HUBUNGAN MINAT MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 BUKIT KEMUNING
Keywords:
minat membaca, menulis narasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: a)mengetahui minat membaca siswa, b) mengetahui keterampilan menulis narasi siswa, dan c) mengetahui hubungan antara minat membaca dengan keterampilan menulis narasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bukit Kemuning Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi penelitian ini sebanyak 299 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data mengggunakan angket dan tes. Uji Validitas menggunakan rumus Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan teknik statistik parametris. Analisis deskriptif dengan melakukan penyajian data melalui tabel dan diagram batang, sedangkan analisis statistik parametris melalui teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, semakin baik minat membaca siswa, akan semakin baik pula keterampilannya dalam menulis narasi, dan sebaliknya. Sementara itu, setelah nilai rhitung dikonsultasikan dengan pedoman interprestasi terhadap koefisien korelasi, dapat diketahui bahwa keeratan hubungan antara kedua variabel dikatakan agak rendah.
References
Anggraini, Tri Riya Anggraini. (2017 Menulis Dan Mencatat Dengan Menggunakan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping). Jurnal Bindo Sastra Vol 1 (1, (2017):52–59
Dalman (2012). Penulisan Populer. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Dwi S. Prasetyono. (2008). Rahasia Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Diva Press.
Keraf, Gorys. (2010). Argumentasi dan Narasi. Jakarta. Gramedia
Tarigan, H.G. 2008. Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yunus, Suparno Mohamad. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.