KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Dwi Saputra STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Tri Riya Anggraini STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Hastuti Hastuti STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

menulis, teks negosiasi

Abstract

Kemampuan menulis teks negosiasi adalah kesanggupan siswa untuk mengungkapkan gagasan atau pesan yang akan dinegosiasikan kepada pihak kedua sehingga mencapai kesepakatan atau kesepahaman. Kemampuan menulis teks negosiasi yang diteliti adalah dalam aspek: (1) pemilihan dan perumusan judul teks negosiasi, (2) relevansi, (3) isi, (4) organisasi gagasan, (5) bahasa, dan (6) mekanik.

Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes unjuk kerja, yakni menugaskan siswa untuk menulis teks negosiasi. Populasi penilaian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 8 Bandar Lampung.

Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X DKV SMK Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajarAN 2021/2022 yang berjumlah 28 orang siswa. Sampel penelitian ini ditetapkan seluruh populasi yakni 28 orang siswa.

Secara umum hasil penelitian kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X SMK Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022 memperoleh nilai 60. Nilai ini termasuk dalam kategori cukup. (1) Kemampuan menulis teks negosiasi dalam aspek pemilihan dan perumusan judul memperoleh persentase nilai 79 termasuk dalam baik, (2) relevansi kesesuaian judul dengan isi memperoleh persentase nilai 59 termasuk dalam cukup, (3) kemampuan menulis teks negosiasi dalam aspek isi memperoleh persentase nilai 64 termasuk dalam kategori cukup, (4) aspek organisasi gagasan memperoleh persentase nilai 56 termasuk dalam kategori cukup, (5) aspek bahasa yakni pemilihan kata (diksi) dan kalimat memperoleh persentase nilai 70 termasuk dalam kategori cukup, dan (6) aspek mekanik ejaan dan tata tulis memperoleh persetase nilai 60 termasuk dalam kategori cukup.

References

Agustin, dkk. (2020). Kita Menulis: Merdeka Menulis. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Ahmad. (2018). Teks Dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan. Jawa Tengah: Pilar Nusantara.

Apriliani, Yorie, dkk. (2018) Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X Smk Negeri 5 Pekanbaru. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu. JOM FKIP VOLUME 5 EDISI 1 JANUARI – JUNI 2018.

Dalman. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

_______. (2015). Penulisan Populer. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Hendayana, R. (2019). Mendobrak Keraguan Menulis. Bogor: Global Media Publikasi.

Kosasih, Engkos. (2013). Cerdas Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Makki, M. Ismail dan Aflahah. (2019) Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran. Pamekasan: Duta Media.

Musfah, J. (2016). Tips Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Nurgiantoro, B. (2013). Penilaian Pembelajarn Bahasa Indonesia Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Priyatni, Endah Tri. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Priyatni, Tri Endah dan Titik Harsiati. (2013). Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/MA Kelas X. Jakarta: Bumi Aksara.

Rianto, T. (2019). CMS Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Romadhon, S. (2019). Manajerial Keterampilan Menulis. Yogyakarta: Duta Media.

Rosadi, Lina Dini. (2017). “Keefektifan Pembelajaran Mengkonstruksi Teks Negosiasi Menggunakan Model Investigasi Kelompok Dan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Bertema Kewirausahaan Pada Peserta Didik Kelas X SMK”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Setiawan, M. Andi. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo : Uwais Inspirasi Indonesia.

Simarmata, J. (2019). Kita Menulis Semua Bisa Menulis. Medan: Yayasan Kita Menulis.

___________. (2020). Elemen-Elemen Multimedia Teks, Gambar, Suara, Video, Animasi untuk Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Suardi, Moh. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Budi Utama.

Sutiah. (2020). Optimalisasi Fuzzi Topsis Kiat Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Wahyu, Ibrahim. (2012). Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika Aditama.

Wicaksono, A. (2014). Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Yogyakarta: Garudhawaca.

Yamin, Mertinis. (2013). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Referensi.

Downloads

Published

2021-06-23

How to Cite

Saputra, D. ., Riya Anggraini, T. ., & Hastuti, H. (2021). KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–9. Retrieved from http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/115