KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT SENTENCE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Riska Rahmadona STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Wayan Satria Jaya STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Hastuti Hastuti STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Karya Sastra, Menulis, Drama, Concept Sentence

Abstract

Keterampilan berbahasa dibedakan menjadi empat aspek, yakni aspek menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Ditinjau dari kegiatannya, bahasa tersebut terdiri dua jenis, yaitu kegiatan berbahasa lisan dan kegiatan berbahasa tulis. Salah satu materi pengajaran di sekolah yakni mengajarkan bagaimana menulis karya sastra, baik puisi maupun prosa Kesulitan siswa dalam pembelajaran untuk menulis naskah drama merupakan indikator kurang berhasilnya pengajaran sastra di sekolah. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor misalnya terbatasnya jam pelajaran, kurangnya media pendukung pelajaran, dan lain sebagainya. Dengan adanya faktor-faktor tersebut, diharapkan sekolah dan guru bidang studi dapat memaksimalkan materi tentang drama sehingga siswa dapat mengapresiasi karya sastra drama khususnya naskah drama. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif. Data penelitian kemampuan menulis naskah drama dengan menggunakan model pelajaran kooperatif tipe concept sentence pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022 dan analisis berdasarkan kaidah penulisan naskah drama yang meliputi: 1) kesesuaian tema dengan isi 2) ketepatan penggambaran setting 3) ketepatan alur dan konflik 4) penggambaran tokoh dan penokohan/perwatakan dan 5) penggunaan bahasa yang baik dan benar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022 secara keseluruhan meningkat dibandingkan hanya mengajarkan materi tanpa menggunakan metode pembelajaran.

References

Ansoriyah, Siti dan Rahmah Purwahida. 2018. Menulis Populer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Contessa, Emilia dan Shofiyatul Huriyah. 2020. Perencanaan Pementasan Drama. Sleman: CV Bumi Utama.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Endraswara, Suwardi. 2011. Metode Pembelajaran Drama: Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian. Yogyakarta: CAPS.

Emzir dkk. 2018. Tentang Sastra: Orkestrasi Teori dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.

Fachruddin, Andi. 2018. Cara Kreatif Memproduksi Program Televisi. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET (Penerbit ANDI).

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Hastuti. (2020). Kemampuan Menulis Cerpen dengan Memperhatikan Unsur Intrinsik pada Siswa Kelas X Semester Genap SMK PGRI 2 Bandar Lampung. LENTERA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13 (1),pp. 33-42. http://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/lentera/article/view/486/424. Diakses pada 25 Juni 2022.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2017. Lebih Memahami Konsep & Proses Pembelajaran: Impelementasi & Praktek Dalam kelas. Jakarta: Kata Pena.

Octavia, Shilphy A. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA).

Ponidi dkk. 2021. Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Indramayu: Penerbit Adab (CV. Adanu Abimata).

Purwati, Dwi. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Potensi Lokal: Panduan Menulis Naskah Drama dengan Mudah. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Rahman, Taufiqur. 2018. Aplikasi Model-model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Romadhon, Sahrul. 2019. Manajerial Keterampilan Menulis: Kiat Sukses Menulis Ragam Teks Fiksi dan Nonfiksi. Pamekasan: Duta media Publishing.

Setiyaningsih, Ika. 2015. Drama: Pengetahuan dan Apresiasi. Klaten: PT Intan Pariwara.

Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Siddik, Mohammad. 2016. Dasar-Dasar Menulis dengan Penerapannya. Malang: TUNGGAL MANDIRI PUBLISHING.

Simarmata, Janner. 2019. Kita Semua Menulis: Bisa Menulis Buku. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sukadi. 2018. Seni Bermain Drama. Magetan: Telaga Ilmu Indocamp.

Surastina. 2020. Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Penerbit Elmatera (Anggota IKAPI).

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa Bandung.

Wicaksono, Andri. 2014. Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.

Wicaksono, Andri. 2017. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Rahmadona, R. ., Satria Jaya , W., & Hastuti, H. (2022). KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT SENTENCE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–15. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/243