PENGGUNAAN CITRAAN PADA PUISI SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Retno Krisniati STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Sudarmaji Sudarmaji STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Hastuti Hastuti STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Penggunaan Citraan, Puisi

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini berkenaan dengan penggunaan citraan pada puisi siswa kelas X semester genap SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan citraan pada puisi siswa kelas X semester genap SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X MIPA 2 SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Peelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik penugasan. Analisis menggunakan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan citraan pada puisi siswa kelas X semester genap SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022 siswa mampu menggunakan citraan dengan tepat dan sangat menggambarkan denotatifnya sehingga memperoleh tingkat rata-rata yang menunjukan kriteria baik. Tetapi, citraan-citraan yang digunakan masih sangat minim, siswa masih kurang mengetahui jenis-jenis citraan. Bahkan masih terdapat siswa yang tidak menggunakan citraan pada puisinya. Dari segi penggunaan citraan yang paling banyak muncul pada puisi siswa yaitu citraan penglihatan. Karena secara keseluruhan siswa mampu menggunakan citraan penglihatan dengan sangat tepat dan menggambarkan denotatifnya. Sehingga mampu membangkitkan imajinasi indera penglihat pembaca dengan sangat baik.

References

Alek. (2018). Linguistik Umum. Jakarta: Erlangga.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Devianty, Rina. (2017). Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah [Online]. Vol. 24, No. 2. Tersedia : http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/ [4 Januari 2022]

Dibia, I Ketut. (2018). Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Depok: Rajagrafindo Persada.

Hastuti. (2020). Kemampuan Menulis Cerpen Dengan Memperhatikan Unsur Intrinsik Pada Siswa Kelas X Semester Genap SMK PGRI 2 Bandar Lampung. LENTERA: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 13, No. 1. Tersedia : http://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/lentera/ [12 Januari 2022]

Hidayati, Nurul dan Suwignyo, Heri. (2017). Citraan Pada Novel Fantasi Nataga The Littledragon Karya Ugi Agustono. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya. Vol. 1, No. 1. Tersedia : http://journal2.um.ac.id/index.php/basindo/ [11 Januari 2022]

HS, Apri Kartikasari dan Suprapto, Edy. (2018). Kajian Kesusastraan Sebuah Pengantar. Jawa Timur: CV. AE Media Grafika.

Rohilah dan Hardiyana, Rachmat. (2018). Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Metode Karyawisata Terhadap Keterampilan Menulis. Jurnal Membaca. Volume 3 Nomor 1. Tersedia : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/ [11 Januari 2022]

Surastina. (2018). Pengantar Teori Sastra.Yogyakarta: Elmatera.

Wicaksono, Andri. (2017). Pengkajian Prosa dan Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Wicaksono, Andri. (2019). Apresiasi Puisi Indonesia. Bandar Lampung: Aura CV. Anugrah Utama Raharja.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Krisniati, R. ., Sudarmaji, S., & Hastuti, H. (2022). PENGGUNAAN CITRAAN PADA PUISI SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–9. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/244