini dalam teks eksposisi.

References

Agustawan, I.G.N.O.,Ida.B.S., & I.N.Y. (2014). Penggunaan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Ke.mampuan Siawa dalam Menentukan Fakta dan Opini pada Tajuk Rencana Bali Post di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Sawan. Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Undiksha 2 (1). DOI: https://ejournal.undiksha.ac.id

Amalia, E.S. (2019). Kemampuan Menentukan Kalimat Fakta dan Opini dalam Majalah Suara Muhammadiyah Siswa Kelas IX.6 SMP Muhammadiyah Makassar. Skripsi. Makasar: Universitas Muhammadiyah Makasar.

Ansiah. (2020). Kemampuan Membedakan Fakta dan Opini dalam Teks Eksposisi pada Siswa Kelas X Sesesmter Ganjil MA Darul Falah Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Bandar Lampung. STKIP-PGRI Bandar Lampung.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Dwiyanti, A. (2020). Kefektifan Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi dengan Model Mind Map dan Model Induktif Kata Bergambar pada Peserta Didik Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Hikmah, S.N.A. (2021). Pengembangan instrumen Asesmen Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Tarbiyatuna 2 (1). DOI: https://doi.org/10.30739/tarbiyatuna.v2i01.975

Kosasih. (2020). Ketatabahasaan dan Kesusastraan Cermat Berbahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Kosasih., & Endang, K. (2019). Jenis-Jenis Teks dan Strategi Pembelajaran di SMA-MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.

Risda. (2019). Kemampuan Menentukan Fakta dan Opini pada Teks Berita Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Sigi Biromaru. Jurnal Bahasa dan Sastra 4 (2). DOI: http://jurnal.untad.ac.id

Santhi, M.S. (2018). Editorial dan Artikel (Fakta dan Opini). Surakarta: PT Aksarra Sinergi Media.

Semi, Atar, M. (2021). Dasar-Dasar Keterampilam Menulis. Bandung: Titian Ilmu.

Setyawati, A. (2018). Analisi Fakta dan Opini dalam Artikel Majalah Sindo serta Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Kelas XII. Skripsi. Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sibua, S., & Iskandar, F. (2016). Kemampuan Mengidentifikasi Fakta dan Opini dalam Teks Surat Kabar Melalui Kegiatan Membaca Intensif Siawa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Ternate. Jurnal Pendidikan 14 (1). DOI: http://ejournal.unkhair.ac.id

Suhariyanti. (2017). Kemampuan Menemukan Fakta dan Opini dalam Teks Pidato Jokowi pada Pembukaan Muktmar ke 33 Melalui Model Collaborative Learning Siswa Kelas IX SMA Tamansiswa Medan. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya 4 (2). DOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.11713.

Wicaksono, A., Fahrurrozi. (2010). Sekilas tentang Bahasa Indonesia Catatan Mengenai Kebijakan Bahasa, Kaidah Ejaan, Pembelajaran Sastra, Penerjemahan, dan BIPA.Yogyakarta: Garudhawaca.

Widiyarto, S. (2017). Peranan Soft Skill dan Minat Baca Terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal STKIP Siliwang 6 (2). DOI: https://doi.org/10.22460/semantik.v6i2.p31-38

Yusuf, Y. (2017). Keterampilan Menulis Pengantar Pencapaian Kemampuan Epistemik. Banda Aceh. Syiah Kuala University Press.

Yusuf, Y., Ridwan, I., Denni, I. (2017). Keterampilan Menulis Pengantar Pencapaian Kemampuan Epistemik. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Fitriani, P. ., Sudarmaji, S., & Permanasari, D. (2022). KEMAMPUAN MENULIS FAKTA DAN OPINI DALAM TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA BAHRUL ULUM MAMBAIYAH NATAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–14. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/247