KEEFEKTIFAN MEDIA FILM PENDEK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG
Keywords:
keefektifan, media “film pendek”, pembelajaran menulis cerpenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kemampuan menulis cerpen antara kelompok siswa yang diajar menggunakan media “film pendek” dan kelompok siswa yang diajar tanpa menggunakan media “film pendek”. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji efektivitas media “film pendek” dalam pembelajaran menulis cerpen Siswa Kelas X SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 214 siswa yang terdiri dari 7 kelas. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu X IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik performance test dengan menugaskan siswa menulis cerpen berdasarkan film. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengujian hipotesis menggunakan T_hit didapat = 3,94 dan dari tabel distribusi signifikan 5% didapat T_daf = = 2,00 dan untuk taraf signifikan 1% T_daf = = 2,66. Jadi t_hit = 3,94 > t_daf. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media film efektif digunakan dalam menulis cerita pendek pada Siswa Kelas X SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022.
References
Menggunakan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping). Jurnal Bindo Sastra Vol 1 (1, (2017):52–59
Arsyad Azhar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Cahyono, Edi. (2009). “Sekilas Tentang Film Pendek”, http://filmpelajar.com/tutorial/sekilas-tentang-film-pendek
Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Semi, M. A. (2007). Dasar-dasar keterampilan menulis. Bandung. Angkasa
Zainurrahman. (2011). Menulis dari teori hingga praktik; penawar racun plagiarisme. Bandung: Alfabeta.