ANALISIS ASPEK RELIGIUSITAS TOKOH UTAMA DALAM NOVEL GADIS PANTAI KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER (TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA)

Authors

  • Setri Ayu Soleha STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Wayan Satria Jaya STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Andri Wicaksono STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Religiusitas, Tokoh, Novel

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana unsur religi tokoh utama yang terdapat dalam novel Gadis Pantai Karya Pramoedya Ananta Toer dan kehidupan sosial masyarakat yang terdapat dalam novel Gadis Pantai. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan unsur-unsur religi tokoh utama yang terdapat dalam novel Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer, serta kehidupan sosial masyarakat dalam novel Gadis Pantai.  Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Sumber data penelitian adalah novel Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer, sedangkan data penelitanya berupa kutipan yang diambil dari novel Gadis Pantai. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian menunjukan bahwa tokoh utama yaitu Gadis Pantai digambarkan sebagai seseorang yang berasal dari rakyat biasa yang tidak pernah beribadah sehingga tergolong ke dalam golongan Islam abangan, sedangkan tokoh Bendoro merupakan sosok priyayi santri dengan segala ketaatanya terhadap agama yang dipercayainya, tetapi dibalik ketaatanya Bendoro merupakan sosok priyayi santri yang gemar bergonta gtangi istri, jahat dan kasar. Kehidupan sosial masyarakat dalam novel Gadis Pantai Karya Pramoedya Ananta toer, sosok bendoro yang mewakili golongan priyayi (bangsawan), sedangkan Gadis Pantai mewakili golongan rakyat biasa. Perbedaan golongan tersebut telah memberikan gambaran persis megenai kedudukan Bendoro dan Gadis Pantai, kesenjangan antara golongan priyayi dan rakyat biasa.

References

Anggraini, D. A. (2018). Penggambaran Kehidupan Petani Tembakau Sebagai Wong Cilik dalam Novel Genduk Karya Sundari Mardjuki (Sebuah Tinjauan Antropologi Sastra). Skripsi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang. DOI: https://eprinst.umm.ac.id/40673/

Anggraini Try, dkk (2021) Analisis Perbandingan Novel dan Film “Laskar Pelangi”. Jurnal Ilmu Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP-PGRI Bandar Lampung: http://eskripsi.stkippgribl.ac.id

Endraswara, S. (2011). Metodologi Penelitian Sosiologi Sastra. Yogyakarta: CAPS.

Geertz, C. (1983). Abangan, Santri, Priyayi dalam Masyarakat Jawa. Jakarta: Pustaka Jaya.

Habibi, A. Kasnandi. Hurustyanti, H. (2021). Rligiusitas dalam Kumpulan Cerpen Syekh Bejirum dan Rajah Anjing. Jurnal Leksis, 1 (2), 56. DOI: https://jurnal.lppmstkipponorogo.ac.id/index.php/Leksis/article/view/114/130

Hartono, T. (2008). Kehidupan Priyayi dan Wong Cilik Masyarakat Jawa dalam Novel Gadis Pantai Karya Pramoedya Ananta Toer: Suatu Kajian Sosiologis. Skripsi. Yogyakarta: Sarjana Universitas Sanata Dharma. DOI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/19289

Nurgiyantoro, B. (2018). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rifai, A. (2009). Sastra Profentik Kuntowijoyo. Jurnal Adabiyyat, 8 (1), 113. DOI: http://ejournal.uin-suka.ac.id/adab/Adabiyyat/article/view/08106

Sairi, M. (2017). Islam dan Budaya Jawa dalam Perspektif Clifford Geertz. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sumiati, S. (2011). Nilai Religiusitas pada Dua Pusisi Karya Abdul Hadi W.M. (Puisi Tuhan Kita Begitu Dekat dan Puisi Meditasi). Skripsi. Jakarta: Sarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. DOI: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/19289

Tago, M. Z. 2013. Agama dan Integrasi Sosial dalam Pemikiran Clifford Geertz. Jurnal Studi Agama dan Pendidikan Islam, 7 (1), 82-83. DOI: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/KALAM/article/view/377/227

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Ayu Soleha, S. ., Satria Jaya , W., & Wicaksono, A. . (2022). ANALISIS ASPEK RELIGIUSITAS TOKOH UTAMA DALAM NOVEL GADIS PANTAI KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER (TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA). Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–15. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/194