ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SIRKUS POHON KARYA ANDREA HIRATA DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Authors

  • Ria Safitri STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Supriyono Supriyono STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Andri Wicaksono STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Pendidikan, Karakter, Novel

Abstract

Pendidikan karakter merupakan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak yang bertujuan mengembangkan kemampuan seluruh warga sekolah untuk memberikan keputusan baik-buruk, keteladanan, memelihara apa yang baik dan mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai pendidikan karakter serta mendeskripsikan relevansi nilai pendidikan karakter yang ada dalam novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan diperoleh hasil bahwa nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Sirkus Pohon adalah sebagai berikut: (1) nilai pendidikan karakter jujur merupakan bersikap terbuka, berkata apa adanya, dan memegang amanah dengan baik. (2) nilai pendidikan karakter disiplin merupakan perilaku tokoh yang patuh dan taat pada berbagai ketentuan dan peraturan serta dapat menghargai waktu. (3) nilai pendidikan karakter kerja keras adalah semangat, pantang menyerah, tidak mengeluh,dan  mau berusaha. (4) nilai pendidikan karakter mandiri merupakan sikap dan perilaku yang tidak mudah bergantung pada orang lain dalam menyelesaikan berbagai tugas ataupun persoalan. (5) nilai pendidikan karakter toleransi merupakan perilaku yang cenderung menghargai perbedaan baik antar individu maupun kelompok. (6) nilai pendidikan karakter tanggung jawab merupakan sikap yang berani bertanggung jawab kepada segala sesuatu yang telah dilakukannya. Nilai pendidikan karakter tersebut dideskripsikan dengan berbagai cara, seperti tampak melalui perkataan atau ucapan tokoh, melalui peristiwa dalam novel, dan ada juga yang tampak melalui perilaku atau perbuatan tokoh.

References

Adisusilo, Sutarjo. (2017). Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Aziez, F. dan Hasim, A. 2015. Menganalisis Fiksi Sebuah Pengantar. Bogor: Ghalia Indonesia.

Dalman, (2015). Penulisan Populer. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Hirata, Andrea. (20 17). Sirkus Pohon. Yogyakarta: Bentang.

Kosasih. (2019). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Lestari, Ayu T, Supriyono, Alfiawati R.(2021). Nilai-Nilai Religius Pada Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi Dan Implikasi Pada Pembelajaran Sastra Di Smp. Tersedia di : http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/95/77

M. Ali, Aisyah. (2018). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Kencana.

Mulyadi, Y. Andriyani, A. dan Milatina Fajwah A. (2017). Intisari Sastra Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Narwati, S. (2014). Pendidikan Karakter. Yogyakarta. Familia.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Purwahida, R. Sayuti, S. dan Sari, S.E. (2010). Pembelajaran Sastra di Kelas X Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di SMA Negeri 8 Yogyakarta. Jurnal Penelitian Humaniora. Vol 11, (1), 18-30.

Puspitasari, E. (2014). Pendekatan, Pendidikan Karakter. Jurnal Edueksos. Vol III (2), 45-57.Tersedia: https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/. article/download/355/312 [2 Januari 2022].

Surastina. (2018). Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Elmatera.

Suryaman, M. (2010). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sastra. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Edisi Dies Natalis UNY, 1(3).

Tarigan, Henry Guntur. (2011). Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Wardani, Y. F. (2018). Nilai pendidikan karakter dalam novel Rindu karangan Tere Liye: Tinjauan psikologi karakter. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 246-274

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Safitri, R. ., Supriyono, S., & Wicaksono, A. . (2022). ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SIRKUS POHON KARYA ANDREA HIRATA DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–13. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/193