KESALAHAN PENGUNAAN TANDA BACA PADA KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI KARANG ANOM KECAMATAN WAWAY KARYA KABUPATEN LAMPUNG TIMUR
Keywords:
tanda baca, karangan, karangan deskripsiAbstract
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan tanda baca pada karangan deskripsi siswa kelas V Sd Negeri Karang Anom Kecamatan Waway Karya Kabupaten Lampung Timur penelitian ini berfokus pada penggunaan tanda baca titik, koma dan hubung. Penelitian ini dilakukan di Sd Negeri Karang Anom kecamatan waway karya kabupaten lampung timur yang berjumlah 49 anak masing-masing kelas (a) berjumlah 24 dan kelas (b) berjumlah 25 anak. Berdasarkan observasi awal pada siswa kelas v, masih banyak yang belum mampu menulis karangan deskripsi menggunakan tanda baca yang tepat sehingga perlu untuk ditingkatkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan penggunaan tanda baca terbanyak yaitu pada penggunaan tanda titik yaitu sebanyak 25 kesalahan. Kesalahan paling banyak selanjutnya yaitu pada penggunaan tanda hubung yaitu sebanyak 17 kesalahan. Kesalahan selanjutnya yaitu penggunaan tanda baca koma yaitu sebanyak 17 kesalahan. Beberapa faktor penyebab kesalahan penggunaan tanda baca yaitu rendahnya minat dan pengetahuan siswa terhadap cara penggunaan tanda baca, daya ingat siswa yang berbeda-beda mengenai penggunaan tanda baca dalam menulis karangan deskripsi, lingkungan sekitar yang tidak kondusif untuk belajar, kurangnya tingkat ketelitian siswa, waktu belajar yang tidak cukup sehingga terburu-buru yang menyebabkan siswa salah menggunakan tanda baca. Beberapa solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi kesalahan penggunaan tanda baca pada karangan deskripsi siswa yaitu: memberikan pengetahuan tentang apa itu tanda baca dan cara penggunaannya, memberikan contoh penggunaan tanda baca yang baik dan benar dalam menulis sebuah karangan, sering berlatih menulis menggunakan tanda baca yang baik dan benar baik dalam menulis karangan deskripsi maupun karangan yang lainnya., memberikan evaluasi mengenai hasil penggunaan tanda baca agar siswa paham dan memperhatikan ketika akan menulis.
References
Basyaroh Purbania, Muhammad Rohmadi, Budhi Setiawan. (2019). Kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas xi smk. Jurnal penelitian Pendidikan https://jurnal.uns.ac.id/paedagogia. Volume 22 Nomor 1 Februari 2019 Halaman 29 Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Sebelas Maret. 10 januari 2022
Chaer, Abdul. (2010). Bahasa Jurnalistik. Jakarta: Rineka Cipta
Chaer, Abdul. (2019). Tata bahasa praktis bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Dominika Fitri Nelia Nim. (2014). peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode outdoor study di sekolah dasar. Program studi pendidikan guru sekolah dasar Jurusan pendidikan dasar Fakultas keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas tanjungpura Pontianak.
Donna Destiana F. (2019). Keterampilan berbahasa menulis karangan deskripsi. Program studi pendidikan bahasa Indonesia Fakultas keguruan dan ilmu Pendidikan universitas sebelas maret kota Surakarta. file:///C:/Users/user/Downloads/PakKunJnck2%20(2).pdf 10 januari 2022
Gie, The Liang. (2002) Terampil Mengarang. Yogyakarta: ANDI
Karing, Husna. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol. jurusan tadris bahasa indonesia fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan institut agama islam negeri tulung agung. Diakses dari https://repo.iain-tulungagung.ac.id/13145/ 10 januari 2022
Keraf, Gorys. (2019). Komposisi sebuah pengantar kemahiran bahasa. Flores: Nusa Indah
Keraf, Gorys. (2020). Eksposisi dan Deskripsi. Flores: Nusa Indah..
Kumala, Tikah. (2019). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. C-Klik Media
La ode rahim aljatila. (2015). Meningkatkan keterampilan menulis karangan deskriptif melalui Model kooperatif tipe round table pada siswa kelas x-1 sman 1Kulisusu barat. Jurnal Humanika No. 15, Vol. 3, Desember 2015 / ISSN 1979-8296. 10 januari 2022
Musyawir dan Hajar, Loilatu, Siti. (2020). kemampuan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi siswa. Uniqbu Journal of Social Sciences (UJSS). Volume 1 Nomor 2, Agustus 2020 Halaman 1-12 Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Iqra Buru (UNIQBU). (2), 4. 10 januari 2022
Nurmawati, Saharuddin Barsandji, dan Muhsin. Peningkatan Kemampuan Menggunakan Tanda Baca Titik, Koma, dan Titik Dua dalam Kalimat dengan Menggunakan Metode Latihan Siswa Kelas IV SDN Atananga Kec. Bumi Raya Kab. Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 1 ISSN 2354-614X. Mahasiswa Program Guru Dalam Jabatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. 31 mei 2022
R.M Budianto David. (2019). Analisis kesalahan tanda baca dan ejaan yang disempurnakan (eyd) dalam karangan pada pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas v di mi alislam kota bengkulu. prodi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah fakulitas tarbiyah dan tadris institut agama islam negeri (IAIN) bengkulu 2019. diakses dari https://repository.iainbengkulu.ac.id/2814/ 1/skripsi%20david%20pdf. 10 januari 2020
Siswanto. (2013). Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui strategi kratif produktif dengan media gambar pada siswa kelas ivb sdn wonosari 03 semarang. Pendidikan guru sekolah dasar fakultas ilmu pendidikan universitas negeri semarang 2013. Diakses dari http://lib.unnes.ac.id/17682/1/1401409146.pdf 10 Januari 2022
Tampubolon. (2020). Kemampuan membaca teknik membaca efektif dan efisien. Bandung: Angkasa Bandung.
Tarigan, Henry Guntur. (2010). Menulis sebagai suatu keterampilan. Bandung: Angkasa Bandung.
Yossy Idris, Harris Effendi Thahar, Novia Juita. (2014). Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi Melalui metode discovery dengan menggunakan media Gambar mahasiswa. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran. Volume 2 Nomor 3, Oktober 2014 Prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia ta 2011/2012 universitas ekasakti padang. 23 mei 2022